6 Jenis Tortor Suku Batak Sumatera Utara, Makna dan Penjelasan

  • Whatsapp

Seni tari tortor adalah salah satu warisan budaya asli dari suku batak sumatera utara. Tor tor merupakan jenis tarian purba suku Batak yang yang bisa di temui di provinsi Sumatra Utara, meliputi daerah kabupaten Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Toba, Samosir, Simalungun dan Tapanuli Tengah dan terdiri dari beberapa jenis tortor.

 

Read More

Jenis Tortor Saat Prosesi Adat Batak

  • Tortor Somba-Somba
  • Sipitu Cawan
  • Pangurason
  • Tunggal Panaluan
  • Sigale-gale
  • Tortor Souan

Secara umum berdasarkan sub-etnis suku batak biar tau sama tau silahkan baca Ragam Tarian Tradisional Sumatera Utara Berbasis Tortor. seperti tortor dari suku karo, toba, simalungung dan lain sebagainya.

Setiap jenis tortor yang ditampilkan memiliki makna tersirat, atau pesan yang tersampaikan seperti dijelaskan dibawah ini:

1. Makna dan Penjelasan Jenis Tortor Somba

makin lengkap tortor dengan pakaian khas sumatera utara tenun ulos
makin lengkap tortor dengan pakaian khas sumatera utara tenun ulos batak toba (img via inspired2write.com)

Tortor somba ditampilkan untuk manomba (Sujud,Sungkem,Somba) yang diperagakan saat ada sesepu atau kepala suku yang hendak di nobatkan misalnya menyambut raja.

Hingga kini budaya tortor somba masih tetap lestari dan diwariskan secara turun temurun di adat suku batak.

Pertunjukan tortor somba biasanya diiringi dengan gendang dalam bahasa batak Gondang, tarian ini memiliki makna sebagai penghormatan bagi tamu maupun rombongannya karna tamu adalah raja.

Kendatipun secara visualisasi tortor merupakan gerakan tarian, namun memiliki makna yang lebih dalam dari gerakan-gerakkannya menunjukkan bahwa tortor adalah sebuah media komunikasi, dimana melalui gerak-gerakkan yang disajikan terjadi interaksi antara partisipan upacara adat.

tortor simalungun
Khas tortor dengan tenun ulos adat batak simalungun (img via berita satu.com)

Jadi man-teman jika diamati perbedaan gambar pertunjukan tortor ini ialah baju adat yang dikenakan, jenis baju adat sumatera utara bisa dibedakan dari penutup kepala yang dikenakan gambar diatas merupakan baju adat simalungun. Silahkan baca Jenis pakaian adat sumatera utara.

2. Makna dan Penjelasan Tortor Sipitu Cawan

Makna terkandung dalam tortor sipitu cawan yakni dipercaya berasal dari 7 putri kayangan yang mandi di sebuah telaga di puncak gunung pusuk buhit bersamaan dengan datangnya piso sipitu sasarung.

Pusuk buhit ini berada di kawasan samosir danau toba gaes.

Biasanya digelar saat pengukuhan seorang raja.

BACA JUGA: 22 Objek Wisata Danau Toba, Update terbaru ada Sibea-bea yang siap mengguncang Dunia

Masyarakat batak memang sangat menghargai leluhur nya begitu juga ke orang tuanya ada istilah dalam bahasa batak “Pasangap Ma Namatoras Mu” artinya Hargailah selalu yang lebih tua dari kamu.

3. Makna Tersirat dalam Tortor Pangurason

pertunjukan tortor oleh sanggar seni TBSC
pertunjukan tortor oleh sanggar seni TBSC sedang latihan (img kearifanlokal.com)

Merupakan tortor yang sakral yakni pangurason, bisa di cek di yotube ada lagu khas nya yang mengalunkan nada seperti “Marisi Mual Pangurason On”.

Teknis pelaksanaan nya di ringini alunan musik gondang dan suling menjadikan lagu ini terasa sakral gaes.

Upacara pangurason artinya adalah tradisi ritual dalam adat batak untuk membersihkan diri atau semacam menyucikan dari pengaruh-pengaruh jahat disekitar agar semua lancar.

Secara harfiah bisa juga di sebut Doa kepada Yang Maha Kuasa agar acara prosesi di lancarkan dan diberkati.

4. Jenis Tor tor Tunggal Panaluan Makna dan Penjelasan

Jenis tortor Tungal Panalunan ini merpuakan tarian yang di pentaskan atau digelar apabila suatu desa dilanda musibah. Tunggal panaluan adalah tongkat tongkat sakti dan majis magis yang terbuat dari kayu berukir.

5. Penjelasan Tortor Sigale gale

Tarian atau Tortor Sigale-gale yang khas di kawasan Toba, patung sigale-gale yang bisa menari atau manortor, merupakan nama sebuah patung kayu yang berfungsi sebagai pengganti anak raja yang telah meninggal. Patung itu diciptakan untuk menghibur raja dan ia bisa menari digerakkan manusia.

6. Makna Tortor Souan

Terakhir ke enam dan terakhir dalam pembahasan kita kali ini ada Tor Tor Souan, sebuah tarian untuk tari ritual, dahulunya tari ini dibawakan oleh dukun sambil membawa cawan berisi sesajen yang berfungsi sebagai media penyembuhan penyakit bagi masyarakat Tapanuli.

BACA JUGA: 6 Jenis Rumah Adat Sumatera Utara, Lengkap Gambar dan Penjelasan

Penutup terkait Jenis Tortor Suku Batak

Sebagai penutup pada pembahasan ini, warisan busaya tortor merupakan khas masyarakat batak dari sumatera utara. Bisa ditemui dalam berbagai acara adat istiadat suku batak seperti upacara prosesi pemakaman orang meninggal, hampir semua jenis tortor ditampilkan. Diera modern ini tortor juga kerap di tampilkan di acara-acara resmi, acara kebudayaan, sykuran, ulang tahun dan lain-lain.

Demikian yang dapat kami informasikan untuk penjelasan tortor semoga dapat dimengerti dan difahami, jika ada kesalahan dalam penulisan atau masih ada yang kurang mohon dikoreksi.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada kerabat tersekat agar mereka juga faham ragam budaya Indonesia, terimakasih.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment