15 Ragam Alat Musik Tradisional Yogyakarta, Warisan Budaya

  • Whatsapp
Ragam Alat Musik Tradisional Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta yang khas dengan ragam alat musik tradisonal seperti gamelan, tak jarang terakhir mimin mengunjungi kota ini tahun 2021 kerap menemukan pengamen dengan set ala musik tradisional. Bahkan suara instrumen yang dimainkan sangat merdu dan serasi dengan lagu yang dibawakan.

Populer dengan sebutan Kota Pelajar atau sebut Jogja ini juga terkenal dengan jalan Malioboro, beberapa ikon kota Yogyakarta seperti Gudek untuk kuliner, Tugu Jogja untuk ikon kota dan Malioboro pusat belanja dan tongkrongan bagi wisatawan.

Read More

Baiklah mari kita bahas jenis alat musik tradisional apa saja yang biasanya dimainkan dalam seni budaya di daerah Yogyakarta, dan bagaimana cara memainkanya? baca sampai selesai ya gaes.

1. Alat Musik Tradisional Yogyakarta Gendang

Gendang Jogja Alat Musik Tradisional
Atraksi alat musik tradisional Gendang Jogja (img via youtube)

Penyebaran instrumen gendang bisa di bilang hampir merata di seluruh Indonesia, seperti halnya do Jogja.

Bentuk dan ukuran Gendang kecil disebut Ketipug, ukuran Gendang sedang disebut kebar atau kendang ciblon. Cara memainkan Gendang bisa dimainkan dengan cepat bisa juga lambat tergantung irama lagu yang hendak dimainkan.

Paling sering gendang di temui pada musik dangdut. Namun khas nya bisa dijumpai pada acara tradisional atau kegiatan kebudayaan daerah.

Bahan material dalam pembuatan alat musik gendang seperti kayu yang kuat dan kulit hwan serta pengikat atau perekat kulit rotan.

2. Krumpyung

Set alat musik Krumpyung
Set alat musik Krumpyung (img via jogjakartanews.com)

Bentuk atau model alat musik Krumpyung sekilas memang mirip dengan gamelan. Akan tetapi ada perbedaan dan ciri khas nya, jika instrumen musik gamelan terbuat dari tembaga, sedangkan alat musik Krumpyung terbuat dari bambu.

Dalam penggunaan alat ini biasanya membawakan lagu-lagu Langgam Jawa, Uyon-Uyon, dan campursari juga seni pertujukan kebudayaan masyarakat setempat.

Asal alat musik ini bisa di temui di daerah Yogyakarta Kabupaten Kulon Progo.

3. Alat Musik Tradisional Yogyakarta Gong

Biasa digunakan pada pembukaan acara, Gong
Sering digunakan pada pembukaan acara, Gong (img via Tribun Jogja)

4. Suling Bambu

Seruling bambu jogja
Seruling bambu jogja (img via lazada)

Terkhusus untuk jenis alat musik suling bambu ini hampir semua daerah di Nusantara memiliki nya. Namun yang menjadi pembeda nya ialah alunan laguyang dibawakan menyesuaikan lagu daerah setempat. Secara umum suling juga digunakan di instrumen musik Dangdut Koplo.

Bahan material suling yang populer ialah Bamboo, walau ada juga variasi jenis bahan lainnya seperti pipa misalnya berbahan plastik, namun yang paling bagus sejauh ini sepertinya bamboo.

Cara memainkan alat musik bamboo adalah dengan cara di tiup, sementara jari kanan dan kiri memainkan nada di bagian lubang yang di sediakan sehingga menghasilkan irama merdu.

5. Gambang

Terdiri dari 18 pilar, Gamblang
Terdiri dari 18 pilar, Gamblang (img via sobari05.wordpress.com)

6. Bonang

Seperti bentuk gong kecil-kecil namanya Bonang
Seperti bentuk gong kecil-kecil namanya Bonang (img via yt)

7. Siter

Jenis alat musik petik seperti kecapi
Disebut Siter Jenis alat musik petik seperti kecapi (img via kaskus)

Jenis alat musik etnik yg biasa menjadi istimewa dan semakin diminati, dan tetap lestari. Siter mirip seperti kecapi dimainkan dengan cara di petik.

Memiliki senar sebagaimana kami mengamati di youtube cara memaainkan siter adalah dengan cara memetik jari tangan kiri dan kanan. Dan dipadupadankan seorang penyanyi wanita khas jawa dengan alunan khas jawa pula.

Terlihat pada gambar dibawah snear pada bagian tengah terdapat pembatas menyilang semaccam pengatur nada, maaf saya bukan alhi alat musik siter hehehe, namun sebagaimana saya dengarkan di YT enak dan merdu. Apalagi diera modern ini jika ada yang mengkolaborasikan dengan musik koder maka akan lebih bernilai tinggi iya gak sih.

8. Instrumen Musik Tradisional Yogyakarta Rebab

Dilengkapi senar namanya Rebab
Dilengkapi senar namanya Rebab (img via guratgarut.com)

Unik dan berkarakter jenis alat musik senar yang dinamakan Rebab. dari abad ke-8 dan menyebar melalui jalur-jalur perdagangan Islam yang lebih banyak dari Afrika Utara, Timur Tengah, bagian dari Eropa, dan Timur Jauh.

Beberapa ragam jenis atau variasi alat musik ini seperti memiliki tangkai di bagian bawah agar rebab dapat bertumpu di tanah atau lantai, oleh sebab itu sering juga disebut rebab tangkai di daerah tertentu, tetapi terdapat versi yang dipetik seperti kabuli rebab (kadang-kadang disebut sebagai robab atau rubab).

9. Alat Musik Tradisional Yogyakarta Kenong

Unik bentuk nya mini mirip gong namanya Kenong
Unik bentuk nya mini mirip gong namanya Kenong (img via diasraka.wordpress.com)

10. Kempul (Gong Kecil)

Kumpulan gong ukuran lebih kecil atau Kempul
Kumpulan gong ukuran lebih kecil atau Kempul (img via semuatentangprovinsi.blogspot.com)

11. Gejog Lesung

Berbahan kayu atau lesung disebut Gejong Lesung
Berbahan kayu atau lesung disebut Gejong Lesung

Merupakan jenis kesenian tradisional berupa permainan instrumen musik perkusi menggunakan alat unik dan khas yaitu penumbuk padi tradisional dalam bahasa lain disebut juga lensung.

Penyebaran Gejog lengsung ini seperti masyarakat agraris di berbagai kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang meliputi Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Kulonprogo, dan Kabupaten Sleman.

12. Saron

Dimainkan dengan cara di Pukul, Saron
Dimainkan dengan cara di Pukul, Saron (img via nasabamedia)

13. Instrumen Musik Tradisional Yogyakarta Peking

Peking jenis saron
Peking jenis saron (img via google)

14. Gong Sebul

Jenis musik tiup, gong Sebul
Jenis musik tiup, gong Sebul

15. Demung

Alat Musik Tradisional Demung Jogja
Set musik tradisional Demung Jogja

Bentuknya sih seperti gong, namun ini berukuran kecil dan berjumlah banyak. Merupakan jenis alat musik tradisional set instrumen gamelan dalam keluarga balungan.

Dalam pertunjukan seni tradisional set gamelan,bterdapat dua buah demung dengan skala nada (laras) yang berbeda, yaitu slendro dan pelog.

BACA JUGA : Jenis Alat Musik Tradisional Bangka Belitung yang Unik

Akhir Kata

Dalam penggunaanya jenis alat musik tradisional seperti gendang dan set alat musik Gamelan dimainkan pada acara kebudayaan atau kegiatan seni lainnya. Sekian yang dapat disampaikan semoga bermanfaat, jika ada kekurangan mohon dikoreksi, terimakasih.(Ricks)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *