Fungsi Kearifan Lokal Sebagai Petuah, Kepercayaan dan Pantangan

  • Whatsapp
Fungsi Kearifan Lokal Sebagai Petuah, Kepercayaan dan Pantangan

Merujuk pada definisi dari kearifan lokal yakni segala bentuk kebijaksanaan yang didasarkan pada nilai-nilai kebaikan yang dipercaya, diterapkan dan selalu diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat. Fungsi kearifan lokal sebagai komponen dari budaya masyarakat dalam hal pengawasan penerapan nilai dan norma seperti petuah, kepercayaan dan pantangan.

1. Contoh Kearifan Lokal dalam Tradisi dan Kebudayaan

Sebagai contoh kearifan lokal Awig – Awig yang berasal dari daerah Bali dan Lombok Barat, merupakan aturan adat yang harus ditaati setiap warga sebagai pedoman bersikap dan bertindak, guna mengelola sumber daya alam dan lingkungan tempat tinggal.

Read More

Terdapat larangan dalam kebijakan berbasis kearifan lokal tersebut yaitu tidak boleh merusak lingkungan yang harus ditaati.

Dalam hal ini Kearifan lokal berfungsi sebagai bagian dari budaya masyarakat, tepatnya dalam hal pengawasan penerapan nilai dan norma dalam masyarakat. Penerapan nilai dan norma sosial dilakukan melalui suatu kearifan lokal, sehingga kemudian terjadi ketertiban sosial.

Contoh lain dari kearifan lokal dalam kehidupan bermasyarakat seperti:

2. Apa Fungsi Kearifan Lokal ?

Fungsi kearifan lokal dalam kehidupan masyarakat
Fungsi kearifan lokal dalam kehidupan masyarakat
  1. Untuk konservasi dan pelestarian Sumber Daya Alam
  2. Pengembangan Sumber Daya Manusia
  3. Pengembangan Ilmu Pengetahuan Kebudayaan
  4. Sebagai petuah, kepercayaan dan pantangan
  5. Memiliki makna sosial (kekerabatan)
  6. Memiliki makna tentang etika dan moral.

Penjelasan Fungsi Kearifan Lokal Sebagai Petuah, Kepercayaan dan Pantangan

Petuah didefinisikan sebagai sebuah kata-kata bijak yang keluar dari mulut seorang alim atau orang bijak dimana kata-kata tersebut dianggap sebagai nasihat penting yang harus ditaati dan dilaksanakan supaya kehidupan dari sang penerima petuah.

Kepercayaan dalam konteks kearifan lokal adalah sebuah pemikiran mengenai suatu hal yang berada diluar logika atau biasa disebut dengan istilah metafisik, dimana dalam pemikiran tersebut ada rasa percaya bahwa keberadaan hal tersebut adalah baik dan dapat disandingkan dalam setiap tingkah laku manusia.

Pantangan adalah larangan-larangan yang harus dijauhi, dimana larangan tersebut ada karena kesepakatan masyarakat. Jika dilanggar, maka akan terjadi konsekuensi tertentu bagi pelanggarnya.

Artikel Lainnya: Pengertian, Definisi dan Contoh Kearifan Lokal

3. Penutup

Sebagai penutup dapat diambil poin bahwa kearifan lokal masyarakat ada dalam tradisi warisan budaya yang diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi.

Sekiranya bisa difahami semoga bermanfaat kurang lebih jika ada kesalahan mohon dikoreksi, jangan lupa bagikan informasi ini kepada kerabat dan sahabat kalian, terimakasih.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment