12 Alat Musik Sulawesi Selatan, Berikut Cara Memainkannya

  • Whatsapp
12 Alat Musik Sulawesi Selatan, Berikut Cara Memainkannya

Salah satu warisan budaya yang khas dari Sulawesi Selatan adalah Alat Musik Tradisional yang unik, selain itu Sulsel memang terkenal dengan keberagaman budaya seperti tradisi unik warisan leluhur dari suku Toraja. Salah satu alat musik yang populer dari Sulawesi Selatan adalah Gendrang Bulo. Seperti apa bentuk dan cara memainkan alat musik ini simak berikut.

 

Read More

1. Gendang Bulo, Alat Musik Sulawesi Selatan

Bentuk gendrang bulo
Bentuk gendrang bulo (img via kompas)

Disebut juga Gandrang bulo atau gendang bulo merupakan jenis alat musik perkusi yang bisa kita temui di Sulawesi Selatan.

Cara memaikan alat musik ini adalah untuk sisi yang besar dengan cara dipukul dengan kayu. Sedangkan bagian yang kecil ditabuh langsung dengan tangan memukul dengan telapak tangan. Teknik memukul dengan tangan saat memainkan alat musik menyesuaikan iringan lagu sesuai ketentuan pemainnya.

Makna atau istilah gandrang bulo berasal dari bahasa Makassar “gandrang” yang berarti pukul dan “bulo” yang berarti bambu.

BACA JUGA: Alat musik Tradisional Khas Papua

2. Alat Musik Sulawesi Selatan, Alosu atau Lalosu

alat musik alosu sulawesi selatan
Setalat musik alosu sulawesi selatan (googleimg)

Berkaitan denga Tari Alusu Lalosu Budaya Bugis Sulawesi Selatan, jenis alat musik tradisional ini dibuat dari kayu dan tekstil dan bunyi yang dihasilkannya berasal dari batu-batu kecil yang diisi ke tabung bambu yang diguncang-guncang saat menari.

Mengamati salah satu video di youtube tentang alosu ini, dimana lalosu dibungkus hingga berbentuk tabung memanjang dengan kain berwarna merah dan putih diperagakan oleh penari.

3. Gesok-Gesok / Pa’geso’geso

gambar isntrumen musik Gesok-Gesok
gambar isntrumen musik Gesok-Gesok/Pa’geso’geso (googleimg)

Merupakan jenis alat musik gesek yang mirip seperti rebabdan memiliki 2 dawai. Dibuat dari material dengan odel bentuk seperti jantung pisang atau kendi, juga menggunakan kulit hewan, dan senar 2 buah yang nanti nya digesek. Dimasalampau instrumen musik ini digunakan untuk mengiringi syair dikalangan keluarga raja.

Nah agar tidak penasaran kami pung mencoba menelusuri seni pertunjukan alat musik ini, kemudian menemukan salah satu video di youtube yaitu tentang Pa’Geso’Geso Toraja. Cara memainkannya seperti biola namun tidak ditarok di pundak melainkan diletakkan dilantai lalu digesek.

Baca Juga Keunikan dan Ragam Tradisi Toraja Budaya Warisan Leluhur

4. Puik-Puik atau Pui-Pui

Seperti sarune namanya puik-puik
Seperti sarune namanya puik-puik (googleimg)

Berikut nya ada alat musik Pui-pui atau puik-puik yaitu jenis instrumen musik tiup khas Sulawesi Selatan yang berbentuk kerucut mirip seperti klarinet.

Bahan pembuatan alat musik inidari pangkal pui-pui terbuat dari lempengan logam dan potongan daun lontar yang jika ditiup akan menghasilkan suara suara yang khas.

Kemudian bagian pangkal yang terbuat dari logam tadi, pada pui-pui disambung dengan kerucut yang terbuat dari kayu pilihan yang telah dibentuk.

Cara memainkannya seperti sarune khas alat musik sumatera utara, yaitu ditiup dengan memainkan lubang dibuka-tutup sehingga nada nya bervariasi dan merdu.

5. Jalappa atau Kancing-Kancing

Mirip piring terbang, namanya Jalappa
Mirip piring terbang, namanya Jalappa (img via budaya-indonesia.org)

Berikutnya ada jenis alat musik Jalappa sering juga dibaca Jalapa merupakan instrumen musik tradisional yang berasal dari Sulawesi Selatan. Dari segi desain bentuk Alat ini seperti Simbal yang terbuat dari material logam kuningan.

6. Pa’pompang

Berbahan bambo, papompang
Berbahan bambo, papompang (img via seni-musik-sma.blogpsot.com)

Ragam alat musik tradisional lainnya yang khas adalah alat Musik bambu dalam kebudayaan orang Toraja disebut dengan Pa’pompang atau Pa’bas.
jenis instrumen musik ini digunakan dengan cara ditiup hingga mengeluarkan bunyi. Kemudian bunyi yang terdengar layaknya seperti suara bas. Material alat musik ini terbuat dari bamboo yang dipotong dengan ukuran kecil dan besar kemudian dilubangi dan dirakit.

7. Kacapi

Kecapi sulawesi selatan yang unik
Kecapi sulawesi selatan yang unik (img via makassar.tribun)

Sebelumnya kami telah pernah membahas alat musik yang saru ini, kecapi bugis khas sulawesi selatan yang terus dilestarikan, silahkan baca pada postingan “Merawat Kearifan Lokal, Bupati Maros Minta Kecapi Diajarkan ke Anak-Anak“.

8. Ana Baccing, Alat Musik Sulawesi Selatan

Tradisional dan unik, Ana Baccing Sulsel 2
Tradisional dan unik, Ana Baccing Sulsel

Ana Becing merupakan jenis alat musik tradisional yang dipukul satu sama lain. Bentuknya unik dan berkarakter khas dan mudah untuk diketahui dari bentuknya, mirip seperti sepasang dayung.

Terbuat dari logam biasanya sering dimainkan dalam acara karnaval, parade festival, pesta masyarakat dan upacara adat.

9. Instrumen Musik Talindo atau Popondi dari Sulawesi Selatan

Talindo
Gambar Talindo (googleimg)

Talindo adalah ragam alat musik tradisional khas dari Sulawesi Selatan yang tepatnya berasal dari tanah Toraja.

Dengan desain model nya yang unik dan tradisional Talindo / Popondi digunakan dalam berbagai acara adat daerah seperti seni pertunjukan kebudayaan atau acara adat setempat.

10. Terbang Rebana

Model Rebana Sulsel
Model Rebana Sulsel

11. Basi-Basi atau Klarinet

Keunikan alat musik tradisional Basi-Basi atau Klarinet
Keunikan alat musik tradisional Basi-Basi atau Klarinet (img via budaya-indonesia.org)

12. Suling Lembang

Seruling Lembang dari bamboo
Seruling Lembang dari bamboo (img via borneo24.com)

untuk jenis satu ini, suling yang secara umum terbuat dari ruas bambu dan diberu libang sebagai penentu nada, biasanya lubang-lubang pada bambu dimainkan dengan cara dibuka-tutup menggunakan jari kiri dan kanan. Sering dimainkan dalam berbagai acara musik tradisional sesuai khas dari daerah tersebut.

Penutup / Kesimpulan terkait Alat Musik Sulawesi Selatan

Sebagai penutup dapat diambil poin dari ragam jenis peralatan musik tradisional yang bisa kita temui di Provinsi Sulawesi Selatan dengan Ibu Kota Makassar ini seperti:

Kecapi nya yang unik dan terus diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya, ada juga bentuk ana baccing yang sangat tradisional dan khas.

Demikian yang dapat kami informasikan semoga dapat menambah wawasan anda semua terkait warisan budaya, jangan lupa share dan koreksinya jika ada kekurangan, makasih.(Ricks)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment