15 Alat Musik Tradisional Betawi DKI Jakarta, Penjelasan & Gambar

  • Whatsapp
15 Alat Musik Tradisional Betawi DKI Jakarta

Keberagaman warisan budaya yang dapat ditemui di DKI Jakarta oleh suku Betawi diantaranya, Rumah Adat, Pakaian Adat, Tradisi Unik, Musik Tradisional dan lain sebagainya. Pembahasn kali ini akan menggali jenis alat musik tradisional Betawi dan cara memainkannya. Lalu apa saja nama alat musik tradisional yang bisa di temui di Jakarta?

Sebelum memposting daftar nama alat musik betawi Jakarta ini, kami telah mendengarkan satu persatu bunyi atau nada yang dihasilkan lewat YT. Sehingga informasi yang disampaikan sesuai.

Read More

 

1. Alat Musik Tradisional Betawi Sukong

Alat musik gesek sukong betawi
Bentuk alat musik gesek sukong betawi (img via indonesiakaya.com)

Jenis Alat musik tradisional khas Betawi jenis yang satu ini sering ditemukan dalam pertunjukan musik tradisional Gambang Kromong.

Cara memainkan Sukong hampir sama seperti Biola yaotu di gesek, namun perlu keahlian khusus agar menguasai alat musik ini sehingga mengeluarkan irama yang indah.

BACA JUGA: Keunikan Pakaian Adat Betawi

2. Alat Musik Betawi Tanjidor

Jenis instrumen musik Terompet tiup namanya Tanjidor
Jenis instrumen musik Terompet tiup namanya Tanjidor (img via usagipoi.blogspot.co.uk)

Kesenian tradisional Tanjidor merupakan sebuah kesenian Betawi yang berbentuk orkes.

Kesenian suku betawi yang sudah dimulai sejak abad ke-19 atas rintisan Augustijn Michiels atau lebih dikenal dengan nama Mayor Jantje di daerah Citrap atau Citeureup.

Jenis alat musik yang digunakan biasanya sama seperti drumben, trompet dan lain sebagainya. Bentuk rompet bulat ini khas dalam musik tradisional betawi biasnaya ada tambahan seperti akordeon.

3. Instrumen Musik Tradisional Suling dalam Suku Betawi

Koleksi alatmusik tradisional Suling
Koleksi alatmusik tradisional Suling (img via jualo.com)

Sama seperti jenis suling lainnya, kuhusnya dalam genre lagu dangdut alat musik suling salah satu yang memiliki peran dalam menghasilkan irama khas dangdut. Dalam kesenian Betawi di kawasan jakarta juga banyak menggunakan suling dalam acara kebudayaan betawi.

Bahan maaterial suling ini menggunakan bambu pilihan dari segi ukuran dan ketipisa/tebal yang akan digunakan sebagai suling. Terapat lobang nada dibagian batang bamboo sebagai penghasil suara nada berbeda.

4. Kecrek, Satu Alat Musik Tradisional Betawi

Sering digunakan saat manggung Kecrek
Sering digunakan saat manggung Kecrek (img via shopee)

Bunyi yang dihasilkan suara alat musik ini sama seperti namanya yaitu cekrek, paling banyak digunakan pelaku seniman pengamen, biasanya nadanya simple dengan pengaturan ketukan. Cara memainkanya cukup dengan mengecrek-ecrek seperti di goyang atau dibantu tangan untuk mendapatkan goncangan pada printilan aluminium nya. Di kecrek terus sambil bernyanyi.

5. Alat Musik Tradisional Betawi lainnya, Gong

Terbuat dari kuningan alat musik Gong
Terbuat dari kuningan alat musik Gong (google img)

Bentuk gong di setiap daerah yaitu sama aja, namun namanya terkadang berbeda seperti alat musik tradisional dari sumatera utara missalnya, gong disebut Ogung.

Secara umum Gong digunakan dalam set instrumen musik tradisional seperti acara kebudayaan, pertunjukan seni tari daerah dan saat opening acara peresmian dengan memukul gong. Bentuknya seperti tutup panci ada benjolan ditengah yang menjadi titik pukul dalam menghasilkan suara. Terbuat dari logam atau bahan kuningan sehingga tahan karat.

6. Ningnong

Sejenis Gong namanya Ningnong
Sejenis Gong namanya Ningnong

Jenis instrumen musik ini bisa anda temu pada pertunjukan musik tradisional betawi Jakarta. Bentuk nya memiliki dua buah piringan tebal material logam, perunggu dan kuningan, ukuran ningnong kurang lebih berdiameter 10cm.

Saat dimain kan alat musik ditempatkan pada sebuah frame kayu seperti kompor gak sih, nah untuk menghasilkan suara tersedia pentungan untuk memukul.

7. Gendang

Gendang kulit lembu alat musik tradisional jakarta
Gendang kulit lembu alat musik tradisional jakarta (img via bukalapak)

Secara umum jenis gendang sama dengan gendang lainnya, cara memainkan nya pun sama dengan menggunakan tangan memukul sesuai irama yang diingikan. Keunikan gendang ini ialah suaranya yang berkarakter apalagi jika dimainkan berasma musik dangdut koplo terasa khas Musik asli Indonesia.

8. Gambang Kromong

Instrumen Musik Gambang Keromong
Instrumen Musik Gambang Keromong (img detik)

Semacam pertunjukan musik tradisional yang kental dengan kebudayaan daerah setempat. Contoh alat musik gambang kromong seperti su-kong, teh-hian, kong-a-hian, bangsing (seruling), gong, gendang, kecrek (pan), dan ningnong (sio-lo).

9. Tehyan

Unik dan berkarakter alat musik Tehyan
Unik dan berkarakter alat musik Tehyan (img via genpi)

Bagian set dari alat musik Gambang Keromong, suara alat ini seperti gesekan biola, mimin sendiri sudah mendengar nya di YT, jika dimainkan dengan duet akan menghasilkan irama dengan nada mantap. Cara memainkan tehyan dengan cara di gesek, namun bedanya dengan biola adalah posisi memainkannya berdiri tegak.

10. Trombon

Seperti terompet
Seperti terompet (googleimg)

Bentuknya yang unik dan khas alat musik Trombon merupakan alatmusik kategori tiup yang bunyinya berasal dari getaran bibir pada mouthpiece (corong). Nama trombon sendiri berasal dari bahasa Italia yaitu “tromba” yang artinya terompet dan “one” yang berarti besar.

Jenis alatmusik ini salah satu yang kerap digunakan oleh Betawi dalam seni pertunjukan kebudayaan atau hiburan dalam masyarakat.

11. Akordeon

Musik Betawi dengan Akordeon
Musik Betawi dengan Akordeon (img via setubabakanbetawi.com)

Selain Betawi ada beberapa daerah yang menggunakan Arkodeon dalam seni pertunjukan. Ragam jenis musik tradisional ikut dimainkan. Dalam kesesnian betawi akordeon salah satu alat musik yang sering diguanakan baik itu dalam acara kebudayaan maupun hiburan.

12. Marawis

Set musik tradisional marawis betawi
Set musik tradisional marawis betawi (img via kitchenuhmaykoosib.com)

Cara memainkan instrumen tradisional Marawis Betawi yaitu dengan cara memukul menggunakan telapak tangan. Antara personil yang satu dengan yang lain akan menghasilkan nada yang berbeda sesuai jenis musik tradisonal khas daerah Jakarta oleh Suku Betawi.

Biasanya senu pertunjukan dengan marawis ini memiliki unsur keagamaan yang kental dan dari lirik lagu yang dibawakan sebagai bentuk pujian dan kecintaan kepada Yang Maha Kuasa.

13. Set Instrumen Musik Tradisional, Rebana Ketimpring

Jenis Rebana Ketimpring Betawi
Jenis Rebana Ketimpring Betawi (img via zarrin-dokht1tarar.blogspot.com)

Bisanya dimainkan oelh personil yang ramai, bisa 10 orang dengan suara yang dikombinasikan antara pemain yang satu dengan yang lainnya. Ketukan irama rebana biasanya serentak dengan nyanyian khas sesuai kebudayaan masyarakat tersebut. Penasaran dengan suara dan cara memainkan rebana cek video di yt gaes banyak kok.

14. Gambus

Masih keluarga alat musi gitar, Gambus
Masih keluarga alat musi gitar, Gambus

Alat musik yang satu ini kalau diamati suaranya (bisa cek di YT) khas dengan budaya Islam seperti musik arab gitu. Cara memainkannya seperti main gitar namun Gambus lebih ke melodi yang bunyinya tetnenenet tetet tenet gitulah kira-kira.

15. Saron

Musik Tradisional Saron
Musik Tradisional Saron (img via berita.baca.co.id)

Bagian set musik tradisional bernama Saron atau yang biasanya disebut juga ricik merupakan instrumen gamelan yang termasuk keluarga balungan.

Bentuknya berukuran lumayan besar dengan blok kayu sebagai body, kemudian pada bagian atas body tersusun lidah-lidah memanjang yang mennjadi alat pukul dalam menghasilkan irama atau nada.

Bahan material Saron menggunakan bahan perunggu dan cara memainkan alat ini dengan cara dipukul menggunakan pentungan seperti palu. Perlu diketahui dalam satu set perlatan gamelan biasanya mempunyai 2 pasang saron, laras pelog dan slendro sehingga menghasilkan seni musik yang aduhai.

Akhir Kata

Menurut mimin yang paling unik dan clasic jenis alat musik tradisional betawi ini salah satunya alat musi Sukong itu gaes. Demikian yang dapat di sampaikan untuk jenis alat musik dari Jakarta semoga bermanfaat dan dapat di pahami.

Jangan lupa bagikan artikel ini jika menurut kalian layak untuk di share, thansk. (Rick’s)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *