14 Alat Musik Tradisional Jambi dan Cara Memainkan nya

  • Whatsapp

Jambi merupakan salah satu Kota di Indonesia yang memiliki sama dengan nama Provinsi nya, beberapa ragam dan jenis alat musik tradisional yang berasal dari Jambi adalah cangor, gendang, kolintang dan lain sebagainya akan di bahas dibawah ini.

Sebelumnya kami juga telah membahas mengenai ragam budaya dan tradisi unik Provinsi Jambi, nama rumah adat jambi juga nama pakaian adat atau baju tradisional khas Jambi. Baiklah mari kita bentangkan nama-nama alat musik tradisional asal jambi diantaranya.

Read More

1. Alat Musik Tradisional Jambi Gendang Melayu

Instrumen musik tradisional Gendang Melayu Jambi
Instrumen musik tradisional Gendang Melayu Jambi (google img)

Bentuk dan desain instrumen Gendang melayu terlihat unik dan khas dan berbeda dengan bentuk gendang lainnya yang ada di pulau jawa dan daerah lainnya. Namun secara umum alat musik ini mempunyai bentuk perpspektif yang mirip dengan rebana.

Bahan material yang digunakan dalam pembuatan alat musik gendang seperti kayu, rotan, dan kulit hewan. Cara memainkan alat musik ini yaitu dengan cara memukul atau ditepuk menggunakan tangan dengan ketukan irama tertentu sesuai yang di inginkan guna mendapatkan suara yang indah.

Seni pertunjukan tradisional yang kerap menggukanan gendang melayu ini biasanya pada lagu daerah melayu yang berasal dari jambi.

2. Instrumen Musik Tradisional Cangor dari Jambi

 

Terbuat dari bambu alat musik tradisional Jambi disebut kuga Gangor
Terbuat dari bambu peralatan musik tradisional Jambi disebut kuga Gangor

Unik dan tradisional bentuk instrumen musik Cangor Jambimodel silinder yang terbuat dari batang bambu yang kulitnya disisit untuk membuat senar.

Cara memainkan alat musik cangor yakni dengan cara dipukul menggunakan pemukul rotan kecil sehingga menghasilkan suara atau irama. Dahulunya Cangor dimainkan oleh petani saat beristirahat diladang atau sepulang dari sawah sekedar melepaskan penat.

3. Alat Musik Tradisional Gambus Jambi

Instrumen musik gambus khas jambi
Instrumen musik gambus khas jambi.

Secara harfiah mirip seperti gitar yang memiliki senar, Gambus jambi merupakan jenis alat musik petik yang dipengaruhi oleh budaya Islam.
Dimainkan dengan cara di petik atau di kencrung untuk menghasilkan irama nada.

Fungsi gambus ini khas Gambus khas akan budaya Islam biasanya dimainkan dalam pagelaran suatu acaran musik orkes gambus.

4. Unik Kelintang Jolo Alat Musik Tradisional Jambi

Terbuat dari kayu mahang atau bambu dengan lima batang kayu disebut Kelintang
Terbuat dari kayu mahang atau bambu dengan lima batang kayu disebut Kelintang.

Model alat musik yang satu ini unik dan karakter khas, terdiri dari 5 tangga nada (doremifasol). Cara memainkan alat musik Kelintang Jolo yakni dengan cara dipukul sehingga menghasilkan tangga nada pentatonik.

Material yang digunakan dalam pembuatan alat musik ini yaitu dibuat dari bahan kayu mahang atau bambu kemudian dirakit dengan pengikat berenteng. Dilengkapi dua bilah kayu pemukul nya.

5. Marawis dari Jambi

Instrumen musik sejenis gendang
Instrumen musik sejenis gendang.

Marawis merupakan alat musik tabuh serupa dengan rebana pada umumnya. Biasanya pembuatan alat musik Marawis menggunakan kayu dan ditutupi dengan kulit hewan sebagai gendang pukul.

6. Keromong Alat Musik Tradisional

alat musik pukul keromong
alat musik pukul keromong

Bagian set dari instrumen musik tradisional Gambang Keromong, biasanya di mainkan saat acara adat, jenis alat musik ini hampir menyebar di setiap daerah. Cara memainkan yakni dengan cara di pukul menggunakan stick. Secara umum material dalam pembuatan alat musik kromong menggunakan besi, logam atau kuningan.

7. Rebana Sike Khas Jambi

gambar rebana sike jambi
gambar rebana sike jambi.

Mirip seperti bentuk Alat musik Rebana lainnya, keunikan nama Sike sendiri diambil dari kata Zikir yang memang dimainkan sebagai pengiring pembacaan pujian-pujian terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

8. Alat musik Tradisional Serangko

Alat musik tradisional unik Serangko jambi
Alat musik unik Serangko jambi

 

Instrumen musik ini dimainkan dengan cara ditiup, dahulunya digunakan sebagai pemberitahuan jika ada musibah dimasyakarat Jambi. Pada zaman dulu kala alat musik tradisional Serangko memiliki fungsi sebagai terompet kala perang dan terompet belasungkawa.

Seperti termopet lainnya, nada irama yang dihasilkan Serangko terdengar cukup keras sesuai funsinya pada zaman dulu. Jangan salah, Serangko juga bisa menghasilkan nada irama yang melodis jika dimainkan oleh ahlinya dengan cara permainan buka tutup lubang.

9. Instrumen Musik Akordeon

Jenis instrumen musik Akordeon
Jenis instrumen musik Akordeon.

Sejauh ini sih saya baru dengar di youtube untuk performing dari instrumen musik akordion ini, coba deh kalian dengerin di YT yang versi clasic enak banget deh musik nya. Bedanya dengan musik tradisional daerah ialah lagu nya atau nadanya menyesuaikan dengan budaya masyarakat setempat.

Cara memainkan akordion ini di pencet-pencet seperti organ atau piano, membutuhkan kecepatan jari dah keahlian musik. Saat pertunjukan kita menggondong alat di bagian depan badan kita sambi ditarik bagian atas nya, saya belum pernah coba sih tapi liat di yt enak banget.

Tambahan: alat musik kordeon ditemukan oleh C.F.L. Buschmann dari Berlin, Jerman.

10. Gendang Panjang

Bentuk gendang panjang dua sisi
Bentuk gendang panjang dua sisi

Secara umum gendang di Indonesia hampir sama fungsi dan bentuk nya juga. Yang membedakan biasanya motif dan bentuk bisa lebih besar atau lebih panjang. Cara memainkan gendang sebagaimana kita ketahui bersama misalnya yang sudah umum musik koplo, gendang berperan untuk memberikan nada khas musik Indonesia.

11. Inatrumen Musik Kompangan

Instrumen jenis pukul tangan Kompangan
Instrumen jenis pukul tangan Kompangan

Dari bentuk nya mirip serti rebana, Kompangan merupakan alat musik tabuh yang serupa dengan rebana, perbedaanya terdapat pada ketebalan bentuk lebih tipis.

Ragam instrumen Kompangan, gambus, dan rebana bersama-sama masuk saat dibawa saudagar muslim ke daerah Jambi dimasa lampau.

12. Jenis Alat Msuik Tiup, Puput Kayu

Seperti seruling namanya Puput Kayu
Seperti seruling namanya Puput Kayu

Hampir mirip dengan serunai tradisional sumatera barat, Puput kayu merupakan alat musik tradisional jambi keluarga alat musik tiup.

Diproduksi menggunakan material kayu, Alat musik ini dilengkapi dengan lidah-lidah sebagai alat bantu tiup dan terdapat tujuh lubang nada.

13. Mirip Suling, Namanya Serdam

Semacam suling bambu alat musik Serdam
Semacam suling bambu alat musik Serdam

Beberapa daerah di pulau sumatera memiliki alat musik tiup tradisional dari serdam ini salah satunya jambi. Bahan material terbuat dari bambu dan memiliki nada pentatonis keluarga alat musik tiup.

14. Berbahan Kayu, Bamboo yakni Sekdu

Alat musik Sekdu
Alat musik Sekdu

Terakhir ada Sekdu yaitu jenis alat musik yang dapat ditemui di Jambi dimainkan dengan cara ditiup. Bentuk Sekdu sendiri menyerupai mobel suling, akan tetapi berbe pada bagian utiup, material pembuatan Sekdu menggunakan bahan kayu.

Akhir Kata

Semoga penjelasan diatas dapat difahami ya gaes, demikian kami sampaikan ragan dan jenis alat musik tradisional yang berasal dari Provinsi Jambi.

Sumber gambar:googleimg

Mari kita jaga dan lestarikan warisan budaya dari nenek moyang agar tetap bisa di wariskan kegenerasi berikutnya. Salahsatunya seperti menyediakan informasi seputar kebudayaan dari daerah di Nusantara ini.

Jika ada kekurangan dan kesalahan dalam penulisan mohon dikoreksi ya gaes demi kemajuan situs ini kedepannya.

Sekiranya kalian suka dan tidak keberatan jangan lupa bagikan ke teman biar mereka juga tahu, thanks.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *