12 Alat Musik Tradisional Kalimantan Tengah dan Cara Memainkannya

  • Whatsapp

Salah satu Provinsi di pulau Kalimantan dengan Ibu Kota Palangkaraya, Prov Kalimantan Tengah populer dengan Balanga State Museum, Jembatan Kahayang dan beberapa destinasi menarik lainnya. Selain itu Kalimantan Tengah juga khas dengan warisan budayanya yang beragam diantaranya alat musik tradisional yang biasa dipentaskan pada pertunjukan atau festival kebudayaan.

Secara umum suku yang khas dari Pulau Kalimantan adalah suku Dayak yang memiliki tradisi dan budaya yang unik seperti busana tradisional nya yang khas dan berkarakter. Baiklah mari kita simak jenis dan nama alat musik tradisional dari Kalimantan Tengah.

Read More

1. Alat Musik Garantung khas Kalimantan Tengah

Set gendang Garantung Dayak
Set gendang Garantung Dayak (img via youtube.com)

Sejumlah gong yang digantung seperti tampak pada gambar, ada juga perkusi lainnya seperti gendang satu sisi. Alat musik garantung merupakan salah satu jenis musik tradisional khas suku Dayak Kalimantan.

2. Alat Musik Tradisional Kalimantan Tengah Katambung

Keunikan alat musik Ketabung Kalimantan
Keunikan alat musik Ketabung Kalimantan (img via borneo24.com)

Dari bentuknya alat musik ini irip alat musik tradisional Papua yakni TIfa, namun ini merupakan Katambung yaitu salah satu alat musik pukul yang terdapat pada suku Dayak di Provinsi Kalimantan Tengah.

Pementasan instrumen musik Katambung dipergunakan oleh para basir, misalnya saat memimpin upacara adat serta berfungsi untuk mengiringi syair-syair yang dilantunkan oleh basir dalam bahasa Sangiang.

Cirikhas ketabung ini adalah memiliki dua sisi, dimainkan denganc ara ditabuh atau dipukul menggunakan telapak tangan, kedua permukaan tadi dapat ditabuh atau dipukul.

3. Alat Musik Tradisional Japen

Seperti Kecapi namanya Japen
Seperti Kecapi namanya Japen

Bentuknya yang unik dan berkarakter jenis alat musik tradisional Japen merupakan alat musik tradisional yang bisa di temui di daerah Kalimantan Tengah. Secara desain model instrumen ini menyerupai kecapi, gitar, atau mandolin.

Sedikit info tentang sebutan nama Japen merupakan hasil akulturasi budaya Suku Dayak dengan pedagang China yang masuk ke tanah Kalimantan Tengah untuk berdagang dimasa lampau.

Cara memainkan Japen yaitu dengan cara di petik seperti kecapi, melodi yang dihasilkan bisa indah dan merdu tergantung kemahiran yang memainkannya.

4. Instrumen Musik Tradisional Kangkanung (Kenong)

Bentuk seperti Kenong, namanya Kangkanung
Bentuk seperti Kenong, namanya Kangkanung

Dapat ditemukan diberbagai daerah, jenis alat musik tradisional ini dimainkan dengan cara dipukul dan dibuat dari bilah logam yang kemudian diletakkan dalam rak kayu.

Biasanya desain alat musik kangkanung atau kenong terdiri dari 5 bilah logam dengan suara nada yang berbeda sesuai ukurannya.

Cara memainkan Kangkanung yaitu dengan cara dipukul-pukul berirama dengan ketukan nada tertentu sesuai lagu daerah yang hendak dibawakan.

5. Rebab Kalimantan Tengah

alat musik Rebab Kalimantan Tengah
alat musik Rebab Kalimantan Tengah

Kategori alat musik gesek seperti biola yang memiliki 2 tali senar dengan alat geseknya. Instrumen musik ini terbuat dari tempurung kelapa, kulit, dan senar, yang dilengkapi dengan alat penggesek khas dengan bentuknya yang tradisional.

6. Kacapi Kalimantan Tengah

Bentuk burung, Kecapi Unik
Bentuk burung, Kecapi Unik

Keunikan dan cirikhas kecapi kalimantan tengah ini dapat dilihat dari desain body alat musiknya. Jenis alat musik petik berdawai dua jenis lut yang biasa digunakan dimainkan saat menyambut tamu kehormatan.

Bahan yang digunakan membuat kecapi ini berupa kayu ringan yang berasal dari pohon hanjalulung. Kemudian Dawai atau senar kecapi ini menggunakan bahan dari kawat maupun benang nilon.

7. Suling Balawung Kalimantan Tengah

Khas Suling Kalimantan Tengah
Khas Suling Kalimantan Tengah

Penyeberan suling terbilang luas di Nusantara seperti di Kalimantan tengah, Suling ini terbuat dari ruas bambu dengan ukuran kecil dan tipis, memiliki 5 lubang di bagian atas dan 1 lubang di bagian atas sebagai alat tiupnya.

Oleh masyarakat Suku Dayak Kalimantan, suling ini sering dimainkan para kaum wanita yang tinggal di sepanjang Sungai Katingan.

8. Alat Musik Suling Bahalang

Jenis suling bahalang
Jenis suling bahalang

Kemudian selain jenis suling diatas, ada juga bentuk suling dengan alat tiupnya menyamping. Hampir sama dengan suling bambu yang digunakan dalam genre musik dangdut.

9. Alat Musik Gamang

Keunikan alat musik gamang kalteng
Keunikan alat musik gamang kalteng (img via youtube.com)

Merupakan sebuah jenis alat musik pukul tradisional yang banyak digunakan di Kalimantan Tengah. Bentuk alat musik ini tersusun dari bilah-bilah kayu yang berjumlah 5, masing-masing bilah akan memiliki nada yang berbeda, sehingga bisa menghasilkan suara yang bervariasi.

Terbuat dari kayu dan dimainkan dengan cara dipukul, biasanya suara yang dihasilkan tradisional dan unik.

10. Alat Musik Tote atau Serupai dari Kalimantan Tengah

Tote atau Serupai
Tote atau Serupai

Ditiup menggunakan mulut, jenis alat musik Kalimantan Tengah yang satu ini berbentuk minimalis biasanya digunakan sebagai instrumen pelengkap pada upacara belian

11. Alat Musik Gandang Tatau

Gendang Tatau
Gendang Tatau Alat musik kalimantan tengah

Berbeda dengan jenis dan bentuk gendang lainnya, gendang yang satu ini memiliki satu sisi saja. Dimainkan dengan cara dipukul saat memainkan tembang-tembang daerah. Biasanya bagian set instrumen musik tradisional saat membawakan lagu daerah.

12. Alat Musik Sarun Kalimantan Tengah

Instrumen musik Sarun
Instrumen musik Sarun kalimantan tengah (googleimg)

Jenis alat musik tradisional pada pembahasan terakhir ada namanya alat musik sarun. Instrumen yang dibuat dari bilah-bilah logam yang mirip seperti saron dari Jawa.

Biasanya saron terdapat dalam instrumen musik Gamelan Jawa. Namun, bedanya alat musik kalimantan tengah ini memiliki ciri khas yaitu jumlah bilah logam pada sarun hanya terdiri dari 5 bilah.

Cara memainkan Sarun yaitu dengan cara memukul bilah-bilah loganm dengan alat pukul, menyesuaikan irama lagu tradisional yang dibawakan sehingga menghasilkan nada yang indah.

Kesimpulan terkait Alat Musik Tradisional Kalimantan Tengah

Dapat diambil poin setiap daerah memiliki cirikhas dan keunikan alat musik tradisional, seperti dari Kalimantan ini. Kiranya dapat dipahami dan bermnafaat bagi anda para pembaca ya gaess.

Jangan lupa share informasi ini jika menurut kalian berguna, agar diketahui semua generasi tentang kekayaan budaya Indonesia. Kalau ada kekurangan mohon dikoreksi di kolom komentar, thanks.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *