Kearifan lokal Indonesia
I Love IndonesiaWebsite Culture of Indonesia

Kearifan Lokal Papua, Lengkap Gambar dan Penjelasan

Kearifan Lokal Papua – Pembahasan lengkap gambar dan penjelasan seperti tradisi unik Bakar Batu, Ararem dan Mansorandak. Keunikan ragam tradisi di Papua memang sangat menarik untuk di ulas.

1. Contoh Kearifan Lokal di Papua

Tradisi yang diwariskan secara turun temurun yang termasuk kedalam kearifan lokal masyarakat di Papua akan kita bahas kali ini seperti:

  • Barapen atau Bakar Batu
  • Ararem
  • Mansorandak
  • Potong Jari
  • Festival Lembah Baliem

1.1 Penjelasan Barapen atau Bakar Batu

Merupakan makan bersama dalam bentuk ritual bakar batu karena media yang digunakan dalam acara makan bersama menggunakan batu yang dibakar hingga membara untuk memasak menu makanan.

Jenis makanan seperti umbi-umbian dan daging dimasukkan ke dalam lapisan bara batu dan ditutup dedaunan dan tunggu hingga matang.

barapen atau bakar batu di papua
barapen atau bakar batu di papua

1.1.1 Makna Barapen

Tradisi yang sudah lama di lakukan masyarakat di papua ini memiliki makna bersyukur kepada Maha Pencipta Alam Semesta dirayakan dengan acara makan bersama dan dipimpin oleh kepala suku atau kepala adat setempat.

BACA JUGA: Kearifan Lokal Jakarta, Contoh Gambar dan Penjelasan

1.2 Apa itu Ararem

Merupakan tradisi perkawinan suku Biak di Papua yang dilakukan pada saat keluarga besar mempelai pria hendak mengantar mas kawin kepada keluarga mempelai wanita.

Tradisi ini dilakukan dengan berjalan kaki sambil membawa seserahan berupa piring-piring adat, guci dan lain-lain.

Saat Maskawin akan diantarkan, maka diadakan arak-arakan membentuk barisan terdiri dari tiga kelompok:

Barisan kelompok pertama yang dituakan dalam keluarga pihak laki-laki seluruhnya perempuan. Kelompok pertama ini selalu berada di barisan terdepanjuga harus menggunakan busana adat Biak dan memegang piring-piring besar. Dalam Bahasa Biak, piring-piring besar disebut “Ben be pon“ (piring yang memiliki nilai sejarah adat yang tinggi).

Kelompok Kedua terdiri dari kelompok campuran, baik laki-laki maupun perempuan. Kelompok ini bertindak sebagai pengantar.

Ketiga merupakan kelompok musisi atau penyanyi yang terdiri dari laki-laki dan perempuan, tua maupun muda.

Ararem artinya Mas Kawin.

Di era modern ini jika kita berbicara adat perkawinan yang ada di benak kita ialah, sewa gedung, katering makanan, baju nikah sesuai adat akhirnya mengerucut ke nominal angka dan mulai pusing 😀

Indonesia memang memiliki tradisi perkawinan yang khas pada setiap daerah masing-masing sesuai Adat dan Kebudayaan dari daerah tersebut.

1.3 Kearifan Lokal Papua: Mansorandak

Tradisi dalam bentuk upacara penyambutan seseorang yang pergi dan pulang dari tempat yang baru dikunjunginya, atau seseorang yang untuk pertama kali menginjakkan kakinya ditempat yang baru.

Dalam penyambutan ada media seperti Wonggor (Buaya yang terbuat dari pasir putih ) dan juga piring besar sebanyak 9 buah ini melambangkan bahwa orang yang baru datang itu telah melewati rintangan tanjung dan lautan yang luas, disimbolkan sebagai buaya yang dianggap sebagai raja laut.

Kearifan Lokal Papua: Mansorandak
Kearifan Lokal Papua: Mansorandak (img via warisanbudaya.kemdikbud.go.id)

Orang yang akan di Sorandak maksud mimmin di ritualkan dalam upacara marsorandak harus berjalan mengitari kearah kanan piring yang diletakkan memanjang dari arah Buaya ke Penyu sebanyak 9 kali. Setelah selesai putaran pertama, kaki orang itu akan dibasuh oleh tua adat yang memandu acara Mansorandak.

Baca Juga: 10 Warisan Budaya Tak benda dari Tanah Papua

1.4 Tradisi Potong Jari

Tradisi yang dikenal juga sebagai Iki Palek satu tradisi Jari yang dipotong menunjukan berapa banyak keluarga mereka yang telah meninggal.

tradisi potong jari di papua
tradisi potong jari di papua (img via IG@ethnicvibes.id)

Menurut anggota suku Dani, kesedihan tidak cukup diutarakan dari menangis dengan memotong jari dianggap mewakili hati dan jiwa yang tercabik-cabik karena kehilangan.

1.5 Festival Lembah Baliem

Festival lembah baliem papua
Festival lembah baliem papua (img: IG/@wonderful.indonesiaku)

Tradisi dalam bentuk festival adu kekuatan dari tiga suku besar di Papua yang melambangkan kesuburan, festival ini bukan adu kekuatan seperti kekerasan pertunjukan tetap aman dan asyik untuk dinikmati pengunjung.

Akhir Kata terkait Kearifan Lokal Papua

Jika ditelusuri lebih mendalam lagi masih banyak jenis dan contoh kearifan lokal yang terdapat di negri ini sebagai contoh kearifan loka dalam pembahasan ini sebut saja Barapen.

Semoga dengan penjelasan dan penulisan diatas bisa dipahami pengertian dan makna nya, jangan lupa masukan dan koreksi nya apabila ada kesalahan.

Daftar bacaan
wikipedia, kemendikbud.

thanks

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *