15 Tari Adat Tradisional Papua, Berikut Maknanya!

  • Whatsapp
15 Tari Adat Tradisional dari Papua, Berikut Maknanya

Tari Adat Tradisional Papua – Populer dengan destinasi Raja ampat akan keindahan Coral dan keberagaman Budaya, khas akan lagunya seperti “Hitam Kulit Keriting Rambut Aku Papua“. Lagu ini sering juga mimin nyanyikan kala menikmati pemandangan pantai, selain itu papua juga terkenal akan tarian adat tradisional. Seperti apa bentuknya dan apa saja jenis tarian tradisional yang berasal dari papua?

Simak baik-baik, pembahasan berikut kita akan mendalami nama dan ragam tarian khas papua dari Irian Jaya Papua dan Manok Wari Papua Barat.

Read More

1. Tari Adat Tradisional Papua, Yospan

Keunikan tari Yospan Papua
Keunikan tari Yospan Papua

Sebelumnya kami telah membahas jenis tarian ini secara khusus, makna tarian ini adalah sebagai tari pergaulan dalam masyarakat muda-mudi papua.

Berasal dari gabungan Yosim dan Pancar, Tari Yosim yang berasal dari Sarmi adalah jenis tari gembira/kebahagiaan yang biasa dilakukan oleh masyarakat disana dalam acara-acara kebudayaan masyarakat setempat baca selengkapnya..

2. Tari Tradisional Seka Papua

Berikut adalah Tari Seka papua
Berikut adalah Tari Seka papua

3. Tari Balengan atau Tari Pergaulan

Salah satu warisan budaya dari Papua untuk tarian tradisional yakni Tari balengan merupakan tari pergaulan masyarakat pesisir pantai Nabire Papua (di sekitar teluk Sarera).

Kesenian tari ini juga dikenal dengan nama Ande Saira merupakan tari kreasi dari jenis tari tradisional yaitu dansa adat.

Dimasa lampau fungsi Tarian ini yakni dalam rangka tujuan tertentu dan dilakukan pada saat ritual adat lainnya berlangsung misalnya pada saat pesta cukur rambut, atau tindik telinga.

Seiring berjalannya waktu dewasa ini tari yang sering juga disebut tari ande saira atau balengan sering dilakukan untuk menjalin keakraban pergaulan antara pemuda-pemudi, karena itu maka tari balengan disebut tari pergaulan.

4. Tari Pangkur Sagu

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa tarian juga bisa sebagai media komunikasi pesan yang ada dalam Tarian pangkur sagu yaitu menceritakan tentang mata pencaharian masyarakat papua dengan membuat sagu mulai dari menebang pohon, memeras air, hingga mengolah sagu.

Budaya masyarakat papua berbasis kearifan lokal dalam membuat sagu masyarakat papua sering mengadakan ritual pesta yang berupa menyanyi dan menari.

Secara harfiah makna tarian pangkur sagu merupakan simbol gotong royong, kebersamaan dan rasa syukur kepada Tuhan.

5. Tarian Tumbu Tanah

Khas suku Arfak Papua tarian tradisional Tarian Tumbu Tanah
Khas suku Arfak Papua tarian tradisional Tarian Tumbu Tanah

Jenis tarian tradisional berikut ini hampir dikenal sebagian besar kelompok suku yang tersebar di wilayah Kepala Burung tanah besar Papua dengan berbagai varian gerak tari, lagu serta aksesoris berbeda.

6. Nasimar, Tari Adat Tradisional Papua

Kemudian ada tarian Nasimar yang berasal dari Kabupaten Sarmi Provinsi Papua. Budaya papua Tarian Nasimar merupakan tarian thema perang yang sering dilakukan.

Dimasa kini dalam pengembangan kebudayaan tari tradisional Tarian nasimar ini sering dipentaskan pada saat acara, pelantikan Ondoafi, acara penyambutan dengan kegiatan-kegiatan yang lainnya yang berkaitan dengan tarian ini.

7. Tarian Suanggi atau Soanggi

Jenis tarian yang satu in bisa ditemui di daerah papua khususnya daerah Waropen di pantai Teluk Cendrawasih. Tari ini dibawakan oleh banyak penari pria seperti tari saman dari Aceh. Makna terkandung Tari Suanggi yakni menggambarkan perang antara penduduk yang bersenjatakan busur dan anak panah dengan seorang suanggi.

8. Mansusu, Tari Adat Tradisional Papua

Merupakan Tari adat tradisional yang berasal dari pulau Numfor dekat pulau Biak, dalam pementasan nya tari ini dibawakan oleh banyak hingga puluhan penari pria.

Mansusu sarat akan makna dimana rakyat Numfor yang dengan menaiki perahunya berusaha menghalau musuh yang akan menyerang.

9. Tarian Bayaitu

Hampir sama dengan tari Manusu tari Bayaitu juga dibawakan oleh berpuluh-puluh penari pria dan wanita. Bayaitu adalah nama seekor burung.

Pesan atau makna gerakan tari bayaitu melambangkan burung bayaitu jantan dan betina yang bermain-main meloncat-loncat ke sana ke marl sambil menari, tari ini berasal dari daerah Kuri di Manokwari.

10. Tarian Pulale

Tarian Pulale
ilustrasi img via youtube Tarian Pulale

Arti atau makna gerakan tari Pulale adalah tari kemenangan yang menggambarkan masyarakat Serui yang baru saja menang perang mengadakan pemujaan kepada dewa. Seni tari yang berasal dari daerah Serui di Waropen ini biasanya dibawakan oleh banyak penari pria dan wanita.

11. Tari Fayaryer Rak Wadwa Biak

Keunikan dan cirikhas tari Tari Fayaryer Rak Wadwa Biak dimana Setiap penari selain mengenakan busana tradisional rumbai-rumbai sebagai penutup badan bagian bawah serta dengan segala perhiasannya

juga mengenakan bulu burung cenderawasih sebagai hiasan kepala dan menyelipkan sekuntum bunga berwarna merah di telinganya, peserta tari ini terdiri dari pria dan wanita saat oertunjukan festival kebudayaan misalnya.

12. Tarian Cendrawasih

Busana tradisional dan musik tradisional tak lepas dalam pertunjukan kesenian tari daerah, Para penari papua bisanya mengenakan pakaian adat rumbai-rumbai sebagai busana penutup badan bagian bawah, serta mengenakan hiasan dada dan kepala yang berupa bulu burung cendrawasih saat pertunjukan Tari Cendrawasih.

13. Tarian Yape

Salah satu daerah Papua Paniai memiliki Tari Yape, saat pementasan seni tari pesan gerakan tarian menggambarkan gerak-gerik prajurit yang sedang berperang. Dalam pertunjukan tari bisanya terdiri dari suara anak panah yang ditarik-tarik dan nyanyian yang dilakukan oleh para penari.

14. Tari Adat Tradisional Papua, Woming

Masyarakat papua di daerah Siromi memiliki tari tradisional Woming, tarian ini sarat akan makna dimana seorang ibu yang diculik oleh sekelompok gerombolan laki-laki yang kemudian dibunuh, kemudian setelah mati, ibu tersebut berubah menjadi seekor kangguru.

Saat menari bisanya penari pria dan wanita mengenakan busana tradisional khas papua seperti baju rumbai dan ikat kepala juga membawa panah atau parang sebagai properti.

15. Tari Adat Tradisional Papua, Salawaku

Terakhir dalam pembahasan ini ada jenis Tarian Papua Salawaku yang berasal dari daerah Mimika.

Tari ini mengandung makna sepasang pria dan wanita yang dalam suatu perjalanan dikejar-kejar oleh sekelompok manusia.

BACA JUGA: Keunikan dan Ragam Pakaian Adat Papua

Akhir Kata terkait Tari Adat Tradisional Khas Papua

Itulah jenis tari tradisional warisan budaya papua yang dapat kami informasikan,

semoga bermanfaat dan berguna bagi nusa dan bangsa demi terjaganya budaya kita. Jika ada kesalahan dan kekurangan silahkan ditambahkan pada kolom komenar yang tersedia, thanks.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *