Kearifan lokal Koko dan Tattangkeng dari Sulawesi Selatan

  • Whatsapp

Kearifan Lokal Koko dan Tattangkeng Sulawesi Selatan – Kesenian lokal merupakan warisan budaya Indonesia. Ilmu pengetahuan lokal disusun sebagai proses interaksi antara manusia dengan lingkungannya untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda. Proses penciptaan pendidikan lokal sangat bergantung pada sumber daya alam dan potensi lingkungan, serta pada sikap lokal terhadap alam dan lingkungan.

Perilaku mempengaruhi dan ilmu pengetahuan lokal bervariasi dari satu daerah ke daerah lain dan mencakup norma-norma dan nilai-nilai agama tertentu. Namun pada dasarnya proses pendidikan lokal mengalir secara alami. Menurut penelitian yang dilakukan, sains lokal pada dasarnya adalah tentang manusia seperti pada kebudayaan lokal Koko dan Tattangkeng.

Read More

Pengertian Koko dan Tattangken sebagai Kearifan Lokal

Warisan Budaya secara turun temurun pada satu keluarga untuk mengolah kebun atau sering disebut Koko, dan ladang yang sudah tak terurus disbeut Tattakeng.

Penegrtian Kearifan Lokal Koko adalah metode pemanfaatan ladang yang diolah dengan cara berpindah-pindah, sedangkan Tattakaeng merupakan bekas lahan yang dihidupkan kembali.

Keseimbangan dan keselarasan alam dan budaya

Konservasi alam dan konservasi keanekaragaman budaya dan sumber daya alam sumber daya moral dan spiritual. Pengetahuan lokal yang berkembang di masyarakat pedesaan merupakan hasil praktik yang disesuaikan dengan tradisi budaya lokal atau masyarakat dan lingkungan tempat mereka tinggal.

Orang-orang menggunakan metode mereka sendiri untuk mengelola alam dan lingkungan. Praktek-praktek ini disebut kearifan lokal. Pendidikan lokal adalah tentang nilai dan praktik yang diterima oleh masyarakat setempat. Ini termasuk kepercayaan dan sistem agama. Ilmu pengetahuan lokal adalah fungsi penting untuk melindungi alam dan lingkungan.

Oleh karena itu, penting untuk mempelajari dan mempertahankan perkembangan pendidikan lokal di masyarakat. Namun seiring berjalannya waktu, keberadaan kearifan lokal secara bertahap menghilang karena munculnya berbagai teknologi dan masalah sosial yang dihadapi masyarakat yang berbeda, seperti pertumbuhan penduduk.

Situasi ini menyebabkan masyarakat meninggalkan kearifan lokal yang diturunkan dari generasi ke generasi. Sikap orang berubah saat mereka menurun. Yaitu, dari berpikir kompleks ke berpikir mekanis. Orang tidak lagi memikirkan keseimbangan antara alam dan lingkungan ketika mengelola sumber daya alam dan lingkungan.

Perspektif pendidikan lokal sangat tergantung pada bagaimana masyarakat mempertahankan kearifan lokal yang ada dan bagaimana masyarakat mengubah pola pikirnya menjadi pola pikir yang holistik. Hanya dengan demikian sumber daya alam dan lingkungan yang dimiliki masyarakat dapat dipertahankan tanpa kompromi.

Tentang Kearifan lokal masyarakat Koko dan Tattangkeng

Kearifan lokal Koko dan Tattangkeng
Kearifan lokal Koko dan Tattangkeng

Sebelum belajar budidaya padi, masyarakat To Bentong membeli tanah berupa kebun (Koko) dan ladang terlantar (Tattangkeng). Koko adalah peternakan berbasis pertanian, sedangkan Tattangkeng adalah peternakan berbasis pertanian. Kearifan lokal berperan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan.

Namun, pertumbuhan penduduk Teknologi dan budaya modern, modal besar, tantangan seperti kemiskinan dan ketimpangan tidak dapat dipisahkan dari pendidikan lokal. Prospek pendidikan lokal di masa depan bergantung pada pengetahuan masyarakat, inovasi teknologi, permintaan pasar.

Mereka dipengaruhi oleh berbagai kebijakan pemerintah yang terkait langsung dengan konservasi keanekaragaman hayati dan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan tidak bisa sebagai peran masyarakat setempat. Kearifan lokal yang berkembang di masyarakat pedesaan bukan hanya sekedar budaya yang dirasakan oleh masyarakat luas.

Akhir Kata

Ilmu pengetahuan lokal atau kearifan lokal memiliki kekuatan untuk menjaga pemerataan alam dan mengelola sumber daya alam dan lingkungan secara bijaksana. Dengan mengetahui kearifan lokal, kita dapat belajar bagaimana mengelola sumber daya alam dan lingkungan. Pemahaman ini menjadi landasan penting bagi pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan secara arif dan bijaksana.

Baca Juga: Definisi, Ciri-ciri, Contoh dan Fungsi Kearifan Lokal

Pada artikel ini berupaya menggali pentingnya kearifan lokal dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan. Semoga artikel yang kami buat tentang Kearifan Lokal Koko dan Tattangkeng, dapat bermanfaat untuk anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *