11 Alat Musik Tradisional Bengkulu dan Cara Memainkan nya

  • Whatsapp
11 Alat Musik Tradisional Bengkulu
11 Alat Musik Tradisional Bengkulu

Salah satu alat musik tradisional yang unik dari Bengkulu adalah Sunai atau Serunai, jenis alat musik tiup. Keberagaman budaya bengkulu lainnya yang telah kami bahas seperti nama rumah adat bengkulu dan jenis pakaian adat bengkulu. Lalu apa saja keunikan dan jenis instrumen musik dari Provinsi Bengkulu beerikut penjelasannya.

 

Read More

1. Serunai atau Sunai

Serunai atau dalam bahasa suku bangsa Pekal disebut Suna
Serunai atau dalam bahasa suku Pekal disebut Sunai (img via kemendikbud)

Alat musik tradisional bengkulu tepatnya berasal dari Kecamatan Malin Deman Kabupaten Mukomuko dan sangat erat kaitannya dengan cerita rakyat Malin Deman pada suku bangsa Pekal di Kecamatan Malin Deman.

Mengutip dari situs kemendikbud Sunai terdaftar sebagai warisan budaya tak benda asal Provinsi Bengkulu. Bahan material dalam membuat serunai adalah bambu kapa atau telang kapa yang tumbuh di tepi sungai karena tekstur bambu tersebut lebih tipis, mudah untuk diolah, dan menghasilkan suara yang lebih nyaring.

Cara memainkan alat musik Serunai atau Sunai yakni dengan cara ditiup, suara nada yang dihasilkan oleh epit yaitu tangkai bulu ayam yang dipadukan dengan daun kelapa yang dibentuk sedemikian rupa hingga menghasilkan irama nada. Pembatas epit dan bambu diberi koin agar memudahkan sipeniup menarik nafas. Hampir mirip dengan cara memainkan Sarune dari Sumatera Utara.

Biasanya sunai berfungsi sebagai musik pengiring utama tarian gandai bersama redap.

2. Redap Bengkulu

instrumen musik tradisional redab
instrumen musik tradisional redab

Berikut alat musik tradisional Bengkulu bernama Redap pasangan set sunai saat manggung. Bahan material redap terbuat dari kayu, rotan dan kulit hewan. Desain Redap seperti bentuk rebana dan termasuk alat musik yang cukup legend keberadaannya di tanah air.

Kemudian cara memainkan redap sangan mudah jika suda terbiasa cukup dengan cara memukul menggunakan tangan, lalu irama menyesuaikan ketentuan yang diinginkan.

3. Dol atau Doli

unik berbentuk gak bulat namanya Dol
unik berbentuk agak bulat namanya Dol

Jenis alat musik dol ini semacam bedug tradisional yang berasal dari Provinsi Bengkulu, Indonesia.

Kategori instrumen musik Dol termasuk dalam alat musik kategori membranofon.

Biasanya dimainkan oleh pria dan dibuat dengan menggunakan bonggol dari pohon kelapa.

Proses pembuatan Dol yaitu, bonggol pohon kelapa tadi dilubangi bagian tengahnya dan ditutupi dengan kulit lembu atau kulit kambing sebagai selaput penghasil bunyi atau suara.

Besar ukuran Dol berdiameter 70–125 cm dengan tinggi 75–100 cm. Biasanya Dol dimainkan dalam perayaan tabot di Bengkulu, juga musik pengiring dalam tari-tarian tradisional di Bengkulu.

4. Rebana Kerincing, Alat Musik Tradisional Bengkulu

Dilengkapi kerincing, jenis rebana
Dilengkapi kerincing, jenis rebana (img via aliexpress)

Ciri khas dari rebana ini adalah kepingan pada bagian sisi luar bulatan Rebana yang berbunyu kerincing-kerincing, bisaanya terbuat dari aluminium atau besi.

Untuk bulatan gendang sendiri menggunakan kulit hewan yang nantinya di pukul lalu menghasilkan siara gendang rebana. Nama asli dari alat musik tradisional ini yaitu Tasa atau Tassa, akan tetapi beberapa golongan menyebutnya rebana kerincing.

5. Kulintang Kayu atau Kelintang

Jenis kulintang kayu
Jenis kulintang kayu (img via pedomanbengkulu.com)

Jenis kulintang berbahan kayu pilihan, Kulintang Bengkulu adalah alat musik tradisional yang mempunyai bentuk seperti Kolintang pada umum nya, yaitu barisan bilah kecil yang tersusun rapi dengan desain rapi pula dalam sebuah wadah berbentuk persegi.

Cara memainkan kulintang yaitu dengan cara dipukul menggunakan alat khusus, mengatur pola ketukan sehingga menghasilkan nada yang indah, perpaduan dari set alat musik tradisional ini seperti gong.

6. Alat Musik Tradisional Bengkulu, Harmonium

Gambar Harmonium Alat Musik Bengkulu
Gambar Harmonium Alat Musik Bengkulu (via alatmusik)

Seperti daerah lainya di pulau sumatera Bengkulu juga menggunakan jenis alat musik Harmonium.

Instrtumen ini dibuat dari logam, kayu, kulit, dan kawat. Secara visual Harmonium memiliki bentuk menyerupai organ. Cara memainkannya dengan menekan tombol keyborad atau lidah-lidah yang kemudian bergetar karena angin yang dipompa gitu, bisa cek di YT.

7. Gendang Panjang

Instrumen musik gendang panjang bengkulu
Instrumen musik gendang panjang bengkulu (img via bukabukumu.com)

Lebih panjang dari pada gendnag pada umum nya dan sedikit berbeda bentuk dengan gendang yang di pakai buat koplo, iya gak sih?
Jenis Gendang panjang bengkulu ini berbentuk silindris dengan gendan pukul dua sisi (kiri dan kanan).

Biasanya saat pertunjukan seni tradisional daerah, set instrumen dipadukan dengan alat musik tradisional lainnya seperti acara pernikahan atau penyambutan tamu penting yang datang, bisa akordeon atau Serunai.

Cara memaiankan gendang panjang ini, posisi duduk bisa memukul sisi kiri dan kanan, dengan ketukan irama sesuai ilmu muik tradisional, mimin gak bisa main gendang 😀 tapi suka denger suaranya apalagi yang di lagu dangdut koplu itu suka banget suara gendangnya.

8. Alat Musik Tassa

Unik alat musik Tasa Bengkulu
Unik alat musik Tasa Bengkulu

Nah hampir sama dengan rebana keringcing, masih keluarga alat musik tasa, jadi cara memainkan nya sama cuman bebeda desain model nya saja.

Terbuat dari bahan rotan dan kulit hewan sebagai fungsi gendang, untuk dipukul menghasilkan suara.

9. Gong Kuningan

Bentuk Gong Secara Umum
Bentuk Gong Secara Umum

Sebenarnya kami juga sudah pernah membahas gong ini pada instrumen musik daerah lain, karena penyembaran alat musik satu ini hampir ditemui di tiap daerah. Dalam pertunjukan musik seni budaya orkes misalnya, gong merupakan jenis alat musik yang terbuat dari logam kuningan. Dimainkan dengan cara di pukul dengan pentungan.

10. Gambus Unik

Keunikan gambus
Keunikan gambus (img via em-space.org)

Instrumen jenis Alat musik tradisional dibuat menggunakan bahan kayu dengan bentuk seperti gitar. Terdapat bagian belakang cembung dan body gambus memiliki ruang,

pada bagian belakang Gambus diberi tali senar sembilan buah yang diikatkan pada penampang pada bagian ujung gagang memiliki tigs lubang suara.

11. Alat Musik Tradisional Lainnya, Akordeon

Alatmusik akordeon
Alatmusik akordeon (img via lagudaerah.id)

Akordeon terdapat juga deberbagai daerah dalam set instrumen musik tradisional seperti Betawi.

Cara main instrumen akordeon yaitu, musisi akordeon memainkan tombol akor dengan jari tangan kiri.

Kemudian jari tangan kanan memainkan melodi lagu yang dibawakan, tetapi pemain yang sudah terlatih dapat berganti-ganti tangan. Seperti apa suara musik akordeon cek sendiri di YT ya gaes, saya sih dah dengerin yang versi clasic enak banget.

Sekilas mirip seperti bentuk organ, tapi model akordeon dimainkan sambil digendong iya gak sih?

Akhir Kata terkait Alat Musik Tradisional Bengkulu

Semoga penjelasan dari ragam alat musik tradisional asal Provinsi bengkulu ini bermanfaat bagi para pembaca dan bisa di pahami. Sekiranya tidak keberatan mohon dibantu bagikan kepada teman dan kerabat terdekat agar mereka mengerti warisan budaya apa saja.

Oh iya gaes, jika kalian sedang melakukan penelitian tentang alat musik ini biar gak kudet, bisa di cek di youtube sudah banyak kok yang menyajikan konten nya. Jadi kalian bisa amati dan nikmati suara alunan musik nya.

Jika ada kekuranga dalam penulisan ini mohon dikoreksi demi kemajuan bersama, terimakasih.(Ricks)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *