20 Warisan Budaya Indonesia yang Diakui Dunia Internasional

  • Whatsapp
20 Warisan Budaya Indonesia Yang di Akui Dunia Internasional

Indonesia merupakan negara yang kaya akan alam dan keberagaman Budaya, sepatutnya warisan budaya ini dijaga dan dilestarikan agar tidak punah sehingga bisa dinikmati oleh generasi berikutnya. Pembahsan budaya yang beragam seperti WBTB atau warisan budaya tak benda, warisan alam dunia hingga warisan budaya dunia yang telah terdaftar di UNESCO dijelaskan dibawah ini.

 

Read More

A. Daftar Ragam Warisan Budaya Tak Benda Indonesia

Salah satu ciri khas Wbtb seperti tradisi dan ekspresi lisan, termasuk bahasa sebagai wahana warisan budaya takbenda juga seni pertunjukan (contoh tari Bali, tari saman Aceh) wbtb lainnya seperti kemahiran tradisional, silahkan baca pengertian dan karakteristik wbtb. Berikut sederet daftar warisan budaya Indonesia yang mendunia.

1. Warisan Budaya Indonesia – Tari Bali

Terdapat 3 genre tari tradisional Bali yakni pertama ada genre tarian sakral, semi sakral serta jenis tarian yang dimaksudkan buat dinikmati oleh warga luas.

gambar tari bali warisan budaya Indonesia
gambar tari bali warisan budaya Indonesia (img via berbol.co.id)

Seni tarian ini termotivasi oleh alam serta melambangkan tradisi, adat istiadat, serta nilai- nilai agama tertentu. Jenis tarian tradisional Bali dibawakan oleh penari laki- laki serta perempuan dengan menggunakan kostum tradisional yang terdiri dari kain bercorak terang yang dilukis dengan motif bunga serta fauna emas, dengan aksesori berdaun emas serta permata.

Masyarakat Bali mencampurkan bermacam gerakan yang berbeda tercantum bentuk badan dasar dengan lutut ke luar serta perut ditahan, gerakan lokomotif dalam tempo serta arah yang berbeda, gerakan transisi dengan pergantian dinamis, serta ekspresi wajah dengan gerakan mata mengatakan kebahagiaan, kesedihan, kemarahan, ketakutan serta cinta– seluruh diiringi musik gamelan.

Tidak hanya penari yang terampil secara teknis, penari wajib mempunyai kharisma, kerendahan hati serta disiplin dan tenaga spiritual spesial yang meramaikan pertunjukan.

Di warga Bali, tarian paling utama ditransmisikan secara informal kepada kanak- kanak semenjak umur dini, dalam kelompok. Budaya tarian tradisional Bali membagikan bukti diri budaya yang kuat kepada para partisipan yang didasarkan pada uraian kalau mereka melindungi peninggalan budaya nenek moyang mereka.

Dalam pertunjukannya tari bali diiringi oleh alat musik tradisional khas bali seperti gamelan, gong, angklung dan lain sebagainya.

2. Warisan Budaya Indonesia – Seni Rakit Perahu Pinisi

Budaya kemahiran pembuatan kapal pinisi Warisan Budaya Indonesia
Budaya kemahiran pembuatan kapal pinisi Warisan Budaya Indonesia (img via pinisi.co.id)

Warisan budaya kemahiran dalam mebuat kapal Pinisi, ataupun Seni Pembuatan Kapal di Sulawesi Selatan, mengacu pada rig serta layar sekunar Sulawesi yang populer merupakan warisan budaya Indonesia yang di akui Dunia dan terdaftar di UNESCO.

Ciri khas konstruksi serta penyebaran kapal- kapal semacam ini berdiri dalam tradisi ribuan tahun pembuatan kapal serta navigasi Austronesia yang sudah melahirkan bermacam berbagai kapal air yang mutahir.

Untuk warga Indonesia serta internasional, Pinisi sudah jadi lambang kapal layar asli Nusantara.

Dimasa sekarang, pusat pembuatan kapal terletak di Tana Beru, Bira serta Batu Licin, di mana sekitar 70 persen penduduknya mencari nafkah lewat pekerjaan yang berkaitan dengan pembuatan kapal.

Pengetahuan serta keahlian yang berkaitan dengan faktor tersebut diturunkan dari generasi ke generasi di dalam area keluarga, ataupun kepada orang di luar keluarga lewat pembagian kerja.

3. Seni Beladiri Pencak Silat – Warisan Budaya Indonesia

Budaya seni bela diri pencak silat memiliki gerakan serta style pencak silat sangat dipengaruhi oleh bermacam faktor seni, bersumber pada kesatuan antara badan serta gerak, sejalan dengan musik pengiringnya.

pencak silat warisan budaya asal Indonesia
pencak silat warisan budaya asal Indonesia (img via IDNTimes)

Sebutan” pencak” familiar di tanah Jawa, sebaliknya sebutan” silat” lebih populer di Sumatera Barat dalam menggambarkan seperangkat seni bela diri dengan banyak kesamaan.

Tidak hanya ukuran olahraganya, tradisi pencak silat pula mencakup aspek mental serta spiritual, bela diri serta seni. tiap wilayah mempunyai gerakan, style, iringan, musik, serta perlengkapan terkaitnya sendiri yang meliputi baju tradisional, perlengkapan musik, serta senjata.

Dilatih dalam metode yang berbeda buat belajar gimana menanggulangi serbuan ataupun suasana beresiko yang lain bersumber pada prinsip- prinsip pertahanan diri serta proteksi orang lain, menjauhi menyakiti pelakon serta meningkatkan semangat kebersamaan.

Pengetahuan serta keahlian yang terpaut umumnya diajarkan di lembaga pembelajaran non- formal serta mencakup ungkapan serta tradisi lisan semacam salam, frasa filosofis, puisi berima, nasihat, dan lagu serta metode memainkan suara.

4. Warisan Budaya Indonesia – Kerajinan Noken dari Papua

Kerajinan Noken merupakan jaring rajut yang diikat ataupun tas anyaman buatan tangan dari serat kayu ataupun daun oleh warga di Provinsi Papua serta Papua Barat, Indonesia.

Karya kreatif kerajinan tangan Noken warisan budaya papua Indonesia
Karya kreatif kerajinan tangan Noken warisan budaya papua Indonesia (googleimg)

Di tanah papua pria serta wanita memakainya buat bawa hasil perkebunan, tangkapan dari laut ataupun danau, kayu bakar, balita ataupun hewan kecil dan buat berbelanja serta menaruh beberapa barang di rumah. Noken pula bisa dikenakan, kerap buat perayaan tradisional, ataupun diberikan selaku persembahan perdamaian.

Metode pembuatan karya kreatif noken berbeda- beda antar warga, namun pada biasanya cabang, batang ataupun kulit tumbuhan kecil ataupun perdu tertentu dipotong, dipanaskan di atas api serta direndam dalam air. Serat kayu yang tersisa dikeringkan setelah itu dipintal buat membuat benang ataupun tali yang kokoh, yang terkadang diwarnai dengan perona natural.

Berbahan Tali serat kayu ini diikat dengan tangan buat membuat tas jaring dengan bermacam pola serta dimensi. Prosesnya memerlukan keahlian manual yang hebat, perawatan serta rasa artistik, serta memerlukan waktu sebagian bulan buat dipahami.

Tetapi, jumlah orang yang membuat serta memakai Noken terus menjadi menurun. Faktor- faktor yang mengecam kelangsungan hidup Noken antara lain minimnya pemahaman, melemahnya transmisi tradisional, berkurangnya jumlah pengrajin, persaingan dari tas buatan pabrik, permasalahan dalam memperoleh bahan baku tradisional dengan gampang serta kilat, serta perpindahan nilai- nilai budaya Noken.

5. Alat Musik Tradisional Angklung – Warisan Budaya Indonesia

Alat musik tradisional Angklung merupakan perlengkapan musik Indonesia yang terdiri dari 2 hingga 4 tabung bambu yang digantung dalam bingkai bambu, diikat dengan tali rotan.

Dalam pembuatannya dibutuhkan kemahiran terntentu agar menghasilkan alat musk angklung dengan nada tertentu.

alat musik tradisional angklung khas Indonesia
alat musik tradisional angklung khas Indonesia (img via mnews.co.id)

Tiap angklung menciptakan satu nada ataupun akord, sehingga sebagian pemain wajib bekerjasama buat memainkan melodi.

Angklung tradisional memakai tangga nada pentatonik, namun pada tahun 1938 musisi Daeng Soetigna menghadirkan angklung memakai tangga nada diatonis; ini diketahui selaku angklung padaeng.

Angklung erat kaitannya dengan adat istiadat, seni serta bukti diri budaya di Indonesia, dimainkan pada dikala upacara semacam penanaman padi, panen serta khitanan. Dmasa kini angklung juga kerap dipadukan dengan genre musik modern.

Pembelajaran angklung ditransmisikan secara lisan dari generasi ke generasi, serta terus menjadi bertambah di lembaga pembelajaran.

6. Warisan Budaya – Tari Saman

Salah satu tarian khas Indonesia yang berasal dari Aceh, seni pertunjukan tari Saman ialah bagian dari peninggalan budaya warga Gayo provinsi Aceh di Sumatera.

Pertunjukan Tari Saman Aceh
Pertunjukan Tari Saman Aceh (img via merahputih)

Dalam pelaksanaan nya terdiri dari anak pria diaman pria muda melaksanakan Saman sembari duduk ataupun berlutut dalam barisan yang rapat. Tiap- tiap menggunakan kostum gelap yang disulam dengan motif Gayo warna- warni yang melambangkan alam serta nilai- nilai luhur. Pemimpinnya duduk di tengah barisan serta mengetuai nyanyian syair, mayoritas dalam bahasa Gayo.

thema yang ditampilakan pada gerakan tari ini menawarkan tutorial serta dapat bernuansa religius, romantis, ataupun lucu. Penari bertepuk tangan, menepuk dada, paha, serta tanah, menjentikkan jari, serta mengayunkan serta memutar badan serta kepala mereka pada waktunya dengan ritme yang berganti- serempak ataupun bergantian dengan gerakan penari lawan.

Dtampilkan disaat memperingati hari besar nasional serta keagamaan, mempererat ikatan antar kelompok desa yang silih mengundang buat tampak.

7. Warisan Budaya Indonesia – Batik

Kebanggaan Indonesia batik merupakan karya seni tradisional yang di lukis/batik tulis metode, simbolisme, serta budaya seputar baju katun serta sutra yang diwarnai dengan tangan yang diketahui original berasal dari budaya Batik Indonesia.

fesyen batik
fesyen batik (img via bbc.com)

Setiap kain batik mengandung makna filosofi seperti anak balita digendong dengan kain batik yang dihiasi dengan simbol yang dirancang buat bawa keberuntungan untuk anak.

Keragaman pola yang luas mencerminkan bermacam pengaruh, mulai dari kaligrafi Arab, karangan bunga Eropa serta burung phoenix Tiongkok sampai bunga sakura Jepang serta burung merak India ataupun Persia.

Kerapkali diturunkan dalam keluarga sepanjang sebagian generasi, kerajinan batik terjalin dengan bukti diri budaya warga Indonesia serta, lewat arti simbolis dari warna serta desainnya, mengekspresikan kreativitas serta spiritualitas mereka.

8. Senjata Tradisional Keris

keris
keris (img via tempo)

Pasti sudah tidak asing tentunya bagi sobat kearifan lokal, ya ini adalah senjata tradisional khas Indonesia, original berasal dari Negara Republik Indonesia. Desain dan kemahiran dalam pembuatan Kris ini terdaftar di Unesco dan diakui dunia international.

9. Wayang

wayang Indonesia
wayang Indonesia (img via solopos.com)

Warisan budaya Wayang juga merupakan kebanggaan dari negara tercinta. Selain bentuk wayang yang khas motif atau pola mengandung makna filosofi yang mendalam. Permainan atau pertunjukan wayang ini dapat ditemui pada acara adat jawa atau bali.

10. Wbtb Pendidikan dan Pelatihan Batik

pelatihan membatik
pelatihan membatik (img via kompas)

Perkembangan batik tidak hanya sekedar baju kemeja batik tulis yang umum nya kita pakai saat kerja misalnya. Saat ini fashion batik pun sudah mendunia dan menjadi salah satu warisan budaya tak benda Indonesia kategori kemahiran, kerajinan khas tanah air.

B. Warisan Budaya Dunia yang ada di Indonesia

Berikut nya kita akana membahas warisan budaya, bangunan bersejarah yang di akui oleh dunia Internasioanal.

11. Candi Borobudur

Bangunan Bersejarah Candi Borobudur Magelang
Bangunan Bersejarah Candi Borobudur Magelang (img via borobudurnews.com)

12. Candi Prambanan

Bangunan Bersejarah Candi Prambanan Yogyakarta
Bangunan Bersejarah Candi Prambanan Yogyakarta (img via cnnindonesia)

13. Situs Manusia Purba Sangiran

Sangiran
Sangiran (img via petabudaya.belajar.kemdikbud.go.id)

Situs Sangiran merupakan salah satu situs Manusia Purba yang terbesar dan terpenting di dunia. Situs Sangiran terdapat di Kabupaten Sragen dan Karanganyar.

14. Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto

Tambang Batubara Ombilin
Tambang Batubara Ombilin (duniatambang.co.id)

Mengutip laman wikipedia baunan satu ini merupakan bekas tambang batu bara di Kota Sawahlunto, tepatnya di lembah sempit di sepanjang Pegunungan Bukit Barisan, Sumatra Barat, Indonesia.

Dimasa kini sisa-sisa kejayaan tambang di Sawahlunto dikelola untuk menggerakkan roda perekonomian kota berbasis industri pariwisata warisan budaya.

15. Subak Bali

subak bali menjadi warisan budaya Indonesia
subak bali menjadi warisan budaya  Dunia Indonesia (img via kintamani.id)

Persawahan dengan Sistem Irigasi Tradisional Subak di Bali salah satu Warisan Budaya Dunia. Salah satu daya tarik wisatan yang populer di bali ialah sawah terasering. Subak adalah organisasi kemasyarakatan yang khusus mengatur sistem pengairan sawah (irigasi) yang digunakan dalam bercocok tanam padi di Bali, Indonesia.

C. Kota Kreatif dari Indonesia

Selain itu Indonesia juga terkenal dengan warisan budaya dalam bentuk Kota Kreatif seperti :

16. Kota Bandung

Kota kreatif bandung
Kota kreatif bandung (img via jabar.tribunnews.com)

Sudah tau belom kalau di Indonesia ada kota yang dinobatkan sebagai kota kreatif, Bandung merupakan kota kreatif dimana aktivitas kulturalnya menyatu dengan aktivitas ekonomi dan sosial.

Potensi kreativitas nya menjadikan Bandung terpilih menjadi “pilot project” kota kreatif se-Asia Pasifik. Komunitas kreatif merupakan elemen penting dalam mengembangkan kota kreatif.

17. Kota Ambon, Kota Musik

Ambon kota musik
Ambon kota musik (img via malukunews.com)

Akhir-akhir ini Ambon terus di dorong untuk menjadi ikon kota musik Dunia.

Setelah melalui proses, Ambon Music Office dan Pemerintah Kota Ambon mengajukan dokumen

tentang Ambon Kota Musik Dunia kepada Organisasi PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (UNESCO).

Dalam rangka Hari Kota Sedunia yang jatuh pada tanggal 31 Oktober, UNESCO telah menobatkan Ambon menjadi salah satu kota musik dunia.

BACA JUGA: Mengapa Ambon Dinobatkan Sebagai Ikon Kota Musik Dunia

18. Kota Pekalongan

Kaya akan Budaya pekalongan kota kreatif terkenal dengan batik Indonesia
Kaya akan Budaya pekalongan kota kreatif terkenal dengan batik Indonesia (google img)

Populer dengan karya kreatif Batik, siapa sih yang tidak tau kualitas batik Pekalongan.

D. Warisan Alam Dunia

Kekayaan alam yang melekat dengan kearifan lokal, menjaga dan melestarikan lingkungan berikut warisan alam yang diakui Dunia Internasional terdaftar di Unesco.

19. Hutan Hujan Tropis Sumatera

hutan tropis sumatera
hutan tropis sumatera (img via cnnindonesia)

Tahukah kalian, jika Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatra adalah tempat pelestarian bagi hutan hujan tropis di Sumatra

dan habitat dari beberapa spesies yang hampir punah.

Diantaranya ada spesies harimau sumatra, orangutan sumatra, gajah sumatra, dan badak sumatra yang merupakan spesies badak terkecil dan memiliki dua cula.

Semoga hutan ini tetap terjaga dan bisa diwariskan secara turn temurun.

20. Taman Nasional Lorentz

Satu-satunya Puncak di Indonesia yang Diselimuti Salju tanah Papua
Satu-satunya Puncak di Indonesia yang Diselimuti Salju tanah Papua (img via tirto.id)

Merupakan sebuah taman nasional yang terletak di provinsi Papua, Indonesia, aktivitas yang bisa dilakukan disini seperti Mendaki, Pariwisata berbasis budaya dan Pengamatan satwa liar.

Luas Taman Nasional Lorentz wilayah sebesar 2.505.600 Hektare.

21. Taman Nasional Ujung Kulon

Kawasan taman nasional Ujung Kulon
Ujung Kulon (img via liputan6)

Terletak di bagian paling barat Pulau Jawa, Indonesia.

Kawasan taman nasional ini pada mulanya meliputi wilayah Krakatau dan beberapa pulau kecil di sekitarnya, seperti Pulau Handeuleum dan Pulau Peucang dan Pulau Panaitan.

22. Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Pulau Komodo yang berada di Kab. Manggarai Flores Nusa Tenggara Timur Indonesia.
Taman Nasional Pulau Komodo yang berada di Kab. Manggarai Flores Nusa Tenggara Timur Indonesia.

Selain terkenal dengan spot wisata Labuan Bajo NTT Kupang juga populer dengan Taman Nasional Komodo.

Kawasan yang terletak di daerah administrasi Provinsi Nusa Tenggara Timur ini terdiri atas tiga pulau besar Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar.

Baca Juga : 10 Destinasi Eksotis Wisata Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur

Luas wilayah darat taman nasional ini 603 km² dan wilayah total adalah 1817 km².

refernsi bacaan: situs Kemendikbud, situs UNESCO, Wikipedia.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 comments