Kearifan Lokal Pahomba dari Nusa Tenggara Timur, NTT

  • Whatsapp

Tradisi berbasis kearifan lokal Pahomba yang Mulai Dilesatarikan Lagi salah satu kabupaten di NTT, Kabupaten Sumba Timur, memiliki kebijakan lokal yaitu Pahomba. Budaya lokal ini bertujuan untuk melindungi hutan dan kebakaran hutan di daerah tersebut. Karena tradisi ini sudah ada sejak lama, maka masyarakat pastinya mengingat upacara dari nenek moyang untuk dilestarikan kembali.

Tradisi Pahomba adalah kearifan lokal dari masyarakat Sumba dan dilarang keras bagi penduduk setempat untuk masuk atau mengambil hasil hutan. Pahomba mencakup nilai-nilai sosial jika dilanggar, penduduk setempat akan terkena wabah tradisi Pahomba masih mendarah daging di masyarakat.

Read More

Kekuatan tradisional ini memiliki nilai positif dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan

Cegah kebakaran hutan dengan kearifan lokal
Cegah kebakaran hutan dengan kearifan lokal (img via mediaindonesia)

Pahomba melarang penduduk lokal dari masyarakat Sumba memasuki kawasan hutan dan melarang keras hasil hutan. Pahomba adalah aturan lokal dari masyarakat Sumba yang memiliki larangan ketat terhadap akses terhadap hutan dan hasil hutan.

Fungsi kearifan lokal pahomba disini adalah bagi yang melanggar tradisi Pahomba akan dikenakan sanksi.

BACA JUGA:Definisi, ciri khas dan fungsi Kearifan Lokal

Karena medan pegunungan di Pulau Sumba dan sulitnya akses ke ladang yang luas dan daerah kebakaran, pengawasan kebakaran sesekali terhambat. Oleh karena itu, masayrakat melanjutkan blokade tradisional dianggap sangat cocok untuk pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

Sebuah kelompok hutan bernama pahomba di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, melarang keras pembelian hasil hutannya.

Selama investor menghormati adat dan tradisi lokal, mereka tidak merusak keberadaan investor dan warisan budaya yang diturunkan dari generasi ke generasi.

Pelestarian alam dan budaya merupakan fungsi dari ilmu pengetahuan lokal, yang berarti pelestarian alam dan budaya lokal dari satu generasi ke generasi berikutnya dalam rangka melestarikan lingkungan dan budaya lokal.

Ilmu pengetahuan lokal juga bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga lingkungan dengan hidup dalam masyarakat yang menghargai nilai-nilai yang mendukung masyarakat.

Salah satu contohnya adalah kelompok hutan pahomba, yang melarang pembelian hasil hutan.

Beberapa jenis kearifan lokal yang masih ada dalam pelestarian lingkungan sepertiĀ Budaya Lokal Sasi dari Maluku dan Tradisi Koko dan Tattangkeng dari Sulawesi Selatan.

Akhir Kata terkait Kearifan Lokal Pahomba

Secara umum kearifan lokal berfungsi sebagai aturan yang tidak bisa dipisahkan dari budaya masyarakat itu sendiri. Ada larangan, ada sanksi yang di terima apabila melanggar sesuai ketentuan adat yang berlaku di masyarakat tersebut.

Demikian yang dapat disampaikan lebih kurang jika ada kesalahan da kekurangan mohon dokoreksi and thanks.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *