14 Jenis Alat Musik Tradisional Kalimantan Selatan

  • Whatsapp

Kalimantan Selatan merupakan salah satu provinsi dengan ibu kota Banjarmasin dan kota-kota lainnya seperti Banjarbaru, Martapura, Pelaihara dan Batakan. Kaya akan alam, budaya dan tradisi warisan budaya seperti jenis alat musik tradisional. Pembahasan ini akan mengenalkan kepada anda nama alat musik daerah Kalimantan Selatan dan cara memainkannya.

1. Gamelan Banjar

Unik dan tradisional gamelan banjar
Unik dan tradisional gamelan banjar (img wikipedia)

Setelah mengamati beberapa video dari yt, jenis musik tradisional Kalimantan Selatan memiliki desain bentuk dan cirikhas tersendiri begitu juga cara memainkannya.

Untuk diketahui alat musik tradisional ini merupakan seni karawitan dengan peralatan musik gamelan yang berkembang di kalangan suku Banjar di Kalimantan Selatan.

Biasanya pementasan Alat musik ini bisa sebagai pengiring tari klasik Banjar, atau acara kebudayaan daerah setempat.

Gamelan Banjar juga dimainkan pada saat pergelaran Wayang Kulit Banjar, Wayang Gung, Kuda Kipang Carita, Teater Tantayungan dan Basisingan tentunya hal ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

2. Alat Musik Panting

Instrumen musik tradisional Panting kalsel
Instrumen musik tradisional Panting kalsel.

Berikutnya adalah jenis alat musik tradisional Panting, mengutip dari video youtube Lumer Channel penjelasan salah satu pengrajin sekaligus pemain panting dari Barito Kuala.

Panting merupakan salah satu jenis alat musik tradisional Kalimantan Selatan yang dimainkan dengan cara dipetik.

Memiliki berbentuk seperti gambus Arab tetapi ukurannya lebih kecil.

3. Alat Musik Kalang Kupak

Keunikan Kalang Kupak
Keunikan Kalang Kupak (img via budaya-indonesia.org)

Berbahan bambu yang unik dan tradisional ini merupakan Alat musik tradisional yang disebut Paring Tamiang oleh masyarakat Suku Bukit. Jenis Alat musik kalang kupak ini terdiri dari 8 ruas bambu seperti tampak pada gambar, setiap bambu nya dipotong setengah dan pada bagian ujungnya dibentuk runcing.

4. Serunai Banjar

Bentuk Seruni Banjar Kalimantan Selatan
Bentuk Seruni Banjar Kalimantan Selatan

Dari semua jenis sarunai yang menyebar di seluruh nisantara bisa dibilang hampir semua sama cara memainkannya, namun memiliki bentuk yang berbeda dan cirikhas masing-masing. Suara yang dihasilkan kurang lebih seperti saksofon kalau versi modern nya nah sarunai ini versi tradisional.

Dikalimantan selatan sendiri Sarunai merupakan salah satu alat musik tiup tradisional khas Suku Banjar yang berbentu seperti terompet. Pada body batang sarunai terdapat lubang-lubang nada yang dibuka-tutup saat memainkan.

5. Alat Musik Kalampat

gambar kalampat
gambar kalampat

Seperti gendang ini namanya Kalampat, yaitu alat musik tradisional yang khususnya berada di daerah pegunungan meratus di provinsi Kalimantan Selatan. Jadi gaes, Alat musik tradisional ini masih keluarga instrumen gendang, namun hanya dapat dipukul disatu sisi saja disebut berkepala tunggal.

6. Alat Musik Kintung

Set alat musik Kintung
Set alat musik Kintung

Bilahan bambu dengan setengah di belah tampak pada gambar ini, merupakan salah satu kesenian dari Suku Banjar, Kalimantan Selatan yang aslinya berasal dari daerah Kabupaten Banjar.

 

7. Terbang Mahidin

Seperti subwofer namanya Mahidin
Seperti subwofer namanya Mahidin

Alat musik ini merupakan alat musik tradisional khas Banjar dengan ciri khas pada bentuk badan yang mengerucut ke bawah seperti subwofer soundsystem ya gaes.

Namun ini alat merupakan set instrumen tradisional yang menggunakan bahan kayu dari pohon nangka dengan ukuran garis tengah sekitar 28-30 cm dan bagian bawahnya 25 cm.

8. Terbang Lamut

Gambar terbang Lamut KalimantanGambar terbang Lamut Kalimantan
Gambar terbang Lamut Kalimantan

Pemain musik Lamut biasanya memainkan alat musik sambil melantunkan syair, Lamut merupakan salah satu jenis tradisi lisan yang telah lama tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Selain tradisi lisan madihin, basyair, bakisah, dan bapando (monolog). Tradisi lisan Lamut adalah jenis karya sastra tradisional yang berbentuk syair, pantun, dan narasi.

BACA JUGA: Pakaian Adat Khas Kalimantan Selatan

Namun tradisi ini Sudah Mulai Jarang Di Pentaskan, perlu rasanya menyebarkan informasi ini agar tetap terlestarikan jenis alat musik khas Kalimantan yang satu ini.

9. Alat Musik Kurung-Kurung

Tradisional Kurung-Kurung
Tradisional Kurung-Kurung

Unik dan tradisional seprti tiang bambu, Kurung-kurung merupakan salah satu jenis alat kesenian yang terbilang unik di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan. Alat musik tradisional ini terbuat dari kayu panjang dan dibawahnya terbuat dari bambu dan peralatan lainnya.

Cara memainkan kurung-kurung yaitu dengan cara dihentakkan ke lantai, sehingga mengeluarkan bunyi setelah dihentak-hentak dulu ke tanah.

Setiap alat musik akan mengeluarkan suara atau nada berbeda satu sama lain, sehingga bila pemainnya ingin menciptakan irama, maka caranya menghentakan alat itu secara bergantian sesuai irama yang diinginkan.

10. Alat Musik Kuriding

Bentuk mini Kuriding
Bentuk mini Kuriding

Kuriding merupakan jenis alat musik khas Kalimantan Selatan. Instrumen ini dimainkan oleh seniman dari etnis Bakumpai maupun Banjar. Bahan yang digunakan dalam pembuatan Kuriding yakni dibuat dari enau atau kayu mirip ulin yang hanya ada di daerah Muara Teweh, Barito Utara.

Cara memainkan Kurinding pun unik dimana bentuk nya yang mini ditiup menggunakan mulut sehingga menghasilkan susara sesuai yang dikehendaki.

11. Alat Musik Bumbung

Berbahan Kayu, Bumbung
Berbahan Kayu, Bumbung

Perlu diketahui alat musik Bumbung memiliki 7 nada dasar yang barangkali sudah amat sulit untuk dicari. Konon, kesenian ini terdapat di Desa Barkin yang terletak di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Alat musik ini dibuat dari ruas bambu. Nama Bumbung berasal dari kata “Bumbung Lamang” (ketan yang dibakar dalam bambu), yang kemudian berubah menjadi alat musik diatonis dengan 7 nada dasar.

12. Alat Musik Sampek

Unik, alat musik Sampek
Unik, alat musik Sampek

Diamati dari bentuk nya yang sangat tradisional namun tetap mewah, Sampek merupakan alat musik petik tradisional khas Suku Dayak yang tersebar di Pulau Kalimantan, termasuk Kalimantan Selatan.

Bahan dalam pembuatn Alat musik yakni jenis kayu arrow, kayu kapur, atau kayu ulin yang tumbuh di hutan alam kalimantan.

Jumlah Senar yang digunakan pada alat musik sampek berjumlah antara 3, 4, atau 6 senar. agar lebih manis dan enak dilihat pada body alat musik sampek ditambahkan ukiran khas Kalimantan.

13. Suling

suling bambu
suling bambu

Salah satu jenis alat musik tradisional yang mudah ditemui diseluruh nusantara, paling umum digunakan saat pertunjukan musik dangdut. Nah beberapa daerah biasanya mengikut sertakan suling dalam pementasan seni musik dan lagu daerah sesuai kebudayaan masyarakat setempat.

14. Gendang

alat musik tradisional gendang kalimantan selatan
alat musik tradisional gendang kalimantan selatan

Terakhir ada gendang tradisional dengan bilah pukul dua sisi, berbeda dengan Kalampat yang hanya satu sisi. Cara memainkan gendang secara umum diseluruh nusantara hampir sama yaitu ditabuh dipukul menggunakan tangan sehingga menghasilkan bunyi dengan irama yang diinginkan.

Bahan material untuk membuat gendang adalah kayu yang kuat dan tahan lama, rotan sebagai perekat dan kulit hewan sebagai gendang nya.

Penutup terkait Alat Musik Tradisional dari Kalimantan Selatan

Baiklah sobat onlen smua kiranya daftar atau nama-nama alat musik yang berasal dari Kalimantan Selatan diatas bisa dipahami dan berguna bagi pembaca semua. Jika masih ada yang kurang atau salah dalam penulisan mohon diingatkan mimin pada kolom komentar dibawah.

Jangan lupa share artiel ini kepada keluarga dan kerabat agar mereka juga mengerti dan mengenal keberagaman warisan budaya dari Kalsel, thanks.

Sumber img:googleimg

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *