12++ Alat Musik Tradisional Jawa Tengah & Cara Memainkannya

  • Whatsapp
Alat Musik Tradisional Jawa Tengah - Cara Memainkannya

Apa saja ragam alat musik tradisional yang bisa kita jumpai di Provinsi Jawa Tengah, satu contoh yang paling populer seperti set gamelan jawa yang terdiri dari Gong, Bonang, Demung dan lain sebagainya.

Secara geografi jawa tengah terdiri dari kawasan Brebes bersebelahan dengan Jawa Barat hingga Sragen, wonogiri dan rembang yang berbatasan dengan Jawa Timur. Kota besar nya diantaranya ada Semarang, Surakarta dan Magelang. Baiklah berikut nama dan jenis alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Tengah diantaranya:

Read More

1. Alat Musik Tradisional Gong, Khas Jawa Tengah

Namanya sama seperti bunyinya Gong
Namanya sama seperti bunyinya Gong (googleimg)

Sebenarnya sih gong ini digunakan di semua Nusantara, dan secara umum sering digunakan untuk pembukaan atau opening acara pemerintahan dan kebudayaan lainnya. Cara memainkannya dengan cara di pukul dengan pentungan.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan alat musik gong adalah logam kuningan dan bentuk nya bulat memiliki benjolan dibagian tengah sebagai titik pukul.

Dijawa tengah gong menjadi salah satu bagian dari instrumen musik tradisional seperti pertunjukan musik gamelan dan festival kebudayaan lainnya.

2. Instrumen Musik Tradisional Bonang

Bonang Jawa Tengah
Bonang Jawa Tengah

Hampir mirip dengan bentuk gong, namun ini berukuran kecil-kecil namanya adalah Bonang. alat ini terbuat dari logam-logam seperti besi, perunggu, atau kuningan yang memiliki bentuk menonjol pada bagian atas yang biasa disebut pencu atau pencon.

Kemudian cara memainkan bonang yakni dengan cara ditabuh atau dipukul pada bagian atasnya dengan alat pemukul khusus yang disebut bindhi.

3. Alat Musik Tradisional Kenong

Bentuk Kenong
Bentuk Kenong (img via pinterest)

Berikut nya alat musik daerah Jawa Tengah yang sering dijumpai yakni kenong.

Jenis Alat musik ini merupakan salah satu alat musik yang menggunakan hanya satu alat pemukul. Dalam penggunaanya kenong berfungsi sebagai penentu batas-batas gatra, menegaskan irama.

Dalam pagelaran musik set alat gamelan, biasanya terdapat dua jenis demung, yaitu demung dengan nada pelog dan slendro.

4. Demung, Alat musik tradisional Jawa Tengah

Instrumen musik demung
Instrumen musik demung (img via shopee)

Berikut nya yang biasa dimainkan dalam pertunjukan seni tradisional di jawa tengah adalah Demung merupakan alat musik tradisional yang masih termasuk di dalam keluarga balungan.

5. Alat Musik Tradisional Siter

Kunikan Siter
Kunikan Siter (img via pinterest)

Kamudian jenis musik tradisional dengan khas suara petikan senar yaitu Siter merupakan seperangkat alat musik yang termasuk dalam gamelan jawa, baik yang ada di Jawa Tengah maupun di Jawa Barat.

Secara umum ukuran siter berkisar panjang 30 cm dan diisi dalam sebuah kotak ketika dimainkan, suaranya aduh merdu silahkan di cari di youtube ya gaes, ada kok contoh dan cara memainkannya yaitu dengan cara dipetik mengginakan dua tangan kiridan kanan. Kurang lebih seperti irama yang ada pada pertunjukan seni gamelan itulah.

6. Gambang

Instrumen musik tradisional Gambang Jawa
Instrumen musik tradisional Gambang Jawa (img wikipedia)

Gambang merupakan alat musik tradisional asal Jawa Tengah lainnya yang bisa kita temui dan dimainkan dengan cara dipukul. Jika mengamati video di youtube alat ini dimainkan dengan cara dipukul, alat pukul khusus dua buah dengan irama khas seni tradisional dalam pertunjukan musik jawa.

bahan dalam pembuatan Gambang adalah kayu bambu yang disusun rapi satu set dengan ukuran bilah panjang hingga mengecil. Fungsi dari gambang dalam mengiringi lagu adalah sebagai pangrengga lagu. Dalam kesenian gambang kromong biasanya menggunakan gambang.

7. Alat Musik Tradisional Gender

Gambar Gender Jawa Tengah
Gambar Gender Jawa Tengah (google img)

Secara keseluruhan dari jenis alat musik ini sudah melalui pengamatan melalui video youtube dan kami mendengarkan irama yang dihasilkan alat musik tradisional ini seperti Gender ini. Agak mirip dengan gambang cara memainkannya namun suara nya berbeda, jika gambang bersuara kayu nah Gender menghasilkan suara melengkin karna bahan yang digunakan dalam pembuatan alat musik Gender berupa logam dalam bentuk lidah-lidah gitu gaes.

Cara memainkannya pun sama yakni dengan cara di pukul dengan irama sesuai lagu yang dibawakan.

8. Saron

Alat musik tradisional Saron
Alat musik tradisional Saron (googleimg)

Dari bentuk gambar nya Saron yang terdiri dari 6-7 bilah pada bingkai kayu yang juga berfungsi sebagai resonator. alat musik Saron termasuk alat musik pukul, pemukulnya terbuat dari kayu sebagaimana hasil pengamatan kami dari YT.

9. Slenthem

Set alat musik Slenthem
Set alat musik Slenthem (googleimg)

Silahkan tonton video dibawah ini jenis Alat musik ini terbagi dalam lembaran logam tidak tebal yang diuntai memakai tali dan direntangkan di atas tabung. Cara memainkannya adalah dengan cara dipukul.

10. Kempul

Set alat musik tradisional Kempul
Set alat musik tradisional Kempul (img wikipedia)

Dilihat dari bentuknya sih mirip gong ya gaes, namun ini namanya alat musik tradisional Kempul. Penasaran seperti apa bunyi atau nada yang dihasilkan dari kempul?

Berikut video musik kempul silahkan di tonton agar kalian semakin mengenal ragam warisan budaya alat musik tradisional dan paham cara memainkannya.

Alat musik yang terdiri dari beberapa gong digantung menjadi satu set.

11. Sulim, Alat musik tradisional Jawa Tengah

Aneka Suling Bamboo
Aneka Suling Bamboo (img via tokopedia)

Suling merupakan salah satu jenis alat musik traisional yang menyebar hampir diseluruh nusantara dengan cirikhas dari daerah masing-masing.

Secara umum suling dimainkan juga dalam lagu kebanggaan indonesia yaitu Dangdut. Bahan yang digunakan dalam pembuatan suling adalah Bambo tipis dengan ukuran panjang kisaran 40-60cm.

12. Kendang, Alat musik tradisional Jawa Tengah

Kendang kulit hewan
Kendang kulit hewan

Instrumen Kendang, atau diberberapa daerah disebut juga gendang merupakan salah satu alat musik tradisional yang penyebaran nya seluruh Indonesia namun memiliki ciri khas sendiri. Jika di Papua dan ambon disebut Tifa sebagai gendang tradisional. Namun untuk Sumatera dan Jawa secara bentuk hampir mirip.

Cara memainkan gendang dengan cara ditepuk menggunakan tangan, namun ada juga yang di pukul menggunakan stik seperti Gondang Toba suku Batak sumatera Utara.

13. Set Alat Musik Tradisional Gamelan

Kesenian alat musik tradisional jawa tengah Gamelan Set
Kesenian alat musik tradisional jawa tengah Gamelan Set (img via borobudurnews.com)

Pada pementasan atau seni pertunjukan musik daerah dalam hal ini musik gamelan, biasanya terdapat dua jenis demung, yaitu demung dengan nada pelog dan slendro.

Terdiri dari beberapa jenis instrumen musik yang dimainkan, mengiringi lagu atau tembang tradisional khas daerah setempat. Secara umum cara memainkan alat musik gamelan dengan cara dipukul menggunakan alat pukul kecuali suling dan beberapa alat musik tiup lainnya. Ada juga yang dipetik.

Akhir kata terkait Alat Musik Tradisional Jawa Tengah

Nah itulah kurang lebih ragam dan jenis alat musik tradisinonal yang biasa dimainkan saat pementasan musik daerah Jateng. Sebelum memposting tentunya kami telah melakukan pengamatan terlebih dahulu bagaimana alat musik dimainkan dan suara khas yang di dapatkan melalui yiutube. Jadi kalian juga bisa mendegarkan langsung semua jenis alat musik diatas melalui yt.

Jika masih ada yang kurang atau kurang pas dalam penulisan mohon dikoreksi pada kolom komentar tersedia.

Baiklah jangan lupa share keteman kalian agar mereka juga mengerti kekayaan budaya Indonesia, thanks.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *