10 Jenis Tari Tradisional Sumatera Barat, Berikut Maknanya

  • Whatsapp
10 Jenis Tari Tradisional Sumatera Barat, Berikut Maknanya

Ragam tari tradisional yang populer dari Provinsi Sumatera Barat salah satunya adalah Tari Piring, selain itu jenis dan nama tarian yang bisa kita lihat dari masyarakat Minangkabau serta makna yang terkandung akan dibahas secara details dibawah ini.

Tanah miang memang terkenal akan kekayaan budaya nya seperti keunikan rumah adat yang diwariskan secara turun temurun dengan bentuk atapnya yang khas dan berkarakter. Namun kali ini kita akan mendalami seperti apa keunikan tarian khas sumatera barat ini.

Read More

1. Tari Piring Sumatera Barat

Keindahan tari piring sumatera barat
Keindahan tari piring sumatera barat (img via pinterest)

Salah satu tari populer dari masyarakat minangkabau adalah Tari piring, tarian tradisional Sumatera Barat yang menampilkan atraksi menggunakan aksesoris pelengkap piring. Secara tradisional tari ini berasal dari daerah Solok, Sumatra Barat namun dimasa kini tari ini bisa dijumpai hampir diseluruh sumatera barat bahkan daerah lainnya khususnya saat festival kebudayaan.

Saat pementasan tarian piring akan tampak gerakan-gerakan khas menggunakan kedua tangan para penari sambil menggenggam piring sebagai ciri khas dari tari ini sehingga disebut atau familiar dengan nama tari piring.

Selain khas dengan piring, tarian ini juga dipadupadankan dengan busana tradisional khas sumatera barat serta musik pengiring khas lagu daerah minangkabau.

2. Tari Indang Badindin Sumatera Barat

Pertunjukan Tari Indang Badindin
Pertunjukan Tari Indang Badindin (img via kompas)

Dari kata Indang yang memiliki arti gendang kecil atau yang lebih dikenal dengan Tari Dindin Badindin ini merupakan salah satu tari tradisional yang berasal dari Pariaman, Provinsi Sumatera Barat.

Seni Indang hampir mirip dengan Tari tradisional Aceh yakni tari Saman, namun tari ini memiliki gerakan yang lebih santai. Para penari pria dan wanita tampak kompak melakukan gerakan-gerakan sehingga tampak seperti koreografi yang indah dan enak di tonton.

Perlu diketahui juga biasanya oleh masyarakat Pariaman tari ini sering dipentaskan saat upacara Tabuik.

Dimasa kini tarian ini pun sudah sering ditampilkan pada berbagai acara lain seperti acara penyambutan tamu agung, pengangkatan penghulu desa atau acara festival budaya sehingga jenis tari ini tetap lestari.

3. Tari Pasambahan

Keunikan Tari Pasambahan Sumatera Barat
Keunikan Tari Pasambahan Sumatera Barat (img via travel.kompas)

Dilihat dari sejarahnya tarian ini pertama kali ditampilkan dalam rangka penyambutan kedatangan Raja Belgia (Belanda), di daerah Bukittinggi pada tahun 1962. Dimasa lampau tarian ini hanya dimainkan oleh personil pria saja. Namun dimasa kini, lebih didominasi oleh penari wanita.

Sebutan “Pasambahan” merupakan bahasa miangkabau yang memiliki arti “Persembahan“, tarian Budaya yang diperuntukkan ketika menyambut tamu-tamu terhormat seperti kepala suku, tokoh penting, tokoh negara dan lainnya.

Semakin khas dengan budaya Sumatera Barat dimana pertunjukan tari Pasambahan dipadupadankan dengan pakaian atau busana khas Sumatera Barat.

4. Tari Galombang

Bentuk Tari Galombang
Bentuk Tari Galombang (img via infopiblik.sijunjung.go.id)

Jenis tari tradisional Minangkabau yang dipentaskan sebagai tarian penyambutan tamu dalam berbagai upacara adat Minangkabau, seperti penobatan Penghulu (kepala suku), pernikahan, turun mandi, dan alek nagari.

Nah karna mimin sangat menguasai bahasa minang coba kita artikan makna dari kata Galombang, dalam bahasa minang kabau Galombang memiliki arti Gelombang. Hal ini menggambarkan gerakan lincah tubuh para penari yang melakukan gerakan turun naik bagaikan gelombang laut.

5. Tari Rantak

Seni Tari Rantak
Seni Tari Rantak (img via bbc.com)

Kemudian untuk jenis Tari rantak tungga yaitu tarian tradisional Indonesia yang berasal dari daerah minangkabau yang memiliki gerakan yang sangat dinamis

gerakan tarian ini mengadopsi gerakan pencak silat.

Tari rantak tungga biasanya ditarikan oleh beberapa orang laki laki dan perempuan

Kelengkapan seni tari menggunakan pakaian yang berwarna merah serat emas, dikombinasikan dengan pakaian yang berwarna cerah.

6. Tari Alang Babega

Kesenian Tari Alang Babega
Kesenian Tari Alang Babega (img via cintaindonesia.web.id)

Tari alang ini merupakan tari tradisional yang bisa kita etemui di Sumatera Barat . Seni tari Alang babega ini salah satu kekayaan budaya yang telah lama ada dan telah berumur ribuan tahun silam dan didasarkan pada hal-hal yang sederhana.

Perpaduan busana tradisional para penari dengan iringan musik tradisional khas daerah menjadi keunikan dan cirikhas tarian ini.

7. Tarian Randai

Keistimewaan Tarian Randai
Keistimewaan Tarian Randai (img via senipedia.com)

Berikutnya jenis Tari Randai oleh masyarakat Minangkabau yakni provinsi Sumatera Barat. Tarian ini memiliki fungsi yang sama dengan Tari Pasambahan, yang digunakan ketika menyambut tamu-tamu terhormat gerakan penari dalam tarian ini memadukan gerakan pencak silat dan kesenian khas minangkabau.

8. Tari Tempurung

Tari tradisional tempurung Sumbar
Tari tradisional tempurung Sumbar (img via youtube.com)

Khas dengan properti tempurung disebut Tari Tempurung karena menggunakan properti utama yakni tempurung.

Sesuai dengan namanya , keberadaan tarian ini kabarnya memang sudah jarang dimainkan

kesenian ini bisa ditemui di Sumatera Barat dan menjadi salah satu Tari Tradisional Minangkabau yang unik.

9. Tari Payung Sumatera Barat

Khas tari payung sumbar
Khas tari payung sumbar (img via youtube)

Makna gerakan tari tradisional ini melambangkan cinta dan kisah kasih sayang di antara dua orang manusia. Sejarah tari payung tidak dapat terlepas dari kebudayaan suku Minangkabau Sumatera barat.

10. Tari Lilin, Tari Tradisional Sumaera Barat

Keunikan tari Lilin Sumaera Barat
Keunikan tari Lilin Sumaera Barat

Jenis Tari Lilin berasal dari tanah Minangkabau, Sumatera Barat. Kesenian tradisional tari lilin memadukan penari yang membawa lilin menyala di tangan mereka.

Properti Lilin tersebut berdiri tegak diatas piring kecil dan dipegang para penari yang menjadi ciri khas tari ini.

Biasanya tarian ini ditampilkan secara berpasangan oleh penari perempuan dan laki-laki dengan busana khas Sumatera Barat. Menurut pengamatan kami setiap pertunjukan tari tradisional khas daerah tak lepas dari iringan musik nya yang khas dengan lagu daerah masyarakat setempat.

BACA JUGA: Jenis dan Keunikan Pakaian Adat Sumatera Barat

Kesimpulan terkait Tari Tradisional Sumatera Barat

Daftar jenis tarian dari sumatera barat ini mungkin masih ada jenis lain yang, jika ada masukan mohon ditambahkan. Keberagaman kesenian tari Sumbar memang unik dan berkarakter, perpaduan busana tradisional khas minangkabau dan properti tari memudahkan kita dalam mengenali budaya tersebut.

Jika menurut kalian informasi ini bermanfaat silahkan dibagikan ke kerabat terdekat thanks.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *