14 Tarian Tradisional NTB, Berikut Penjelasan

  • Whatsapp
14 Tarian Tradisional NTB, Berikut Penjelasan

Populer dengan Pulau Lombok dan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, NTB banyak menyimpan tradisi dan budaya yang diwariskan secara turntemurun seperti tarian tradisional. Seni tari biasanya identik juga dengan kearifan lokal masyarakat setempat, serta busana tradisional dan bahasa daerah tersebut tentunya ada alat musik tradisional yang mengiringi.

 

Read More

Apa saja jenis dan nama tarian tradisional NTB, berikut bisa dibaca pembahasan selengkapnya. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya” Tenun Lombok Hiasi Sirkuit Mandalika, Warisan Budaya“.

1. Tari Gendang Beleq, Tarian Tradisional NTB

Keunikan Tarian Gendang Beleq Musik Tradisional Sasak di Pulau Lombok
Keunikan Tarian Gendang Beleq Musik Tradisional Sasak di Pulau Lombok (img via youtube.com)

Salah satu ciri khas tarian ini adalah Penarinya berjumlah 13-17 orang dengan gendang yang besar. Disebut sebagai tari Gendang Beleq karena para penari biasanya mementaskan tarian yang tak lepas dari alat musik Gendang Beleq tersebut.

Ukuran gendang yang besar khas Lombok ini memiliki jenis yaitu “mama” (laki-laki) serta “nina” (perempuan) yang berfungsi sebagai pembawa dinamika, namun ada juga ukuran Gendang Kodeq yang lebih kecil.

Pertunjukan seni tari ini biasanya oleh Suku Sasak dimainkan secara berkelompok atau group dalam bentuk orkestra. Kata Beleq dalam bahasa Sasak memiliki arti besar.

2. Tari Buja Kadanda

Buja Kadanda Tarian Prajurit Asli Bima
Buja Kadanda Tarian Prajurit Asli Bima (img via youtube.com)

Perlu diketahui seni tari Buja Kadanda masih tetap dilestarikan dan dikembangkan di beberapa sanggar yang ada di Bima, Nusa Tenggara Barat.

Biasanya saat pertunjukan tari Buja Kadanda tak lepas dari busana tradisional dan alat musik tradisional khas daerah setempat, diiringi alunan musik tradisional seperti gendang, gong, serunai dan tawa-tawa sebagaimana tampak pada gambar.

Gambar kesenian tari Kdanda Bima NTB
Gambar kesenian tari Kdanda Bima NTB (img via youtube)

Makna tarian Buja Kdanda yaitu menggambarkan dua prajurit yang sedang berperang sebagai mana gerakan penari. Biasanya dibawakan oleh dua orang penari pria berpakaian prajurit khas NTB dan bersenjatakan tombak juga perisai.

3. Tari Gandrung Lombok, Tarian Tradisional NTB Maulid Adat Bayan

Gandrung Lombok NTB
Gandrung Lombok NTB (img via youtube)

Sebelumnya kami telah membahas tari tradisional Banyuwangi, Jawa Timur yang bernama tarian “Jaran Goyang” yang memiliki arti tari “pengasihi”, nah bagaimana dengan tari tradisional gandrung oleh masyarakat Sasak Lombok ini. Jenis tari Gandrung Lombok merupakan seni tari yang dalam berjalannya waktu menyebar ke Bali untuk kemudian tiba di Lombok.

Nah sudah jelas ya gaes, menyebar dari Banyuwangi ke Lombok dan Bali (karangasem), ya… Desa Karangasem Bali juga memang berdekatan dengan Banyuwangi kala itu mimin pernah mengunjungi Taman Edelweis Karangasem.

Jadi gaes, mengutip laman situs Kemendikbud dijelaskan, Tarian Gandrung yang merupakan khas Banyuwangi dibawakan sebagai perwujudan rasa syukur masyarakat setelah panen.

Sebuah seni pertunjukan yang pentaskan dengan iringan musik tradisional perpaduan budaya Jawa dan Bali salah satu bentuk kebudayaan dari Suku Osing Jatim yang merupakan penduduk asli Banyuwangi.

4. Tari Lenggo

Warisan Budaya Tari Lenggo Bima
Warisan Budaya Tari Lenggo Bima (img via youtube)

Merupakan salah satu tarian yang sering dipentaskan di lingkungan Kerajaan Bima atau kantor pemerintahan saat kedatangan tamu resmi.

Salah satu Tari klasik yang ditarikan oleh empat orang perempuan dan empat orang laki-laki. Biasanya para penari mengenakan pakaian adat tradisional Kota Bima (baju bodo) taklupa musik pengiring yakni instrumen tradisional serunai (seruling), gong dan katonggak (gendang dari kulit).

5. Tari Nguri

Kesenian tari nguri Bima NTB
Kesenian tari nguri Bima NTB (img via sumbawakab.go.id)

Nah berikutnya ada jenis Tari Nguri yaitu salah satu tarian tradisional yang berasal dari Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat, NTB.

Biasanya tarian ini dibawakan oleh penari wanita secara berkelompok dengan gerakan yang indah. Tarian ini menggambarkan keterbukaan dan keramahan masyarakat Sumbawa yang sampaikan dalam bentuk gerakan tari yang apik.

6. Tari Oncer, Tarian Tradisional NTB

Tradisi Tari Oncer Lombok
Tradisi Tari Oncer Lombok (img via mobillombok.com)

Adalah semacam tarian tradisional yang ada dalam kebudayaan masyarakat suku sasak di Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat, NTB. Tarian Oncer merupakan tarian yang diciptakan oleh Muhammad Tahir, tepatnya di desa Puyung, Kabupaten Lombok Tengah ditahun 1960.

7. Tari Peresean

Pertunjukan tari Pereasean
Pertunjukan tari Pereasean (img via tempo)

Unik dan memiliki cirikhas tari Peresean merupakan tari dengan gerakan pertarungan antara dua lelaki yang bersenjatakan tongkat rotan (penjalin) dan berperisai kulit kerbau yang tebal dan keras (perisai disebut ende).

Tradisi yang berbentuk tarian ini bisa ditemui pada masyarakat suku Sasak, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

8. Tari Rudat

Tarian Rudat Nusa Tenggara Barat
Tarian Rudat Nusa Tenggara Barat (img via dgip.go.id)

Merupakan tarian tradisional yang masih sering ditampilkan di Pulau Lombok, Provinsi NTB. Pertunjukannya Tari Rudat ini sangat kental akan nuansa Islami baik itu dari segi kostum, lagu ataupun pengiring pertunjukan.

Dalam pementasannya Tari Rudat ditampilkan diberbagai acara seperti Khitanan, Maulid Nabi, Khatam Al-Quran, peringatan Isra Mi’raj dan juga acara peringatan hari besar Islam lainnya.

9. Tari Sanggulu

Jenis tarian tradisional NTB Tari Sanggulu
Jenis tarian tradisional NTB Tari Sanggulu (img via blogkulo)

Tarian yang dibawakan oleh banyak penari memiliki makna bertemakan permainan rakyat. Dalam pertunjukannya personil atau penarinya adalah anak-anak perempuan yang mengenakan Tembe, kain tenun khas Bima.

10. Tari Wura Bongi Monca

Indah sekali Tari Wura Bongi Monca
Indah sekali Tari Wura Bongi Monca (img via nurulfadilah2204.blogspot.com)

Nah satu lagi yang yang khas dari Bima Nusa Tenggara Barat yaitu Tari Wura Bongi Monca merupakan salah satu tarian selamat datang atau penyambutan tamu dari Bima, NTB. Biasanya tarian ini dilakukan oleh penari perempuan secara berkelompok dengan gerakan yang lemah lembut.

11. Maulid Adat Bayan

Tarian Tradisional NTB Maulid Adat Bayan
Merupakan Tradisi berbasis kearifan lokal Tarian Tradisional NTB Maulid Adat Bayan (img via youtube)

Salah satu Budaya dan Tradisi ang menjadi bagian dari kesenian tradisional Nusa Tenggara Barat adalah Maulid Adat Bayan. Dalam perhelatan acara tahunan ini terdapat bebreapa seni petunjukan seperti tarian.

12. Tari Sasak Bare Dende

13. Tari Tradisional Tegining Teganang

14. Tradisi Nyongkolan, Tarian Tradisional NTB

Unik dan khas budaya Lombok pada pelaksanaan adat pernikahan, saat prosesi nyongkolan, pasangan pengantin dan keluarga besarnya mengunjungi rumah mempelai wanita diiringi gendang belek atau orkes gerobak terdapat seni musik tradisional.

Kesimpulan terkait Tarian Tradisional NTB

Demikian yang dapat kami informasikan pada kesenian tradisional berupa tari tradisional yang bisa ditemui di Lombok, Bima dan sekitar, Nusa Tenggara Barat.

Sekiranya bermanfaat jang lupa share, jika ada kesalahan penulisan ataupun kekurangan mohon dikoreksi, thanks.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *