10 Jenis Alat Musik Tradisional Lampung, Berkarakter dan UNIK!

  • Whatsapp

Alat musik tradisional merupakan salah satu warisan budaya secara turun temurun, alat musik tradisional biasanya memiliki cirikhas dan keunikan dari tiap daerah. Provinsi Lampung sendiri memiliki beberapa jenis alat musik tradisional yang dimainkan di acara-acara adat maupun kegiatan atau pertunjukan seni musik.

 

Read More

1. Alat Musik Tradisional Membling

Bentuk membling alat musik tradisional lampung
Bentuk membling alat musik tradisional lampung (img via ruangbimbel.co.id)

Secara bentuk dan cara memainkan nya, Alat musik ini mirip dengan Husapi dari Sumut karnea mimin sendiri memiliki satu koleksi jenis alat musik ini. Terbuat dari kayu dan menggunakan empat senar, ruang atau rongga bodi dan ukiran Membling menjadi cirikhas tersendiri dan unik.

Husapi suku Batak Sumatera Utara
Husapi suku Batak Sumatera Utara

2. Gendang Melayu Lampung

Secara umum bentuk dan fungsi alat musik tradisional Gendang hampir sama di setiap daerah Nusantara. Dibuat menggunakan bahan kayu dan kulit sapi atau lembu sebagai gendang, agar menghasilkan suara kas di kasi budy berongga berbahan kayu.

Cara memainkan alat musik gendang yaitu dengan cara memikul dengan telapak tangan, suara khas unik gendang Indonesia memang unik, berkarakter dengan cirikhas masing-masing daerah menyesuaikan lagu daerah serta irama musik daerah setempat seperti

Gambar alat musik Gendang
Gambar instrumen musik Gendang (img via alatmusik.id)

Jenis alat musik gendang ini banyak di temui pada Muik khas Indonesia yaitu Dangdut. Seperti lagu nya musik nya musik dangdut gendang nya kulit lembu dangdut sauara gendang nah itu dia.

Alat musik tradisional Gendang dapat juga di temui di Prov. Lampung yang khas dengan budaya masyarakat setempat.

BACA JUGA: 14 Ragam alat musik tradisional Sumatera Selatan

3. Kompang atau Khaddap dari Lampung

Bentuk dan ciri khas Kompang atau Khaddap instrumen musik tradisional lampung
Bentuk dan ciri khas Kompang atau Khaddap instrumen musik tradisional lampung (img via shopee)

Untuk jenis alat musik tradisional Kompang khas Provinsi Lampung yang dibuat dari kayu dan kulit kambing. Makna filosofis alat musik ini juga erat kaitannya dengan penyebaran agama Islam di Indonesia. Bentuk dan desain Alat musik kompang hampir mirip dengan alat musik rebana.

Cara memainkan Kompang sangat mudah yaitu dengan memukul menggunakan telapak tangan dan menentukan irama ketukan agar menghasilkan suara yang indah.

4. Instrumen Musik Tradisional Gamolan

Terbuat dari kayu instrumen musik Gamolan
Terbuat dari kayu instrumen musik Gamolan (img via indonesiakaya.com)

Khas dari Lampung jenis alat musik Gamolan pekhing atau disebut juga Cetik merupakan instrumen musik yang berasal dari daerah Lampung Barat dengan menggunakan alat musik gamolan.

Set gamolan terdiri dari atas delapan lempengan bambu dan memiliki kisaran nada lebih dari satu oktaf, menurut Margaret J. Kartomi.

5. Kerenceng atau Terbangan

Alat musik pukul Kerenceng atau Terbangan
Alat musik pukul Kerenceng atau Terbangan (img via cakbagus.net)

Kekayaan budaya lainnya dari kategori alat musik tradisional ada namanya KerencengA yang terbuat dari kulit hewan kambing serta bahan kayu.

Cara memainkan dengan cara memukul bagian kulit gendang nya, biasanya kerenceng dimainkan sebagai pengiring suara dalam acara adat

6. Cetik Lampung

Unik dan tradisional Cetik Lampung
Unik dan tradisional Cetik Lampung (img via budaya-indonesia.org)

Jenis alat musik tradisoonal Gamolan pekhing atau disebut juga Cetik. Dalam pengembangan pariwisata biasanya banyak mempromosikan kekayaan budaya daerah setempat seperti musik tradisional. Pertunjukan seni budaya atau festival kebudayaan misalnya. Alat musik ini bisa dipakai untuk mengiringi lagu-lagu dan tari-tarian tradisional yang biasa ditampilkan dalam acara hajatan, acara adat, atau acara resmi pemerintahan dan swasta.

7. Gambus Lunik Lampung

Gambus Lunik Tradisional berkarakter dan unik
Gambus Lunik Tradisional berkarakter dan unik (img via docplayer.info)

Disebut juga Gambung Lampung merupakan alat musik tradisional bisa dibilang hampir mirip gitar clasik. Instrumen musik tradisional Gambung Lunik juga berfungsi sebagai media dakwah Islam, Gawi Adat, upacara ritual, hingga media hiburan dalam kegiatan kebudayaan.

8. Instrumen Musik Tradisional Lampung, Kulintang

berbahan bambu namanya Kulintang
berbahan bambu namanya Kulintang (img via kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Keunikan Kulintang pring yaitu alat musik tradisional Lampung yang terbuat dari bambo, Beberapa wilayah persebarannya antara lain di Kabupaten Way Kanan, Lampung Tengah, dan Lampung Timur.

Jenis Alat musik tersebut dibuat dari belahan bamboo yang kering pilihan. Agar bunyi kulintang tidak berubah, bahan bakunya harus berasal dari bambu yang tua dan dibiarkan kering secara alami minimal setahun.

9. Harmonium, Alat Musik Tradisional Lampung

Legend Harmonium
Legend Harmonium (img via budaya-indonesia.org)

Jenis alat musik yang unik sekali, yang satu ini di rakit menggunakan bahan material dari kawat beludru kulit kayu dan logam. Genre Alat musik harmonium termasuk jenis orkes gambus, dimainkan bersama rebab dan biola.

Cara memainkan nya yakni seperti oragan dengan menekan pilar-pilar nya sehingga menhasilkan suara indah sesuai nada yang di keluarkan.

10. Alat Musik Tradisional Lampung, Serdam

Terbuat dari bambu alat musik tradisional Serdam dari Lampung
Terbuat dari bambu instrumen musik tradisional Serdam dari Lampung (img via genpi.id)

AKhir Kata

Demikian pembahasan kekayaan warisan budaya dari Provinsi Lampung, dalam hal ini alat musik tradisional. Semoga bermanfaat, jangan lupa share artikel ini kepada teman dan kerabat terdekat anda, thanks.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *