Pengertian, Fungsi, Definisi & Contoh Kearifan Lokal Indonesia

  • Whatsapp
Pengertian dan Contoh Kearifan Lokal Indonesia

Pengertian Kearifan Lokal Beserta Contoh nya-  Semacam kebijakan lokal dalam kehidupan bermasyarakat, peraturan dalam adat istiadat atau sejenis petuah, kepercayaan dan pantangan yang ada dalam tradisi adat budaya Indonesia seperti ragam warisan budaya yang diwariskan turun temurun. Contoh dari kearifan lokal meliputi warisan budaya secara turun temurun dari generasi ke generasi sebagaimana di jelaskan dibawah ini.

 

Read More

1. Pengertian Kearifan Lokal Menurut Para Ahli

Kearifan Lokal terdiri dari dua kata yaitu kearifan (wisdom) yang bermakna kebijaksanaan dan lokal (local) yang bermakna daerah atau wilayah setempat. Mengutip dari laman dosensosiologi.com menurut para ahli pengertian dari kearifan lokal yaitu:

1.1 Edy Sedyawati

Menurut ahli dibidang nya Kearifan lokal adalah beragamnya pola perilaku sebagai wujud hasil budaya.

Kemudian dalam cakupan makna yang lebih luas, kearifan lokal itu terstruktur dalam keseluruhan warisan budaya, baik seni budaya yang nampak maupun yang tidak nampak.

1.2 Wales

Dari ahli profesional lainnya Kearifan lokal memiliki makna yang dapat dilihat dari dua perspektif yang saling berlawanan. Yakni munculnya pengertian extreme acculturation dan a less extreme acculturation.

2. Definisi Kearifan Lokal

Segala bentuk kebijaksanaan yang didasarkan pada nilai-nilai kebaikan yang dipercaya, diterapkan dan selalu diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat.

Kearifan lokal berfungsi sebagai bagian dari budaya masyarakat, tepatnya dalam hal pengawasan penerapan nilai dan norma dalam masyarakat. Penerapan nilai dan norma sosial dilakukan melalui suatu kearifan lokal, sehingga kemudian terjadi ketertiban sosial.

3. Contoh Kearifan Lokal Dari Nusantara

Contoh kearifan lokal
Contoh kearifan lokal

Sebagai contoh berrikut ada 10 jenis tradisi dan kebudayaan berbasis kearifan lokal yang berkaitan dengan adat istiadat masyarakat atau suku pada daerah yang ada di Indonesia ini.

a. Awig-awig Kearifan Lokal Bali : Merupakan aturan adat yang harus dipatuhi setiap warga masyarakat di Bali, dan sebagai pedoman dalam bersikap dan bertindak terutama dalam berinteraksi dan mengelola sumberdaya alam & lingkungan.

b. Sasi dari Maluku : Adalah aturan atau kebijakan adat masyarakat maluku yang dijadikan pedoman setiap warga dalam mengelola lingkungan termasuk pedoman dalam pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya alam.

c. Tradisi Munggahan dari Jakarta dan beberapa daerah lainnya : Kegiatan berbasis adat istiadat ini dilakukan setiap tahun jelang bulan puasa. Munggahan menganduk makna sebagai ungkapan rasa syukur.

d. Bebie di Sumatera Selatan: Merupakan tradisi berbasis kearifan lokal yakni menanam dan memanen secara bersama-sama oleh masyarakat di wilayah Muara Enim, Sumatera Selatan. Tradisi ini dilakukan agar proses memanen pada cepat selesai. Bebie juga mengandung makna bentuk rasa syukur akan keberhasilan panen.

e. Pahomba dari Sumba Timur: ialah tradisi berbasis kearifan lokal pembangunan hutan yang berkelanjutan dan lestari, baik di dalam memenuhi kebutuhan hidup dan menjaga fungsi lingkungan yang dimiliki oleh masyarakat Sumba Timur, NTT.

Contoh Lain dari Pengaplikasian Kearifan Lokal

1. Hutan Larang Adat Kearifan Lokal Riau : Ialah kearifan lokal masyarakat Kampar Provinsi Riau, aturan berbasis adat dalam pengelolaan dan pemanfaatan alam disebut juga Hutan Adat.

2. Mapalus pada masyarakat Minahasa: merupakan kearifan lokal pranata tolong menolong dalam setiap kegiatan sehari-hari orang Minahasa, baik dalam kegiatan pertanian, yang berhubungan dengan sekitar rumah tangga, maupun untuk kegiatan yang bertujuan untuk kepentingan umum atau bersama.

3. Simpuk Munan/Lembo (Dayak Benuaq-Kalimantan Timur) : Bentuk kearifan lokal dalam pengelolaan lahan dengan sistem pemanfaatan lahan dan pemeliharaan lingkungan asli dari masyarakat Suku Dayak Banuaq dari pedalaman Kalimantan Timur yang dimiliki oleh komunitas adat.

4. Koko dan Tattakeng di Sulawesi Selatan: Koko adalah lahan perladangan yang diolah secara berpindah, sedangkan Tattakeng adalah lahan bekas perladangan yang sedang diberakan

5. WawalerKearifan lokal Jawa Timur (Nasehat yang kuat dari Orang Tua)

6. Kearifan Lokal Seren Taun – Jawa Barat

Baik mari kita bahas contoh pertama Kearifan Lokal Awig – Awig yang berasal dari daerah Bali dan Lombok Barat, merupakan aturan adat yang harus ditaati setiap warga sebagai pedoman bersikap dan bertindak, guna mengelola sumber daya alam dan lingkungan tempat tinggal.

Peran awig-awig mampu mengendalikan, dalam hal ini peraturan yang harus dipatuhi masyarakat dalam kehidupan sesuai tradisi adat berlaku di masyarakat tersebut.

4. Tradisi Unik Berbsis Kearifan Lokal

Kearifan lokal yang terdapat dalam ragam tradisi unik yang diwariskan secara turun temurun dari leluhur dahulunya diantaranya sebagai contoh:

5. Fungsi Kearifan Lokal

  • Berfungsi mengembangkan kebudayaan serta ilmu pengetahuan;
  • Untuk sarana konservasi dan pelesterian sumber daya alam;
  • Bermakna sosial misalnya upacara integrasi komunal/kerabat;
  • Sebagai petuah, kepercayaan, sastra dan pantangan;
  • Bermakna sosial misalnya upacara integrasi komunal/kerabat.

6. Ciri – Ciri Kearifan Lokal

Untuk mengenali kearifan lokal dapat dilihat dari ciri seperti:

  • Dapat bertahan terhadap budaya asing.
  • Mampu mengakomodasi unsur budaya asing terhadap budaya asli.
  • Mempunyai keahlian mengintegrasi unsur budaya asing kedalam budaya asli.
  • Memiliki keahlian untuk mengendalikan.
  • Bisa memberi arah pada perkembangan budaya.

7. Akhir Kata

Semoga penjelasan diatas dapat difahami dan berguna bagi anda yang sedang mencari informasi kearifan lokal, jika ada kesalahan dalam penulisan mohon maaf, silahkan koreksinya pada kotak komentar yang tersedia.

Jangan lupa share ya gaes, agar teman dan kerabat terdekat mengetahui informasi ini.

thanks.

Referensi;

  • pengajar.co.id/kearifan-lokal-adalah
  • kompasiana.com
  • wikipedia.org
  • Dari pengalaman sendiri

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 comments

  1. Apakah kearifan lokal harus berasal dari Indonesia? Permainan tradisional, misalnya balap karung, apakah termasuk kearifan lokal?

    1. kalau kearifan lokal Indonesia yes pasti harus berasal dari indonesia kalau luar negeri beda bahasa namanya Culture
      balap karung jenis perlombaan berbasis kearifan lokal juga sih menurut mimin #CMIIW