Kearifan lokal Indonesia
I Love IndonesiaWebsite Culture of Indonesia

Kearifan Lokal Jakarta, Contoh Gambar dan Penjelasan

Kearifan lokal di Jakarta indentik dengan budaya dan tradisi unik suku Betawi seperti Rowahan, Mungguah dan Nyekar. Tradisi warisan ini bisa kita jumpai ketika jelang lebaran.

7 Contoh Kearifan Lokal Jakarta oleh Suku Betawi

  • Nyekar
  • Rowahan
  • Munggah
  • Keramasan
  • Nyorog
  • Palang Pintu
  • Ondel-Ondel

1 Penjelasan dari tradisi Nyekar

Tradisi ini disebut juga nadran atau nyadran di beberapa wilayah kebudayaan Betawi yang dilaksanakan bulan Rajab atau saat datangnya bulan Syakban.

Dalam aktivitas nya tradisi Nyekar biasanya identik dengan berziarah, membersihkan makam leluhur, membaca doa, zikir dan tahlil, kemudian ditutup dengan menaburkan bunga di atas makam.

2 Yang dimaksud dengan Rowahan

Tradisi masyarakat dalam kegiatan pengajian pada bulan Syakban, Tujuan utama dari kegiatan rowahan yang menjadi salah sati kearifan lokal di Jakarta.

Selain untuk bersilaturahmi di antara para tetangga, memang untuk mendoakan orang yang sudah meninggal.

3 Tradisi Mungah

Berasal dari kata “Munggah” yang berarti naik atau meningkat tradisi yang masih terjaga dan sering dilakukan jelang lebaran bertujuan untuk melakukan perubahan yang lebih baik.

Munggahan juga berfungsi sebagai pengingat dan diharapkan mampu meningkatkan kualitas ibadah dan ketakwaan kepada Allah SWT selama bulan suci Ramadan.

Tradisi Mungah ini ditutup dengan rangkaian panjang nasi liwet beralaskan daun pisang dengan berbagai lauk pauk yang menggiurkan. Ikan asin, ikan teri, ikan goreng, tempe tahu bacem, kerupuk hingga sambal terasi dan lalapan pun menjadi santapan lezat di siang yang sejuk berangin ini.
Biasanya Acara Munggahan ditutup dengan rangkaian panjang nasi liwet beralaskan daun pisang dengan berbagai lauk pauk yang menggiurkan. Ikan asin, ikan teri, ikan goreng, tempe tahu bacem, kerupuk hingga sambal terasi dan lalapan pun menjadi santapan lezat.(img via kemlu.go.ig)

Mungking sebelum nya kita malas dan jarang beribadah, jadi tradisi Munggah ini mengingatkan kembali agar kita berubah lah ke yang lebih baik.

4 Kearifan Lokal Jakarta Keramasan

Keramasan dilakukan untuk membersihan kan diri baik secara lahiriah maupun batiniah, biasanya dilaksanakan dengan mandi besar atau keramas sehari sebelum Ramadan.

Kearifan Lokal Jakarta Keramasan
Kearifan Lokal Jakarta Keramasan (img via Merdeka.com)

Makna dari Keramasan ini bukan sekedar mandi biasa atau keramas jelang Ramadan akan tetapi tradisi warisan leluhur ini lebih ke membersihkan jiwa dan raga sehingga bersih di dalam maupun di luar.

5 Tradisi Nyorog

Kearifan lokal Nyorog atau tradisi bertujuan menjaga silaturahmi, mempererat tali persaudaraan biasanya dilakukan dengan mendatangi rumah keluarga atau tetangga dan memberikan bingkisan.

visual tradisi nyorog
visual tradisi nyorog (img via merahputih.com)

BACA JUGA: Pengertian dan Contoh Kearifan Lokal Indonesia

6. Palang Pintu

Merupakan sebuah kesenian Betawi yang merupakan paduan antara silat dan juga pantun biasanya ditemui saat prosesi dalam rangkaian pernikahan suku betawi.

Istilah palang pintu diartikan sebagai penghalang orang lain yang akan memasuki daerah tertentu,

dimana suatu daerah memiliki jawara alias pendekar yang siap menghadang. Palang pintu lazimnya muncul saat acara pernikahan atau besanan.

7. Ondel – Ondel

Salah satu tradisi unik di Jakarta yang masih sering di temui di berbagai tempat Ibo Kota, diringi musik dan orang berjalan didalam boneka besar.

Bentuk Ondel-Ondel salah satu kesenian atau tradisi unik khas di Jakarta
Bentuk Ondel-Ondel salah satu kesenian atau tradisi unik khas di Jakarta (img via detik)

Merupakan kesenian seperti kostum cosplay, didalam kostum boneka ada orang yang menjadi semacam penggerak dari Boneka itu.

Paling sering dijumpai ditempat nogkrong…

Akhir Kata Terkait Kearifan Lokal Jakarta

Demikian gaes yang dapat kami sampaikan terkait tradisi Kearifan Lokal di Jakarta yang bisa anda jumpai jelang Lebaran.

Semoga dapat bermanfaat bagi anda yang sedang mencari info kearifan di jakarta, jika ada kesalahan dalam penulisan mohon koreksi tinggalkan komentar demi kemajuan situs ini.

jangan lupa bagikan kepada teman dan kerabat agar mereka mengetahui tradisi unik yang ada di sekitar.

thanks

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *