12 Tarian Tradisional Jambi, Berikut Makna dan Penjelasan

  • Whatsapp
12 Tarian Tradisional Jambi, Berikut Makna dan Penjelasan

Tarian Tradisional Jambi – Nama Provinsi ini sama dengan nama Ibu Kotanya yaitu Jambi, Masyarakat Jambi terdiri dari masyarakat heterogen yang meliputi masyarakat asli Jambi dan masyarakat pendatang. Penduduk asli provinsi Jambi termasuk suku Melayu Jambi, Batin, Kerinci dan Kubu atau sering disebut suku Anak Dalam.

Berikut kita akan mengenali 12 jenis kekayaan budaya yang beragam seperti keunikan dan jenis tarian tradisional yang bisa ditemui di Provinsi Jambi.

Read More

1. Tari Sekapur Sirih, Tarian Tradisional Jambi

gambar tari sekapur sirih tarian tradisional jambi
gambar tari sekapur sirih tarian tradisional jambi (img via jambi.kemenkumham.go.id)

Salah satu tarian populer dari daerah Jambi, Tari Sekapur Sirih. Seni tari yang menggambarkan mengenai ketulusan masyarakat setempat dalam menyambut tamu.

Makna tarian tradisional ini mengungkapkan ketulusan, sopan santun, serta keramah tamahan. Biasanya saat pementasan menari, para penari Sekapur Sirih menggunakan pakaian adat dengan diiringi alunan musik pengiring khas masyarakat setempat.

2. Tari Inai

Tari Inai Jambi
Tari Inai Jambi (img via seputarjambinews.blogspot.com)

Sebuah tari yang juga bisa di temui di Riau, Tari Inai merupakan salah satu jenis pertunjukan tarian sakral ini bisa ditemukan dalam pelaksanaan upacara pernikahan masyarakat Melayu tidak hanya di Riau dan Kepri, tetapi juga Jambi dan daerah Melayu lainnya.

3. Tari Liang Asak

Tari Tradisiinal Liang Asak Jambi
Tari Tradisiinal Liang Asak Jambi (googleimg)

Merupakan jenis tari tradisional yang berasal dari Sarolangun Kabupaten Sarolangun. Sebuah tari yang diangkat dari kebiasaan masyarakat setempat pada saat menugal atau menanam padi di sawah yang biasa dilakukan oleh bujang gadis.

Kemudian kebiasaan ini dilakukan secara turun termurun melanjutkan warisan budaya leluhur. Arti liang asak adalah lobang-lobang kecil akibat ditugal sebagai tempat penaburan benih.

BACA JUGA: Jenis dan Nama Rumah Adat Provinsi JAMBI

4. Tari Kisan, Tarian Tradisional Jambi

Keunikan tari kisan jambi
Keunikan tari kisan jambi (img via seringjalan.com)

Kemudian jenis Tari Kisan merupakan sebuah tari tradisional yang berasal dari Kabupaten Bangko dan Kabupaten Sarolangun, Jambi.

Makna tarian ini menggambarkan kegiatan masyarakat di Provinsi Jambi didalam mengolah padi menjadi beras. Pencipta tari kisan Jambi ini sendiri belum diketahui, namun tarian ini sudah ditata ulang oleh Daswar Edi ditahun 1980 dan Darwan Asri ditahun 1983.

5. Tari Rentak Besapih

Tari Rentak Besapih Jambi
Tari Rentak Besapih Jambi (img via kaskus)

Warisan budaya tari lainnya yang bisa di temui di Jambi adalah Rentak Besapih. Tarian ini menggambarkan perpaduan rentak langkah dari berbagai etnis menjadi bentuk suatu kesatuan utuh dalam menjalani kehidupan.

6. Tari Selampit Delapan

Tari Selampit Delapan Jambi
Gambar Tari Selampit Delapan Jambi

Kesenian tari Selampit Delapan pertama kali dikenalkan oleh seorang pegawai Dinas Kebudayaan Provinsi Jambi pada tahun 1970-an yaitu M. Ceylon. Meskipun M. Ceylon bukan putra daerah Jambi, namun kemampuan dan bakatnya dalam bidang seni tari telah membuat tarian ini begitu di kenal di Jambi.

7. Tarian Tradisional Jambi, Tari Kubu

Bentuk Tari Kubu
Bentuk Tari Kubu (img via jambiberita.com)

Suku Kubu merupakan suku yang menetap di perbatasan antara Jambi dan Sumatera Selatan. Dalam tradisi nya warisan budaya yang telah lama diwariskan ada namanya Upacara pengobatan tradisional.

Kemudian dalam prosesi pengobatan ini diadakan upacara setelah memberikan obat tradisional dengan tujuan mengusir roh jahat penyebab penyakit tadi. Kemudian tradisi dalam upacara pengobatan ini berkembang menjadi cikal bakal dalam sebuah tarian tradisional yang disebut Tari Kubu.

8. Tari Rangguk

Seni Tari Rangguk
Seni Tari Rangguk (googleimg)

Merupakan pertunjukan tari tradisional Jambi yang berasal dari Desa Kumun, juga menjadi slah satu jenis WBTb asal Provinsi Jambi. DItetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia pada tahun 2018 dengan domain budaya Seni Pertunjukan

9. Tari Tauh

Pertunjukan Tari Tauh
Pertunjukan Tari Tauh (img jambi update)

Lanjut jenis tarian tradisional lainnya yang dapat di temui di Jambi yakni Tari Tauh. Seni tari ini merupakan tarian tradisional yang terdapat di Desa Rantau pandan Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi.

Makna Tarian ini adalah gambaran dari pergaulan muda-mudi (bujang-gadis) di desa Rantau Pandan, saat mereka bergotong royong bantu membantu dalam suatu tradisi yang disebut beselang.

10. Tari Serengkuh Dayung

Tari Serengkuh Dayung Melayu Jambi
Tari Serengkuh Dayung Melayu Jambi (googleimg)

Seni Tari Serengkuh dayung adalah tarian daerah yang berasal dari Kota Jambi. Jadi gaes pencipta tarian ini belum diketahui, namun demikian telah ditata ulang oleh Aini Rozak pada tahun 1990. Dalam pementasannya, Tari Serengkuh Dayung menggambarkan perasaan searah setujuan dan rasa kebersamaan dalam segala hal.

11. Tari Nitih Naik Mahligai

Pementasan Tari Nitih Naik Mahligai tarian tradisional jambi
Pementasan Tari Nitih Naik Mahligai tarian tradisional jambi (googleimg)

Merupakan salah satu dari jenis Tari Asyek yang masih berkembang di Desa Siulak Mukai Tengah, Kecamatan Gunung Kerinci Jambi. Dimasa lampau Tarian adat ini digunakan untuk upacara penobatan gelar adat Bilan Salih.

12. Tari Japin Rantau

Tarian zapin khas suku melayu yang juga terdapat di Jambi
Tarian zapin khas suku melayu yang juga terdapat di Jambi (googleimg)

Tarian khas Melayu Zapin juga bisa ditemui di Jambi, sebagaimana kita ketahui tari ini khas di Riau, Kepri dan daerah melayu lainnya.

Akhir Kata terkait Tarian Tradisional Jambi

Dari 12 daftar lagu daerah jambi diatas mungkin masih ada yang terlewatkan, kiranya jika ada kesalahan dan kekurangan mohon dikoreksi pada kolom komentar ya gaes.

Semoga dengan informasi ini kalian semua para pembaca semakin mengenal tradisi warisan budaya jambi dalam hal ini seni tari tradisional yang diwariskan dari generasi kegenerasi.

Jangan lupa bagikan artikel ini jika menurut kalian bermanfaat, thanks.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *