10 Tari Tradisional Lampung, Lengkap Penjelasan dan Gambar!

  • Whatsapp
11 Tari Tradisional Lampung

Mengenal jenis dan nama tarian tradisional khas Provinsi Lampung, seperti gerakan indah tari Cangget. Contoh lain dalam pembahasan ini akan dijelaskan ragam warisan budaya tari Lampung dan makna tersirat juga fungsi dari tari tradisional tersebut. Agar lebih mudah dipahami penjelasan tari dilengkapi dengan gambar yang berpadu dengan busana tradisional khas Lampung.

 

Read More

1. Tari Tradisional Cangget

Tarian Cangget Khas Lampung
Tarian Cangget Khas Lampung (img via genpi.id)

Dalam pementasan tarian ini biasanya ditampilkan pada saat prosesi penyambutan tamu agung, upacara pernikahan, dan pesta adat di Provinsi Lampung. Para penari khas dengan busana adat atau baju tradisional khas Lampung.

Mengutip laman situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, jenis tari Cangget terdiri dari beberapa macam, yakni:

  • Tari Cengget Nyambuk Temui, tarian yang dibawakan pemuda dan pemudi dalam upacara menyambut tamu agung yang berkunjung.
  • Cangget Bakha, tarian yang dimainkan oleh pemuda dan pemudi saat bulan purnama atau selesai panen.
  • Jenis Cangget Penganggik, tarian yang dimainkan oleh pemuda dan pemudi saat menerma anggota baru (dari anak-anak ke dewasa).
  • Cangget Pilangan, tarian yang dimainkan oleh pemuda dan pemudia daat mereka melepas anggota keluarga yang akan menikah.
  • Kemudian ada Cangget Agung, tarianyang dimainkan oleh pemuda dan pemudi saat ada upacara adat pengangkatan seseorang menjadi Kepala Adat.

2. Tari Sembah

Tari tradisional Sembah dari Lampung
Tari tradisional Sembah dari Lampung (img via dwiwargatunggaljaya.desa.id)

Khas dengan busana tradisional Lampung dan Mahkota siger pada penutup kepala yang dikenakan penari wanita, tari Sembah dikenal sebagai tari penyambutan yang tujuannya adalah menghormati tamu yang datang, tarian tradisional dari Provinsi Lampung yang berasal dari Suku Pepadun.

BACA JUGA: Keunikan dan jenis pakaian adat Lampung

3. Tari Sigeh Pengunten

Tari Sigeh Pengunten Lampung
Tari Sigeh Pengunten Lampung (img via pinterest)

Keindahan busana tradisional yang dipadupadankan pada tarian khas Lampung ini bernama Tari sigeh pengunten (siger penguntin) adalah salah satu tari kreasi baru dari Provinsi Lampung.

Jenis tari ini merupakan pengembangan dari tarian Sembah yang merupakan tari tradisi asli masyarakat Lampung dalam menyambut tamu khormatan.

4. Tari Bedana

Tari Bedana, Khas lampung
Tari Bedana, Khas lampung (img via kompas)

Seni tarian adat Lampung yang sangat erat dengan ajaran syariat Islam merupakan gambaran akan kehidupan masyarakat Lampung yang notabennya punya sifat-sifat yang ramah serta terbuka terhadap siapapun.

5. Tari Nyambai

Saat upacara adat pernikahan ada namanya Tari Nyambai
Saat upacara adat pernikahan ada namanya Tari Nyambai (img ilustrasi via youtube.com)

Warisan budaya oleh masyarakat Saibatin (pesisir) Lampung dalam Upacara Adat Nayuh, rangkaian upacara adat perkawinan besar-besaran lazim disebut sebagai upacara Nayuh/Penayuhan.

Berlangsung nya acara tersebut tak lepas dari sesi yang disebut Nyambai. Dalam Nyambai terdapat satu sesi unjuk kemampuan menari yakni Tari Nyambai.

6. Tari Sekura

Keunikan tari sakura
Keunikan tari sakura (img via indonesiakaya.com)

Seni tari khas lampung disebut Sekura yang artinya “topeng”. jadi pemaknaan Sekura disini adalah topeng sebagai penutup wajah penari. Hal ini adalah penggambaran berbagai sifat atau ekspresi yang ada di bumi.

Tarian ini diperkirakan sudah terbentuk pada abad ke 9 Masehi sebagai saksi masuknya agama Islam di Lampung.

Mengutip laman artiseni.org, ada 2 versi yang menjadi asal-usul tari Sekura. Pertama, pada zaman Hindu, ereka memakai topeng sebagai bentuk jelmaan dari orang yang dikutuk oleh dewa karena perbuatan tidak terpuji.

Kemudian versi kedua, pada zaman Islam, adanya pesta Sekura bertujuan guna memperingati Idul Fitri. Namun, Lilia menyatakan bahwa versi kedua lebih bisa diterima kebenarannya dimasyarakat.

7. Tari Tupping

Tradisional dan Unik Tari Tupping Lampung
Tradisional dan Unik Tari Tupping Lampung (img indonesiakaya.com)

Ada dua jenis topeng Lampung, yaitu tupping dan sekura, nah tari Tupping Merupakan tarian yang berkembang dan muncul dari provinsi Lampung Selatan terutama di daerah Kuripan,Canti dan Kesugihan.

Kedua jenis tari tradisional tersebut sering digunakan dalam memeriahkan acara seperti: pesta adat sekuran (sekuraan), pementasan drama tari tupping, atau pada parade topeng.

Keunikan dari tari tupping selain topeng yang dikenakan oleh para penari adalah busana nya yang unik dan bekarakter khas sehingga mudah dingat asal usul tari.

8. Tari Tradisional Lampung, Melinting

Khas Lampung Tari Melinting
Khas Lampung Tari Melinting (img wikipedia)

Dimasa lampau tari Melinting hanya dipentaskan untuk acara sakral. Asal tari ini yakni dari Kecamatan Melinting, Kecamatan Labuhan Meringgai, Kabupaten Lampung Timur.

Makna tersirat dalam tari tradisional ini yakni keperkasaan serta keagungan Keratuan Melinting. Pementasan Tari Melinting ini biasanya diadakan di balai adat. Olehkarena Gawi Adat merupakan tarian keluarga ratu, penarinya juga terbatas pada orang-orang tertentu seperti putera dan putri Keratuan Melinting.

9. Tari Tradisional Merak Kenyangan

Keindahan tari Merak
Keindahan tari Merak (img via wikipedia)

Saat anda menyaksikan pementasan tari merak ini makan akan tampak khas dengan busana yang bermotif burung Merak. Fungsi tari merak ini merupakan tarian daerah yang dipertunjukkan untuk penyambut gelar adat lampung

selain itu tentunya untuk memeriahkan acara festivak kebudayaan sehingga kita mengenal ragam budaya dari setiap daerah.

10. Tari Tradisional Halibambang Lampung

Tari Halibambang
Tari Halibambang (img via lampost.co)

Terakhir pada pembahasan tari tradisional lampung pada kesempatanini, Tari Halibambang merupakan tari tradisional yang ditarikan oleh putri-putri dari adat Saibatin untuk menyambut atau menghibur tamu adat.

Tarian ini yang menggambarkan seperti kupu-kupu, mendeskripsikan tentang kecantikan kupu-kupu yang terbang di taman dari setiap gerakan penarinya.

Akhir Kata terkait Jenis Tari Tradisional Lampung

Dalam 10 daftar tarian tradisional lampung diatas sekiranya masih ada yang kurang tolong dikoreksi di kolom komentar ya gaes. Jangan lupa share dan bagikan kekerabat terdekat kalian agar semua mengenal dan mencintai warisan budaya Nusantara.

Jika ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan kami mohon maaf, thanks.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *