7 Jenis Tari Topeng, Sejarah, Filosofi , Gambar dan Video

  • Whatsapp
6 Jenis Tari Topeng, Sejarah, Filosofi , Gambar dan Penjelasan

Dalam seni tradisional dan hiburan, bangsa Indonesia telah mengembangkan wayang kulit, berbagai jenis tarian tradisional tari topeng, juga orkestra gamelan dan ragam budaya lainnya. Pembahasan kali ini kita akan mempelajari tentang seni tari topeng, sejara mulanya dan perkembangannya hingga masa kini.

 

Read More

Sejarah dan Asal Usul Tari Topeng

Tarian tradisional dengan mengenakan Topeng merupakan jenis tarian yang telah ada di dunia sejak zaman pra-sejarah. Secara luas dalam pementasan nya digunakan dalam tari yang menjadi bagian dari upacara adat atau visualisasi dari cerita-cerita kuno dari para leluhur.

Dari berbagai sumber yang kami baca seperti Gramedia.com, Tari topeng sudah ada sejak abad ke 10 Masehi. Seni tari ini kemudian berkembang pada abad ke 10 hingga ke 16 Masehi. Saat itu adalah masa pemerintahan Prabu Panji Dewa. Beliau adalah Raja Jenggala yang ada di Jawa Timur.

Kemudian seiring berjalannya waktu, tari topeng mulai menyebar ke beberapa daerah seperti Jawa Barat. Salah satunya adalah daerah Cirebon.

Makna dan Filosofi Terkandung pada Tari Topeng

Dahulunya, kesenian pertunjukan tari topeng hanya dilakukan di lingkungan keraton saja. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, dimasa kini tarian tersebut juga sering digelar untuk masyarakat umum sebagai sarana hiburan.

Merujuk pada sejarah dan perjalanan tari topeng, tarian ini juga digunakan sebagai media penyebaran agama Islam. Oleh karena itu, tari ini dikemas menjadi sebuah pertunjukan yang mengandung nilai filosofis dan juga lebih berwatak.

Pengemasan tarian ini bertujuan untuk menggambarkan ketakwaan manusia dalam beragama. Pun sebagai contoh sifat serta perilaku manusia, yaitu:

  1. Makrifat atau Insan Kamil merupakan tingkatan tertinggi di kehidupan manusia dalam beragama dan sudah sesuai dengan syariat agama.
  2. Hakikat merupakan sebuah gambaran tentang manusia berilmu. Sehingga mereka sudah memahami tentang hak seorang hamba dan Tuhan Sang Pencipta.
  3. Tarekat merupakan penggambaran manusia yang sudah hidup dan menjalankan agamanya dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Syariat merupakan gambaran manusia yang telah memasuki dan juga mengenal ajaran Islam.

Mengutip laman Wikipedia diyakini bahwa topeng berkaitan erat dengan roh-roh leluhur yang dianggap sebagai interpretasi dewa-dewa. Bisa kita perhatikan juga pada bentuk dan ukiran topeng yang menggambarkan atau makna tertentu. Pada beberapa suku, topeng masih menghiasi berbagai kegiatan seni dan adat sehari-hari.

Cerita klasik Ramayana dan cerita Panji yang berkembang sejak ratusan tahun lalu menjadi inspirasi utama dalam penciptaan topeng di Jawa. Dalam pementasan tarian topeng bisa menceritakan kisah-kisah klasik tersebut.

Bentuk Visual Tari Topeng

Unik nya tari topeng Indonesia
Unik nya tari topeng cirebon Indonesia (img via kikomunal-indonesia.dgip.go.id)

Secara visual gambar tari topeng tampak unik dan berkarakter, khas dengan topeng tentunya, mengamati gambar diatas terlihat tarian ini dimainkan secara individu dan juga group. Selain identik dengan topeng tarian ini juga khas dengan busana tradisional sebagai mana kita ketahuia beberapa daerah di jawa memiliki tarian topeng, jadi busana tradisonal yang digunakan menyesuaikan baju adat daerah setempat.

Jenis atau ragam tari topeng berdasarkan daerah atau wilayah penyebaran tari topeng Indonesia seperti ada khas dari Jawa dan Bali juga daerah lainnya akan dijelaskan dibawah ini.

1. Tari Topeng Cirebon

Salah satu jenis tarian topeng khas Jawa Barat Cirebon yakni Tari Topeng Losari yang sudah Go Internasional. Dalam tradisi agraris masyarakat Pantura Jawa Barat tari ini juga berfungsi sebagai ritual untuk mensyukuri tibanya musim panen atau perayaan desa.

Baca Juga: 20++ Ragam Warisan Budaya Indonesia yang Diakui Dunia Internasional

2. Topeng Bali

Dari Denpasar Bali jenis tari topeng yang bisa kita lihat seperti dalam video oleh Sanggar Kayon Pajeng ini yaitu Tari Topeng Sidhakarya.

3. Tari Topeng Malang

4. Topeng Reog

5. Tarian Topeng Ireng

6. Tari Topeng Betawi

7. Tari Topeng Dayak

Mengutip dari chanel Yt Muhammad Isnaeni, terkait Pegelaran Tarian suku Dayak Bahau ini diadakan setiap tahun silahkan tonton video yang kami lampirkan berikut ini.

Akhir Kata

Pada contoh diatas kami contohkan 7 jenis aja dulu ya gaes. Demikian informasi tentang keunikan dan keberagaman tari topeng yang ada di Indonesia semoga dapat di pahami dan berguna bagi nusa dan bangsa.

BACA JUGA: Visualisasi Tarian Tradisional Jaran Goyang Jawa Timur

Jika ada kekurangan atau kesalahan dalam penulisan mohon dikoreksi ya gaes demi kemajuan situs ini.

Sumber Referensi:

  • gramedia.com/literasi/tari-topeng
  • id.wikipedia.org/wiki/Tari_Topeng_Cirebon
  • Youtube.com
  • id.wikipedia.org/wiki/Tari_Topeng

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *