11 Alat Musik Tradisional Banten, Penjelasan & Gambar

  • Whatsapp
11 Alat Musik Tradisional Banten

Banten merupakan salah satu Provinsi yang dahulunya bagian dari Prov Jawa Barat dan bersebelahan dengan DKI Jakarta. Apa saja jenis alat musik tradisional yang sering dimainkan di daerah Banten, lalu bagaimana cara memainkannya. Pada pembahasan ini kita akan mengenal ragam alat musik tradisional khas Banten.

Beberapa alat musik tradisional yang populer dari Banten adalah Dogdog Lojor, Bendrong Lesung yang unik dan tradisional kemudian ada juga Rampag Bedug. Baiklah untuk mengetahui jenis dan ragam alat musik yang bisa ditemui di Provinsi banten berikut penjelasannya.

Read More

1. Alat Musik Dogdog Lojor

Keunikan Alat Musik Dogdog Lojor
Keunikan Alat Musik Dogdog Lojor (img via indonesiakaya.com)

Jika diamati bentuknya sedikit mirip gendang papua yang bernama Tifa, namun ini adlah dogdog, menurut beberapa sumber sejarah yang ada, instrumen musik tradisional Dogdog Lojor ini muncul pertama kali dan berkembang di Kabupaten Lebak, Daerah Banten Selatan.

Didaerah Banten alat musik ini biasanya digunakan sebagai salah satu pengiring dan bagian dari ritual adat masyarakat setempat seperti seren taun atau ruwatan.

Oleh masyarakat Banten khususnya masyarakat suku baduy, jenis alat musik Dogdog Lojor ini memiliki peran penting dan dianggap sebagai salah satu pusaka kesenian yang mengandung nilai-nilai magis dan sejarah di dalamya.

2. Angklung Buhun

Khas Alat Musik Banten Angklung Buhun
Khas Alat Musik Banten Angklung Buhun (img via banten.co)

Jenis Angklung buhun berbeda dengan angklung yang berasal dari Jawa Barat dan dari Banyumas. Alat musik Angklung buhun lebih sederhana dan lebih banyak berfungsi sebagai alat musik intrumental tradisional. Angklung Buhun adalah alat musik angklung tradisional dari masyarakat Baduy  tepatnya di kabupaten Lebak Banten.

Warisan budaya satu merupakan salah satu kesenian yang dianggap sakral dan memiliki nilai khusus di dalamnya oleh masyarakat baduy. Kesenian ini tidak dipertunjukkan sebagai kesenian secara umum tetapi lebih bersifat khusus dipertunjukkan dalam acara ritual masyarakat Baduy.

3. Lisung/Bendrong Lesung

Tradisional dan Unik Lisung Bendrong Lesung Banten
Tradisional dan Unik Lisung Bendrong Lesung Banten (img via merahputih.com)

Unik dan tradisional instrumen musik Lesung terbuat dari bahan kayu seperti perahu yang berukuran kecil dengan memiliki panjang kurang lebih 2 meter, lebar 0,5 meter dengan kedalaman sekitar 40 cm. Alat tradisional ini dimainkan pada saat pengolahan padi atau gabah menjadi beras.

4. Pantun atau Pantun Bambu

Instrumen Musik Pantun atau Pantun Bambu
Instrumen Musik Pantun atau Pantun Bambu (img via merahputih.com)

Berbeda dengan jenis alat musi bamboo lainnya bisa ditemui di Cilegon Banten, Alat musik Pantun Bambu terbuat dari ruas bambu dengan diameter sekitar 10 cm dan panjangnya 80-100 cm.

Uniknya adalah dua ruas bambu diberi lubang di tengah dan berlidah serta disertai tiga senar bernada diatonik atau empat tangga nada. Cara memainkannya dengan cara dipukul menggunakan alat pukul seperti tampak pada gambar.

Nah satu tangan untuk memukul, sementara tangan satunya memainkan sisi ujung bambu yang atas dengan buka-tutup telapak tangan.

Jika penasaran keunikan dan irama yang dihasilkan dari Musik pantun bambu ini silahkan cek di YT ya gaes, kami sudah mengecek dan ada kok contoh nya.

5. Kendang atau Gendang Banten

Alat musik Gendang Banten
Alat musik Gendang Banten (img via kontakbanten.co.id)

Khas alat musik dangdut Indonesia, Gendang adalah alat musik tabuh tradisional yang bisa juga ditemui di Banten. Gendang berbentuk tabung kayu asimetris yang menyerupai selongsong (kosong dibagian dalamnya), biasanya menggunakan kayu nangka.

Cara memainkan gendang secara umum dipukul menggunakan telapak tangan atau jari, namun ada juga yang pake alat pukul. Satu set alat musik gendang terdiri dari 3 tabung, satu berukuran besar dan dua lagi berukuran kecil.

6. Rampak Bedug Banten

Warisan budaya Rampak Bedug Banten
Warisan budaya Rampak Bedug Banten

Oleh warga Banten, bedug ini digunakan sebagai alat musik dalam perayaan rampak bedug. Kata “rampak” mengandung arti serempak. namanya rampak bedug. Bedug atau sering disebut beduk merupakan gendang besar yang asal muasalnya berfungsi sebagai media informasi.

Jadi gaes, kesenian tradisional rampak dari tanah Banten yang memadukan musik tradisional, modern, seni tari, serta unsur religi ini, juga dikenal dengan tradisi adu bedug saat bulan Ramadan.

7. Angklung Gubrag

Bentuk Angklung Gubrag
Bentuk Angklung Gubrag (img via abouttng.com)

Untuk jenis instrumen musik Angklung Gubrag yakni salah satu alat musik tradisional Banten yang sudah langka, namun masih tetap dilestarikan oleh masyarakat Desa Kemuning, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

8. Bambu Jitak

Instrumen musik tradisional Bambu Jitak
Instrumen musik tradisional Bambu Jitak (img via budaya-indonesia.org)

Perpaduan tradisional dan modern Bambu jitak merupakan alat musik yang bisa ditemui di provinsi Banten. Instrumen musik ini terbuat dari material bambu, rotan, rami, dan senar gitar listrik. Alat ini rupanya dapat menghasilkan suara yang merdu saat dimainkan gaes.

9. Alat Musik Tradisional Banten, Calung

Calung Banten
Calung Banten (img via indonesiakaya.com)

Sebenarnya hampir mirip dengan angklung, namun bedanya adalah Calung merupakan alat musik tradisional yang dikembangkan dari alat musik angklung dimainkan dengan cara dipukul. Sedangkan Angklung dimainkan dengan cara digoncang. Material kedua alat musik calung dan angklung terbuat dari bambu.

10. Alat Musik Tradisional Kacapi Banten

Set alat musik Kecapi
Set alat musik Kecapi (img via adatnusantara.web.id)

Merupakan jenis alat musik petik yang serumpun dengan alat-alat musik petik yang terdapat di Asia Tenggara dan Asia Timur, seperti Thailand, Burma, Vietnam, Cina, Korea, dan Jepang.

Secara umum Kacapi sudah tersebar di berbagai daerah dengan nama dan cirikhas masing-masing. Dibanten sendiri Kecapi kerap digunakan saat pertunjukan tarian mengiringi musik tradisional sesuai kebudayaan masyarakat setempat.

Cara memainkan kecapi yaitu dengan cara dipetik menggunakan dua tangan. seperti main organ namun ini dipetik-petik saja sesuai irama yang dibawakan pada lagu tradisional tersebut.

11. Alat Musik Tradisional Suling Bambu

Suling sikumbang
Suling sikumbang (img via bedebah1.wordpress.com)

Tampak nya suling ini berbeda dengan suling secara umun, dapat dilihat pada gambar bentuk dan jumlah lubang nya. pada pangkal ruas bambu terdiri dari satu lubang sebagai alat tiup.

Kemudian pada ujung satunya terdapat dua lubang lagi sebagai penentu atau variasi nada suling dengan cara dibuka tutup menggunakan jari.

Dari berbagai sumber yang kami pelajari seperti youtube, jenis alat musik sikumbang adalah jenis suling buhun yang hanya berada di daerah Cibeo Baduy Dalam.

BACA JUGA: Jenis dan Keunikan Pakaian Adat dari Banten, Warisan Budaya

Ukuran sikumbang memiliki panjang sekitar 80 Centimeter cm, terbuat dari bahan bambu Tamiang. Unik dan cirikhas nya Sikumbang hanya memiliki tiga lubang, satu lubang peniup dan dua lubang nada.

Penutup terkait Alat Musik Tradisional Banten

Sudah jelas dan paham kan gaes, sekarang kita sebagai generasi penerus harus tetap menjaga warisan budaya agar tidak punah. Semoga informasi ragam instrumen musik tradisional Banten ini bisa bermanfaat.

Jika ada kekurangan dan kesalahan penulisan tolong dikoreksi ya sobat dan jangan lupa bagikan artikel ini jika menurut kalian bermanfaat bagi sanak saudara kalian, thanks. (Ricks)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *