7 Tari Tradisional Sumatera Utara yang Penuh Makna

  • Whatsapp

Sejauh ini tarian secara umum Tortor menjadi salah satu ikon budaya dan populer yang berasal dari Sumatera Utara, keunikan dan keberagaman tarian tradisional yang dapat dijumpai di sumatera utara diantaranya Tarian tradisional Batak Toba, tari Simalungun, tari khas Karo dan lain sebagainya.

Mengingat ragam suku Batak sub-etnis di tanah sumatera utara seperti batak karo, toba, simalungun, Nias melayu, Pakpak, Dairi yang memiliki tarian khas tersendiri makan berikut beberapa diantaranya jenis tarian tradisional yang bisa ditemui di sumatera utara.

Read More

Secara khusus menurut fungsi dan maknanya jenis tarian tortor yang berasal dari sumatera utara oleh suku Batak dibagi lagi menjadi beberapa jenis seperti:

  • Tortor untuk acara duka (pemakaman);
  • Tortor Adat Pernikahan;
  • Jenis Tortor Acara Hiburan Muda-Mudi;
  • Tortor Upacara Adat Sakral untuk Leluhur (Seperti Pesta Tugu);
  • Ragam Tortor Festival Kebudayaan dan Acara Pemerintahan.

Sefesifik pembahasan tortor silahkan baca postingan kami sebelumnya “6 jenis tarian tortor adat suku Batak“.

1. Tarian Tortor Somba Batak Toba

Tortor Somba Tarian Tradisional Batak Toba
Tortor Somba Tarian Tradisional Batak Toba (img via youtube.com)

Mengapa mimin sebut ini tortor somba tarian tradisional dari batak toba, jadi merujuk pada jenis baju adat Sumatera Utara tarian pada gambar merupakan busana tradisional batak Toba. Akan berbeda dengan busana tradisional dari Batak Karo dan Simalungun. Sebagaimana kita ketahui dalam lagu tradisional dan tarian tradisional juga tak lepas dari pakaian tradisional yang dikenakan.

2. Tarian Tortor Mangelek Batak Simalungun

Contoh tarian simalungun
Contoh tarian simalungun (ilustrai img via Sindonews)

Salah satu contoh nama tarian tradisional dari Batak Simalungun adalah, tortor mangelek tondong biasnya dipentaskan saat acara pernikahan.

Cirikhas dari Batak Simalungun ialah, bahasa dalam lagu tradisional serta busana tradisional yang dikenakan seperti penutup kepala Wanita disebut Bulang sedangkan penutup kepala Pria disebut Gotong. Sangat berbeda dengan Toba dan Karo.

Perlu diketahui tortor somba juga ada di daerah simalungun, somba ini menganduk artian semacam penghormatan.

3. Tortor Batak Karo, tari tradisional sumatera utara

Suku Karo sendiri memiliki khas pada busana tradisional yang dikenakan saat menampilkan berbagai macam tarian tradisional. Keunikan pada penutup kepala oleh penari wanita lebih besar dan berkarakter khas Karo.

Lagu pengiring dalam tarian ini juga berbeda dengan lagu daerah Toba dan Simalungun serta dari Nias juga Melayu.

4. Tarian Tradisional Nias

Khas dengan busana tradisional Nias dan lagu khas suku nias dalam seni pertunjukan tarian tradisional Batak Nias Sumatera Utara, selengkap nya bisa tonton video dibawah ini.

5. Tarian Melayu Medan, Tajuk Rindu

Suku melayu medan merupakan penduduk yang ada di sumatera utara selain suku Batak tentunya, keberagaman tarian tradisional khas dengan busana adat melayu. Seperti apa alunan dan irama lagu dan tarian melayu medan simak videonya.

6. Tarian Batak Pakpak/ Dairi , tari tradisional sumatera utara

Masih jelas tampak cirikhas pada busana tradisional nya sepertinya paling mudah membedakan ya dari kostum nya gaes, jika penutup kepala seperti pada wanita yang mengerucut keatas dan identik dengan ulos hitam maka budaya ini dari sub suku batak Pakpak atau Dairi.

Jadi saat melihat tarian dengan busana tradisional seperti ini maka itu adalah jenis tari tradisional pakpak, silahkan putar videonya nya.

7. Kreasi Tari Mandailing

Kreasi tari mandailing tari tradisional sumatera utara
Kreasi tari mandailing (img via youtube.com)

Berikut kita perhatikan lagi dengan seksama busana tradisional pada tarian Mandailing ini, selalu khas dengan penutup kepala yang dikenakan. Jenis tari Endeng-endeng dapat dikategorikan sebuah perpaduan tarian dan pencak silat. Tradisi ini lazimnya dilakukan masyarakat yang sedang menggelar pesat khitanan atau sunat rasul bisa juga malam pesta perkawinan oleh masyarakat setempat.

Makna tari ini cerminan semangat dan ekspresi gembira masyarakat sehari- hari. Tari endeng-endeng merupan tari tradisi yang berasal dari daerah Tapanuli Selatan.

Akhir Kata terkait Tari Tradisional Sumatera Utara

Melansir dari kutipan wikipedia penduduk sumatera utara juga terdiri dari sub-etnis Batak Angkola namun mimin belum menemukan contoh tarian tradisional nya di Youtube, sehingga masih mencari referensi dulu, nanti jika sudah ada kami pelajari dan kami update lagi.

Perlu diketahui juga setiap jenis tarian dari daerah sumatera ini menganduk makna

dan ada pesan yang disampaikan melalui erakan tarian tersebut, sesuai adat pada daerah setempat, bisa juga sebagai media komunikasi.

Itulah jenis tarian tradisional sub suku batak dan melayu Sumatera Utara yang bisa kami informasikan semoga bermanfaat dan berguna bagi nusa dan bangsa.

jangan lupa share ya gaes, agar budaya dan kekayaan tradisi yang ada di sumatera utara tetap terlestarikan dari generasi ke generasi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment