7 Jenis Pakaian Adat Papua, dari Koteka Hingga Fesyen Modern

  • Whatsapp
7 Jenis Pakaian Adat Papua, dari Koteka Hingga Fesyen Modern

Jika pakaian adat paling ujung sabang Banda Aceh populer dengan Linto Baro, makan dari ujung timur Merauke Papua khas dan populer dengan pakaian tradisional Koteka. Perlu anda ketahui Pakaian adat khas papua bukan hanya koteka saja loh gaes akan tetapi ada tenun tradisional dari daun sagu kering yang unik dan berkarakter.

Sekilas Tentang Papua, Wilayah dan Suku

Luas wilayah 420.540 km, Pada tahun 2004, disertai oleh berbagai protes, Papua dibagi menjadi dua provinsi oleh pemerintah Indonesia bagian timur tetap memakai nama Papua sedangkan bagian baratnya menjadi Irian Jaya Barat yang sekarang menjadi Provinsi Papua Barat.

Read More

Mengutip laman situs Papua.go.id Kelompok suku asli di Papua terdiri dari 255 suku, dengan bahasa yang masing-masing berbeda. Suku-suku tersebut antara lain:

  • Ansus
  • Amungme
  • Asmat
  • Ayamaru, mendiami daerah Sorong
  • Bauzi
  • Biak
  • Dani
  • Empur, mendiami daerah Kebar dan Amberbaken
  • Hatam, mendiami daerah Ransiki dan Oransbari
  • Iha
  • Komoro
  • Mee, mendiami daerah pegunungan Paniai
  • Meyakh, mendiami Kota Manokwari
  • Moskona, mendiami daerah Merdei
  • Nafri
  • Sentani, mendiami sekitar danau Sentani
  • Souk, mendiami daerah Anggi dan Manyambouw
  • Waropen
  • Wamesa mendiami daerah sebelah selatan Teluk Wondawa ( wandamen )
  • Muyu
  • Tobati
  • Enggros
  • Korowai

Kembali ke pembahasan busana tradisional khas yang dikenakan masyarakat papua, berikut 7 jenis baju adat Papua yang unik dan berkarakter.

1. Busana Tradisional Untuk Pria Papua ada Koteka

bentuk dan model koteka papua
Bentuk dan model koteka papua (img via akuratpapua.com)

Yang paling umum kita ketahui busana khas dari papua adalah koteka.

Busana koteka yang khas di gunakan masyarakat papua sebagai busana untuk menutupi bagian penting pada si pria. Ternyata nama koteka sendiri memiliki sebutan lain juga gaes yakni hilon, harim, atau bobbe.

Pada pemakaian harian aksesoris tambahan pada busana ini ada pengikat kepala dan tas rajut khas papua dan senjata tradisional seperti panah.

a. Bagaimana Cara Membuat Koteka?

labu air untuk koteka papua
labu air untuk koteka papua (img via pertanianku.com)

Koteka terbuat dari bahan tanaman jenis sayuran gaes yaitu labu air.

didaerah lain labu air ini juga di jadikan sebagai tempat minuman atau arak, namun bentuk nya yang agak bulat seperti tabung.

Untuk koteka yang digunakan di tanah papua menggunakan labu air yang bentuk nya memanjang sesuai fungsinya agar cocok digunakan sebagai busana tradisional.

Jenis labu air yang sudah tua memiliki kulit keras bisa di jadikan koteka, dengan cara membuang bagian dalam biji buah dan daging hingga tinggal kulit nya saja. Setelah kering dan keras barulah koteka siap digunakan.

b. Makna dan filosofi terkandung pada busana Koteka

Apakah keunikan dan makna yang bisa kita pelajari dari busana koteka ini?

Sebagai informasi tambahan penggunaan pakaian adat koteka memiliki nilai filosofi atau makna. Semakin tinggi kedudukan pria secara adat, maka ukuran koteka yang dikenakan juga semakin besar.

Keunikan lain terdapat pula modifikasi atau custom yang dilakukan suku Tiom yang menggunakan dua buah labu air untuk membuat koteka.

Bentuk labu juga memiliki makna dan tujuan tersendiri. Bagi lingkungan masyarakat adat Suku Dani, bentuk koteka menandakan kelas sosial pemakainya. Koteka yang berbentuk melengkung hanya dikenakan orang-orang yang punya pengaruh dalam masyarakat.

2. Pakaian Adat Rok Rumbai

Pakaian adat papua rok rumbai berbahan sagu
Pakaian adat papua rok rumbai berbahan sagu (googleimg)

Jenis busana Rok rumbai adalah padanan set dari baju kurung yang dipakai oleh kaum Wanita. Bahan membuat Rok ini menggunakan daun sagu kering dan dipakai untuk menutupi tubuh bagian bawah.

Berbeda dengan pria, rok rumbai yang dipakai oleh pria tidak menggunakan pakaian atasan baju kurung yang biasanya dipakai perempuan melainkan rok rumbai saja.

Beberapa kelompok etnis papua yang masih menggunakan rok rumbai antara lain Yapen, Enjros, Biak Numfor, Nafri, Tobati, dan Sentani.

a. Spesifikasi Details Rok Rumbai

Merujuk gambar diatas, rok rumabi dilengkapi beberapa aksesoris

  • Jenis aksesoris yang digunakan seperti, ikat kepala yang unik, kalung dan gelang.
  • Semakin berkarakter dengan pola atau semacam tato / Body Painting yang berwarna putih yang di tulis di badan pria dan wanita.
  • Khusus wanita rok rumbai di padankan dengan baju kurung untuk bagian atasan.

3. Baju Kurung Papua yang Unik

model baju kurung papua
model baju kurung papua (img via bukalapak)

Jenis pakaian adat ketiga ada Baju kurung. Merupakan pakaian adat Papua untuk perempuan dikenakan pada atasan menggunakan kain beludru. Dapat ditemui di masyarakat yang tinggal di Papua Barat.

Model Pakaian adat yang satu ini agaknya sudah mendapatkan pengaruh dari budaya luar. Biasanya dipakai oleh masyarakat di sekitar Manokwari dan papua barat. Fungsi pakaian ini bisa untuk dipakai pada kegiatan adat dan lainnya.

Aksesoris pelangkap baju kurung dipadukan dengan rok rumbai juga hiasan rumbai bulu pada tepi leher, lengan, atau pinggang.

tambahan aksesori gelang dan kalung yang terbuat dari biji-bijian keras. Untuk melengkapi penampilan, tak lupa pula penutup kepala dari bulu burung kasuari.

4. Baju Sali Khas Papua

Pakaian adat Sali dari tanah Papua
Pakaian adat Sali dari tanah Papua (gogoleimg)

Pakaian Sali adalah salah satu dari busana resmi dan mewakili identitas pakaian adat Provinsi Papua. Biasanya Sali ini juga sepaket dengan Noken tas rajut.

Terbuat dari kulit pohon, digunakan oleh perempuan muda Papua, semakin unik dengan tambahan aksesoris ikat kepala.

a. Ciri Khas Baju Sali

Lebih tertutup dengan tenun rajut berbahan alami kulit pohon.

Dalam keseharian pada masyarakat papua bagian belakang terdapat Noken yang berfungsi sebagai tas disebut storage belanja kalau era modern sekarang, diperkotaan aja baru-baru ini tanpa plastik. Dipapua dari dulu mereka menggunakan noken sebagai tempat barang bawaan.

Informasi tambahan Noken merupakan warisan budaya Indonesia yang di akui dunia Internasional terdaftar di UNESCO.

5. Pakaian Adat Papua Kain Rumput

busana kain rumput papua
busana kain rumput papua (img via detik)

Berasal dari Sorong Selatan yang bisa di pakai oleh pria dan wanita, walau sudah mendapat sentuhan modern baju tradisional ini tetap unik dan berkarakter khas papua.

Bahan yang digunakan untuk mebuat pakaian ini adalah bagian pucuk daun sagu yang sudah dikeringkan.

6. Pakaian Yokal Papua

Baju yokal papua untuk perempuan
Baju yokal papua untuk perempuan (img via seringjalan.com)

Desain baju tradisional ini hampir mirip dengan busana rumbai gaes, namun Yokal merupakan pakaian adat Papua yang dibuat untuk kaum perempuan yang telah menikah.

Busana Yokal memiliki warna cokelat kemerahan. Yokal bisa ditemukan dengan mudah di daerah pedalaman Papua dan sarat dengan makna kedekatan dengan alam.

7. Fesyen Modern Berbasis Pakaian Adat Papua

Seiring perkembangan jaman dan kecintaan terhadap warisan budaya agar tetap terjaga namun bisa tampil modis dan kekinian, berikut beberapa gambar baju adat yang telah di desain menjadi fashion modern.

kebaya modern fashion berbasis busana tradisional dari Papua
kebaya modern fashion berbasis busana tradisional dari Papua (Kebaya Papua di tangan Vera Kebaya img via detik (Foto: Moh. Abduh/Wolipop).

Tidak tanggung-tanggung busana fesyen ini sudah menjelajah ke Dunia Internasional gaes, berukut contoh fesyen modern dari papua yang go Internasional sekelas London Fashion Week.

busana modern berbasis pakaian adat papua
busana modern berbasis pakaian adat papua, Rajutan Papua karya desainer Indonesia melenggang di panggung London Fashion Week 2019. (Foto: Dok. Yurita Puji via liputan6.com)

Dengan sentuhan desainer profesinal busana adat papua tampak anggun dan mewah melenggak-lenggok diatas runway 🙂 bagaimana menurut kalian ? sudah faham kalau jenis busana papua ternyata se Indah itu, ya kalian jangan bandingkan dengan baju tradisional koteka lah, koteka itu kan keunikan nya yang tersohor hingga keluar negeri.

Akhir Kata

Masih belum puas dengan rangkuman busana dari tanah papua diatas ? silahkan baca 34 jenis busana adat Indonesia dari semua Provinsi. Demikian yang dapat kami informasikan semoga bermanfaat.

Jika ada kekurangan dan kesalahand alam penulisan mohon di koreksi demi kemajuan situs ini, terimaksih.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada kerabat terdekat anda agar mereka juga mengetahui dan mengenal budaya papua.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *