10 Jenis Alat Musik Tradisional Riau, Unik dan Berkarakter

  • Whatsapp
10 Jenis Alat Musik Tradisional Riau, Unik dan Berkarakter
10 Jenis Alat Musik Tradisional Riau, Unik dan Berkarakter

Ragam alat musik Provinsi Riau dan cara memainkan nya, apa saja yang sudah pernah kalian coba dari beberapa contoh di bawah ini. Diantaranya ada Nafiri yang bentuknya mirip seperti terompet. Berikut kami sampaikan nama dan jenis alat musik tradisional yang berasal dari Pekanbaru Riau.

Musik tradisional yang populer dari riau ialah musik pada lagu daerah Lancang kuning berlayar malam dan Zapin Melayu.

Read More

1. Alat Musik Tradisional Nafiri

Keunikan alat musik tradisional Nafiri
Keunikan alat musik tradisional Nafiri (google img)

Jenis instrumen musik tradisional Nafiri merupakan alat musik tiup khas Provinsi Riau yang dibuat berbahan kayu dan kuningan. Sebagai informasi suku asli daerah Provinsi Riau ialah Suku Melayu. Terkenal dengan lagu dearah Zapin Melayu dan Lancang Kuning Berlayar Malam.

Model atau desain berbentuk seperti serunai atau terompet, dahulunya alat musik ini hanya dimainkan pada upacara kerajaan. Nada atau suara yang dihasilkan nafiri berbeda dengan alat musik tiup pada umumnya yang menjadi karakter nafiri ini.

Cara memainkan alat musik Nafiri yakni dengan cara di tiup dimasa lampau instrumen ini dimainkan untuk mengiringi Tari Inan pada pertunjukan teater tradisional Mak Yong, dan saat penobatan raja pada di masa lampau.

2. Instrumen Musik Tradisional Gambang Camar

Gambar Gambang Camar
Gambar Gambang Camar (img via budaya-indonesia.org)

Perlu kita ketahui kekayaan budaya seni seperti jenis alat musik tradisional Gambang Camar. Instrumen musik ini termasuk jenis alat musik silofon.

Terdiri dari enam buah kayu hitam yang ditempatkan pada rak body utama secara bersusun. Biasanya Gambang Camar dimainkan saat peringatan hari besar Islam dan acara hiburan sehari-hari. Material Alat musik ini menggunakan bahan kayu, kulit binatang dan rotan.

3. Alat Musik Gendang Silat

Bentuk alat musik Gendang Silat
Bentuk alat musik Gendang Silat (google img)

Memiliki bentuk hampir sama dengan jenis gendang lainnya namun yang menjadi sirikhas Gendang Silat ialah desain dan bentuk terbuat dari bahan kayu, rotan, dan kulit binatang.

4. Alat Musik Tradisional Gambus

Alat Musik Tradisional Gambus
Alat Musik Tradisional Gambus (img via klinikmusik.wordpress.com)

Jika diamati bentuk nya hampir sama seperti gitar ya gaes, ada senar, lobang ditengah body dan pengatur senar. Dimainkan dengan cara memetik atau menggencreng sehingga menghasilkan suara merdu.

5. Rebana Ubi

Jenis alat musik tradisional Rebana Ubi
Jenis alat musik tradisional Rebana Ubi

Jenis alat musik Rebana Ubi ini merupakan alat musik perkusi yang masih keluarga alat musik gendang, agar menghasilkan suara dimainkan dengan cara dipukul dengan tangan. Ukuran rebana ubi lebih besar dari rebana biasa.

6. Gendang Nobat

Instrumen musik Gendang Nobat
Instrumen musik Gendang Nobat

Salah satu khas alat musik Indonesia ialah Gendang, instrumen musik ini hampir menyebar diseluruh daerah salah satunya di Riau.

Gendang nobat riau merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara memukul badan gendang sehingga menghasilkan nada suara. Baham material yang digunakan yaitu kulit hewan serta rotan.

7. Gong

Instrumen musik pukul Gong
Instrumen musik pukul Gong

8. Bentuk alat musik Tradisional Akordeon

Gambar jenis alat musik Akordeon
Gambar jenis alat musik Akordeon

Jenis alat musik arkodeon ini bisa juga kita temui pada instrumen musik tradisional dari Sumatera Selatan, suaranya hamipr sama dengan musik organ.

Bentuk Akordeon ini relatif kecil dan dimainkan dengan cara digantungkan di badan kemudian pemain bisa menekan tombol atau keyboard nada untuk menghasilkan suara. Akordeon ditemukan oleh C.F.L. Buschmann dari Berlin, Jerman.

9. Alat Musik Tradisional Kompang Riau

Ragam alat musik lainnya - Kompang
Ragam alat musik lainnya – Kompang

Ciri khas Kompang adalah bentuk nya yang mudah di ingat, merupakan jenis musik khas melayu di riau. Alat musik kompang terdiri dari dua bagian yaitu bagian depan yang dibalut oleh kulit hewan dan bagian belakang.

10. Instrumen Musik Tradisional Gedombak

Unik alat musik Gedombak
Unik alat musik Gedombak

Cara memainkan alat musik ini dengan posisi pemain duduk kemudian Gedombak diletakkan di bawah ketiak. Untuk menghasilkan suara dimainkan dnegan cara di pukul menggunakan tangan, masih saudaraan sama alat musik tradisional gendang.

Bentuk dan model Gedombak yaitu pada baian atas di tutupi dengan kulit lembu atau sapi, direkatkan dengan rotan di bagian tepi. Untuk body nya menggunakan bahan kayu.

Akhir Kata

Demikian yang dapat disampaikan semoga bermanfaat, jika ada kekurangan dalam penulisan mohon dikoreksi ya gaes demi kemajuan situs ini, terimakasih.

Tambahan informasi: dulunya Provinsi Riau dengan Ibukota Pekanbaru masih satu provinsi dengan Kepri atau Provinsi Kepulauan Riau dengan Ibu Kota Tanjung Pinang. Sekarang sudah menjadi Provinsi sendoro-sendiri. Dalam arti masih banyak kemiripan dari dua Provinsi ini seperti Suku dan ragam Budayanya.

Sumber gambar:googleimg

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *