Alat Musik Sukong Betawi dalam Kesenian Gambang Keromong

  • Whatsapp
Alat Musik Sukong
Alat Musik Sukong

Alat Musik Sukong Betawi – Salah satu tradisi unik berbasis kearifan lokal yang khas di Betawi ialah Ondel – Ondel dan Alat musik tradisional sukong biasanya digunakan untuk mengiringi kesenian Betawi seperti ondel-ondel dan pementasan lenong. Dalam artikel ini anda akan mengetahui bagaimana alatmusik sukong dimainkan, bentuk dan suara resonansi sukong.

1. Tentang Alat Musik Sukong

Pada kesenian gambang keromong juga dilengkapi dengan alat musik asli nusantara lainnya seperti gambang dan kecrek serta beberapa alat musik tradisional lainnya saat pementasan berlangsung nah sukong ini salah satu nya yang berperan dalam bunyi melodai yang di gesek.

Kebudayaan Betawi merupakan akulturasi dari berbagai budaya di Nusantara hal ini terlihat dari ragam kesenian Betawi yang memiliki keunikan tersendiri.

Alat Musik Sukong
Alat Musik Sukong (img via indonesiakaya.com)

Terlihat pada gambar bentuk alat musik sukong mirip seperti alat musik arab namun ukuran sukong lebih minimalis dan memiliki dua untai dawai.

Pada bagian body alat musik sukong terbuat dari batok kelapa.

Sedangkan busurnya terbuat dari batang pohon yang elastis lalu rambut yang biasa dipakai dalam busur menggunakan rambut ekor kuda jantan yang berwarna putih keemasan.

BACA JUGA:

2. Harga alat musik sukong

Kami mencoba mencari dan menelusuri berapa sih harga alat musik sukong di jual di pasaran dalam hal ini kami merujuk ke toko online milik tokopedia, ternyata harganya variatif mulai dari 200rb hingga 800 ribu rupiah.

Harga alat musik sukong
Harga alat musik sukong

Nah jika kalian tertarik memainkan alat musik ini silahkan order di toko online kesukaan anda ya gaes.

3. Cara Memainkan Sukong

Sedikit informasi cara memainkan sukong yakni dengan cara di gesek berperan sebagai melodi dalam sebuah pentas musik hampir miri seperti alat musik gese Biola ya gaes.

Mengutip laman kebudayaan kemendikbud, Oleh masyarakat Betawi gambang kromong difungsikan sebagai sarana penyemarak upacara adat dalam rangka lingkaran hidup seseorang (perkawinan, nazar, dan sunatan).

Dalam pementasannya, kesenian yang lahir sebagai bentuk dari pemuasan kebutuhan manusia akan rasa keindahan ini digunakan sebagai pengiring teater lenong, tari cokek, dan hiburan khas Betawi lainnya.

3.1 Pementasan Gambang Kromong

Saat pementasan gambang kromong betawi disinilah sukong ikut serta dimainkan, Menurut Rojali (seniman gambang rancag), lagu gambang kromong hanya terdiri dari dua jenis, yaitu: lagu dalem dan lagu sayur.

Lagu dalem adalah lagu yang masih kental dengan nuansa musik Tionghoa. Jenis lagu ini umumnya dibagi menjadi tiga bagian, yaitu: phobin, musik dan vokal, lalu diakhiri dengan lopan. Komposisinya dapat berupa phobin – musik dan vokal – lopan atau phobin-musik dan vokal-phobin. Irama phobin dan lopan yang sama dapat dimainkan untuk mengiringi lagu yang berbeda. Phobin merupakan intro atau musik pengantar berdurasi pendek sebelum suara vokal masuk (kemendikbud).

4. Akhir Kata pada Alat Musik Sukong Kebudayaan Betawi

Semoga kalian bia mengerti dan memahami tulisan tentang alat musik Sukong ini.

jadi poinnya ialah dalam seni pentas musik gambang kromong salah satu alat musik yang dimainkan ialah Sukong. Jangan lupa share artikel ini kepada kerabat terdekat anda agar mereka tahu dan faham tentang kebudayaan Betawi.

Alat musik lainnya: Mengenal 10 jenis alat musik tradisional Bali

Jika ada kesalahan dalam penulisan kami mohon saran dan masukannya pada kolom komentar dibawah ini, dan terimakasih.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *