10 Jenis Alat Musik Tradisional BaBel, Warisan Budaya

  • Whatsapp
10 Jenis Alat Musik Tradisional BaBel

Provinsi dengan Ibu Kota Pangkal Pinang Kepulauan Bangka Belitung adalah sebuah provinsi di pulau sumatera bersebelahan dengan Palembang Sumatera Selatan. Biasa disingkat Babel terdiri dari dua pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung serta ratusan pulau kecil yang memiliki alat musik tradisional unik.

Lalu apa jenis dan ragam budaya seperti warisan rumah adat, pakaian adat dan alat musik tradisional yang bisa kita temui dari Provinsi babel ini? Baik lah sebelum nya perlu kami informasikan bahwa pembahasan kali ini berfokus pada alat musik tradisional saja. Silahkan baca artikel sebelumnya tentang nama pakaian adat Babel dan Keunikan Rumah adat Babel.

Read More

1. Alat Musik Tradisional Gendang Melayu Babel

Gambar alat musik gendang melayu bangka belitung
Gambar alat musik gendang melayu bangka belitung (googleimg)

Dari pengamatan mimin menulis berbagai macam jenis alat musik tradisional, hampir setiap daerah menggunakan alat musik ini dalam seni budaya. Sebagaimana kita ketahui penyebaran suku melayu di pulau sumatera yang khas dengan Gendang melayu.

Jenis instrumen ini merupakan alat musik pukul tradisional yang selaputnya terbuat dari kulit hewan, seperti kerbau, kambing, atau lembu.

2. Caklemong atau Talempong

talempong set musik tradisional
talempong set musik tradisional (img via ayoksinau.com)

Disebut caklemong jenis alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul.

Kalau dijawa namanya set musik gamelan, bangkabelitung sendiri Caklemong bisa disebut talempong. Bahan material instrumen talempong dibuat dari bahan kuningan, dan ada juga jenis berbahan kayu.

3. Alat Musik Tradisional Gitar Dambus Babel

dambus gitar
dambus gitar (img via 10001indonesia.net)

BACA JUGA : Keunikan dan Ciri Khas Pakaian Adat Bangka Belitung

Sangat unik jenis alat musik tradisional yang satu ini, sekilas seperti bentuk husapi dari Sumatera Utara. Gitar Dambus merupakan Alat musik asli Bangka Belitung masih keluarga kecapi.

Kurang lebih cara memainkannya seperti gitar namun ada perbedaan di senar dan freet nya. Dambus kerap ditampilkan dalam seni pertunjukan seni tradisional maupun acara adat atau kebudayaan resmi lainnya.

4. Alat Musik Tradisional Babel Gambangan

keunikan Gambangan
keunikan Gambangan (img via bangka.tribun)

Ini nih mimin baru tahu juga ternyata di Babel itu ada jenis alatmusik tradisional yang sangat unik. Perlu dijaga dan dilestarikan ini gaes, jadi jenis instrumen Gambangan merupakan alat musik tradisional Bangka Belitung yang terbuat dari 7 bilah kayu memanjang.

Susunan ketujuh unit kayu tersebut memiliki ukuran panjang yang berbeda dan disusun dari yang terpanjang hingga yang terkecil, hampir mirip seperti susunan angkulung.

Menurut mimin karna setiap alat musik tradisional yang terbuat dari kayu dan jenis lainnya set gamelan misalnya, slelau berurutan dari yang panjang ke yang kecil. Mungkin jaman dulu untuk menghasil kan nada yang berbeda disetipa pukulan kayu.

5. Gendang Panjang Bangka Belitung

Bentuk gendang panjang dua pukulan
Bentuk gendang panjang dua pukulan (img via budaya-indonesia)

Memiliki dua sisi, bagian kanan dan kiri jenis gendang ini bisa dimainkan dengan cara memukul kedua sisinya, irama gendan Indonesia secara umum hampir mirip. Biasanya yang membedakan ialah khas seni atau cultur daerah tersebut sesuai adat dan tradisinya.

6. Gong Babel

Alat musik pukul Gong
Alat musik pukul Gong (google img)

7. Rebana Bangka Belitung

jenis rebana bangka belitung
jenis rebana bangka belitung (google img)

8. Alat Musik Tradisional Balel, Rebab

Berkarakter dan unik alat musik Rebab babel
Berkarakter dan unik alat musik Rebab babel (gogle img)

Diligat dari bentuk nya hampir sama dengan Sukong dari Betawi, jenis instrumen Rebab adalah alat musik tradisional Bangka Belitung berbentuk seperti biola.

Cara memainkannya digesek, material rebab terbuat dari kayu atau tempurung kelapa yang ditutupi oleh kulit hewan.

9. Seruling atau Suling Bangka

suling bangka
suling bangka (google img)

Siapa yang tidak tau suling, penyebaran alat musik tradisional yang satu ini hampir disetiap daerah di Indonesia. Bentuk dan modelnya hampir mirip-mirip namun tetap aja ada cirikhas masing-masing baik dari segi filosofi maupun ukiran pada instrumen suling nya.

Terbuat dari bambu tipis dan memiliki lubang sebagai penghasil nada, dimainkan dengan cara di tiup.

10. Serunai Babel

Memainkan Serunai alat musik tradisional
Memainkan Serunai alat musik tradisional (img via tribun)

Serunai ini jika di ligat versi modern sama kek saksofon iaya gak sih gaes? versi tradisional nya ya serunai inilah. Dari pengamatan mimin menulis ragam alat musik tradisional hampir semua daerah yang menggunakan alat ini dimainkan dengan cara yang sama ditiup dan ada semacam peluit kecil nya. Nah kek di saksofon itu juga.

Akhir Kata

Nah, semoga dengan informasi ini sobat onlen sudah mengenali ragam alat musuk tradisional babel atau bangka belitung. Semoga bermanfaat dan bisa di pahami. Jika ada keslahan dalam penulisan mohon dikoreksi demi kemajuan kearifanlokal.com. terimakasih (Ricks)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *