6 Model Pakaian Adat Betawi DKI Jakarta, Penjelasan dan Gambar

  • Whatsapp
6 Wujud Pakaian Adat DKI Jakarta, Penjelasan dan Gambar

Trend pakaian adat semakin populer di tanah air, mungkin karena Bpk.Presiden Jokowidodo yang kerap mengenakn Pakaian Tradisional khas berbagai daerah pada acara resmi Pemerintahan, baru-baru ini Pak Jokowi mengenakan Pakaian adat Pangsi dari Banten di salah satu acara resmi pemerintahan. Merujuk pada kepopuleran busana tradisional kami akan membahas 6 model atau wujud pakaian adat dari DKI Jakarta khas suku Betawi.

 

Read More

1. Pakaian Adat Sadariah DKI Jakarta

Mengenal ragam baju tradisional betawi DKI Jakarta
Mengenal ragam baju tradisional betawi DKI Jakarta (img via idntimes.com)

Biasanya untuk pengembangan pariwisata dari satu daerah jenis baju yang diangkat atau di promosikan tidak hanya satu. Contoh lain bisa dilihat pada artikel kami pada postingan sebelumnya “Jenis pakaian adat dari sumatera utara berdasarkan sub suku“.

Bentuk busana sadariah betawi pria dan wanita
Ilustrasi busana sadariah betawi pria dan wanita (img via harapanrakat.com)

Nah kembali ke pembahasan Pakaian Adat Provinsi DKI Jakarta, Baju Sadariah merupakan nama baju resmi tradisional betawi yang dipakai oleh kaum laki-laki sementara untuk perempuan bernama Baju Kurung.

1.1 Baju Tradisional Sehari-hari Khas Betawi

Busana sehari-hari tradisional betawi untuk pria adalah Baju koko (Sadariah) dan Celana batik, pelengkap ada sarung dan Peci.

Sementara busana keseharian untuk wanita ialah baju kurung berlengan pendek, bawahan ada kain sarung batik serta mengenakan kerudung berupa selendang yang dikenakan pada kepala.

Umum nya baju adat yang menjadi perwakilan resmi ikon dari provinsi kalau tidak salah hanya satu baju tradisional saja sebagai salah satu identitas dari daerah tersebut. Baiklah teman-teman biar lebih kenal dan familiar dengan keberagaman busana tradisional Betawi berikut jenis lainnya.

2. Pakaian Tradisional Demang Khas Betawi

Gamabr Baju Tradisional Demang Khas Betawi
Gamabar: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Mengenakan Baju Tradisional Demang Khas Betawi (img via jakarta.suara.com)

Berikut yang kedua ada Busana tradisional Demanag, merupakan jenis lainnya dari pakaian adat DKI Jakarta khas masyarakat Betawi yang dikenakan pria.

Jenis busana ini biasanya dikombinasikan dengan memakai kain ujung serong atau kain dengan panjang tidak sampai lutut, yang dibentuk menyerong di pinggang.

Penggunaan baju tradisional ini bisa dipakai saat acara formal Betawi seperti pernikahan, acara kebudayaan, rapat tokoh adat dan lain sebagainya sesauai peruntukannya.

Sepasang baju demang untuk pria biasanya mengenakan beskap untuk bajunya, songkok atau peci untuk penutup kepala, dilengkapi kain samping untuk lapisan atas celana panjang, warna celana panjang seragam dengan warna beskap. Kemudian untuk Demang yang dikenakan wanita perpaduan Kebaya dengan bawahan kain motif batik khas masyarakat Betawi.

3. Baju Adat Model Kebaya Encim Betawi Jakarta

Gamabr Baju Tradisional Kebaya Encim
Gamabr Baju Tradisional Kebaya Encim (img via kompas.com)

Kebaya Encim memiliki ciri khas pada bordir, lipatan baju ditengah tubuh, serta menggunakan bahan tenun dan panjang hingga ke bawah pinggul.

Seiring berjalannya waktu baju ini mengalami modifikasi dan perubahan pola. Saat ini baju khas ini disebut dengan kebaya model encim yang khas dari masyarakat Betawi.

4. Model Busana Pangsi Masyarakat Betawi

Gambr Baju Pangsi Betawi
Gambr Baju Pangsi Betawi (googleimg)

Baju Pangsi merupakan salah satu pakaian adat dari Indonesia, bentuk nya berupa baju kemeja polos yang agak longgar serta ukuran celana yang juga longgar dan panjangnya tidak melebihi mata kaki.

Secara umum busana tradisional ini dipakai oleh laki-laki selain betawi terdapat Suku Betawi, Baduy dan Suku Sunda yang memiliki baju pangsi dengan keunikan dan cirikhas masing-masing.

4.1 Ciri Khas Pangsi Betawi

Pembeda pangsi Sunda dengan pangsi Betawi ini terdapat pada gaya pangsi betawi khas modelnya.

Merupakan baju tanpa kancing dengan jahitan polos, walaupun pada saat ini sudah banyak di buat pangsi betawi yang menggunakan kancing.

Warna baju pangsi Betawi tidak selalu hitam seperti pangsi Sunda,variasi warna pangsi betawi yang sering dipakai oleh masyarakat Betawi antara lain hitam, merah, dan putih.

5. Model Pakaian Adat Betawi Untuk Pernikahan

baju adat pernikahan betawi jakarta
baju adat pernikahan betawi jakarta (img via idntimes.com)

Mengutip laman wikipedia Dandanan Care Haji dan Dandanan Care None Pengantin Cine ialah tata cara mengenakan pakaian adat yang berasal dari DKI Jakarta untuk pengantin pria dan wanita.

5.a Dandanan Care Haji (Pria)

Busana yang dikenakan pengantin laki-laki saat pernikahan terdiri dari jubah berwarna cerah dengan penutup kepala yang terbuat dari sorban berwarna emas dgn aksesoris manik-manik.

5.b Dandanan Care None Pengantin Cine (Wanita)

Merupakan dandanan busana pengantin wanita dengan pakaian atas menggunakan blus cerah dari bahan satin.

bawahan memakai rok berwarna gelap (Kun), serta sebagai aksesoris yangdikenakan kepala seperti mahkota menggunakan kembang goyang bermotif burung hong dengan sanggul dan cadar.

Aksesoris yang digunakan oleh wanita pada baju pengantin ialah:

Tuaki : Baju bagian dengan duapilihan model yaitu model shianghai (Cina), dan model baju kurung (Melayu). Baju ini berbahan polos dengan motif hiasan emas, manik-manik diujung lengan, bagian dada dan bawah baju.

Teratai : yaitu perhiasan penutup dada dan bahu. Terbuat dari bahan beludru bertatahkan hiasan logam pada permukaannya dengan motif bunga tanjung.

Kun: Pakaian rok yang dikenakan pengantin wanita melebar ke bawah dengan panjang sampai ke mata kaki memiliki warna yang sesuai dengan tatahan motif pada tuaki.

Sanggul Dikenakan pada rambut disebut juga Konde Cepol tanpa sasakan dengan membentuk 3 tingkat lingkaran yang dipadatkan dengan tusuk konde.

Siangko bercadar : hiasan bagian atas yang melambangkan kesucian seorang gadis. Siangko bercadar ini, terdapat pula sigar atau mahkota dengan motif bunga-bunga kombinasi hiasan permata.

Hiasan burung hong (Phoenix) : dikenal dengan sebutan kembang besar atau kembang gede yang berjumlah 4 buah.

Kembang goyang : berjumlah 20 buah, hiasan rambut bersama dengan 2-4 buah kembang kelapa yang dipasang di kiri dan kanan sanggul serta dilengkapi juga dengan sunting atau sumping telinga.

Kalung tebar, perhiasan yang dipakai melingkar leher di atas teratai Betawi. Aksesoris pelengkap lainnya sperti gelang, cincin dan selendang tidak lupa selop alas kaki.

6. Fesyen Berbasis Pakaian Adat Betawi

Gambar Fesyen Berbasis Budaya Betawi
Gambar Fesyen Berbasis Budaya Betawi (img: photographer Yulianto via celebrities.id)
fesyen pakaian adat Betawi DKI Jakarta
fesyen pakaian adat Betawi DKI Jakarta (img via detik.com)

Yang menarik dan unik dari busana tradisional ialah ketika disentuh oleh desainer profesional maka tampilan dari busana akan tampak berbeda dan lebih menarik dan berstyle modern dan kekinian. Tentunya harga busana standar fashion show akan sedikit mahal gaes hehehe.

Kenali ragam pakaian adat atau busana tradisional dari seluruh indonesia yang telah kami posting sebelumnya “34 jenis pakaian adat Indonesia“.

7. Model Kain Tenun Songket Betawi

tenun songket betawi
tenun songket betawi (img via beritasatu.com)

Jika teman-teman sedang berlibur di Jakarta jangan lupa membeli kain songket tenun khas Betawi.

Oleh-oleh yang bisa dijadikan bahan untuk membuat baju jadi teman-teman memiliki pakaian unik berbasis kearifan lokal.

Akhir Kata

Nah demikian gaes yang bisa kami informasikan terkait bentuk atau wujud keberagaman pakaian tradisional khas Betawi.

semoga bermanfaat dan dapat difahami agar semakin mengenal pakaian adat Betawi.

Jika ada kekurangan dan kesalahan dalam penulisan mohon dikoreksi demi kemajuan situs ini, termimakasih.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *