Kearifan Lokal Sumatera Selatan, Tradisi Bebie, Makna dan Fungsi!

  • Whatsapp
Kearifan Lokal Sumatera Selatan, Tradisi Bebie, Makna dan Fungsi

Sejak dahulu kala, orang Indonesia telah diperkenalkan oleh nenek moyang akan budaya, adat istiadat dan tradisi unik di berbagai daerah  berbasis kearifan lokal. Khusus nya daerah pedesaan, ada banyak tradisi yang diwarisi secara turun temurun dari nenek moyang dalam pembahsan ini tradisi Bebie dari Sumatera Selatan.

Bebie merupakan tradisi berbasis kearifan lokal yakni menanam dan memanen secara bersama-sama oleh masyarakat di wilayah Muara Enim, Sumatera Selatan. Tujuan tradisi bebie dilakukan agar proses memanen pada cepat selesai. Makna budaya adalah bentuk rasa syukur akan keberhasilan panen.

Read More

 

Pada Tradisi Bebie, Anda akan menemukan ilmu lokal Sumatra Selatan yang masih ada di Indonesia hingga saat ini. Sebelum itu, Anda perlu mengetahui pengertian kearifan lokal. Kebijakan lokal merupakan bagian integral dari budaya yang ada dalam suatu masyarakat yang tidak terlepas dari bahasa masyarakat tersebut.

1. Kearifan Lokal Tradisi Bebie di Sumatera Selatan

Makna kearifan adalah pengetahuan, artinya pengetahuan dan kebijaksanaan. Kebijaksanaan sendiri diartikan sebagai sesuatu yang perlu dikomunikasikan sebagai pengetahuan atau intelek. Selain itu, lokal adalah tempat yang berbeda dari tempat lain, akan berbeda kearifan atau kebijakan setiap tempat sesuai adat yang berlaku di masyarakat setempat.

Kearifan lokal yang terkandung di suatu daerah pada umumnya menyimpang dari nilai-nilai sosial asli yang dilestarikan dalam gerak budaya dan konteks geografis dan budayanya. Dengan kata lain, kearifan lokal mencerminkan karakter suatu komunitas, yang sekaligus mencerminkan arah hidup atau visi komunitas tersebut.

2. Ilmu pengetahuan lokal bertujuan untuk mempromosikan kemakmuran dan perdamaian dalam masyarakat multikultural.

  • Sistem nilai
  • Memercayai
  • Agama
  • Teknologi
  • Ideologis
  • Pekerjaan yang etis.

Ilmu pengetahuan lokal merupakan salah satu ciri dari sebuah komunitas, Hubungan antar warga, Integrasi antara agama dan non-agama. Ini mempromosikan pembangunan persatuan dan penghapusan konflik lokal.

Di zaman sekarang ini, pengaruh globalisasi dalam kehidupan masyarakat, termasuk masyarakat setempat, memiliki konsekuensi yang tidak boleh diberantas. Oleh karena itu, perlu ada kepedulian terhadap pelestarian nilai-nilai sakral yang ada sebagai upaya menjawab tantangan perubahan budaya di dunia disebut kearifan lokal.

3. Pengaplikasian Kearifan Lokal Bebie di Sumatera Selatan

Ilustrasi Pengaplikasian Kearifan Lokal Bebie di Sumatera Selatan
Ilustrasi Pengaplikasian Kearifan Lokal Bebie di Sumatera Selatan via google img

Pengetahuan lokal tentang budaya suatu masyarakat tidak terlepas dari bahasa masyarakat tersebut. Komunitas Bebie dan nilai-nilai lokal tradisional dengan ide-ide Opini juga dapat diartikan sebagai ilmu lokal. Bebie adalah tradisi bercocok tanam dan panen yang dipimpin masyarakat di wilayah Muara Enim, Sumatera bagian selatan.

a. Fungsi Kearifan Lokal Bebie

Tradisi ini berfungsi sebagai bentuk terima kasih karena telah menyelesaikan pekerjaan panen dengan cepat dan atas keberhasilan panen. Beberapa orang mengatakan bahwa tradisi bebie adalah tradisi menanam dan memanen padi.

b. Makna Kearifan Lokal Bebie

Upacara akan diadakan untuk berterima kasih kepada panen padi atas penyelesaian yang cepat dan panen yang sukses setelah panen. Boasanya masyarakat setepmat atau penduduk melaksanakan tradisi ini dengan duduk melingkar sambil memegang surat Yasin. Yasin kemudian mulai membaca doa syukur dan mengakhiri doa dengan makan bersama sebagai bentuk ucapan syukur.

  • Para warga kemudian bersiap turun ke sawah untuk memanen padi.
  • Menariknya, dalam proses pemanenan, pemilik padi tidak membatasi warga sekitar yang ingin membantu padinya.
  • Bahkan, setiap warga yang melintasi ladang menawarkan bantuan.
  • Jadi jangan heran jika Anda mendapati diri Anda berada dalam kerumunan ratusan orang.

Soal gaji, warga yang ikut panen hanya menerima satu karung dari 10 karung beras. Namun, jika sawahnya luas, bisa panen hingga empat ton per tanaman, dan ratusan penduduk setempat bisa menghasilkan hingga 50 kg beras.
Ini adalah penjelasan yang komprehensif untuk semua pembaca dari berbagai contoh ilmu lokal di berbagai wilayah di Indonesia.

4. Akhir Kata terkait Tradisi Bebie

Kami berharap Tradisi Bebie Sumatera Selatan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi para pembaca sekalian. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada kerabat terdekat anda agar mereka juga mengenali tradisi dan budaya lokal.

Sekiranya ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan mohon dikoreksi demi kemajuan blog ini, terima kasih,

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *