Kearifan lokal Indonesia
I Love IndonesiaWebsite Culture of Indonesia

Kearifan Lokal Sumatera Utara, Contoh dan Maknanya!

Contoh kearifan lokal Sumatera Utara khusus nya Suku Batak yang bisa anda temui saat ini ialah Adat Dalihan Na Tolu. Selain itu ada juga tradisi kesenian seperti Tortor, Margondang, Mangongkal Holi dan lainnya. Selain itu Sumatera Utara juga terkenal akan destinasi wisatanya yaitu Danau Toba.

10 Contoh Kearifan Lokal di Sumatera Utara oleh Suku Batak

Di sumaterea Utara tepatnya daerah bermukim Suku Batak pulau samosir dan sekeliling danau toba bisa anda temui tradisi unik berikut ini, bukan berarti di perkotaan tidak ada namun lebih kental di kampung atau di desa.

1. Bentuk rumah adat khas akan ukiran Gorga

Nama rumah adat batak ialah Jabu Bolon atau Rumah Bolon sering juga di sebut Rumah Gorga karena salah satu warisan budaya yang melekat di rumah adat Batak Toba yaitu ukiran Gorga.

Seni ukiran Gorga biasanya terdapat pada dinding eksterior rumah adat depan, belakang dan sisi samping ini khas warisan budaya di suku batak toba gaes yang diwariskan leluhur terdahulu.

Ciri khas dari ukiran ini seperti lekukan dengan warna merah putih ada juga hitam, untuk lebih jelas nya silahkan perhatikan gambar dibawah ini.

warisan budaya suku batak ukiran gorga rumah bolon
warisan budaya suku batak ukiran gorga rumah bolon

Bentuk design rumah bolon sedari dulu hingga sekarang persegi panjang dengan atap dua sisi mengerucut, memiliki tangga, jendela dan pintu.

Bentuk rumah adat batak khas akan ukiran Gorga
Bentuk rumah adat batak khas akan ukiran Gorga dan memiliki kolong

Tidak kalah menarik ialah rumah bolon identik dengan kolong, jadi konon katanya dibawah rumah untuk ternak gitu gaes seperti kerbau.

2. Ritual Adat Mangongkal Holi

Merupakan upacara adat yang ada di suku batak, tradisi warisan leluhur ini masih dilaksanakan hingga sekarang oleh masyarakat Batak.

Penjelasan dari Mangongkal Holi ini seperti ini gaes…

Mangongkal = Menggali

Holi= Tulang Belulang / Tengkorak

Jadi tradisi mangongkal holi ialah ritual menggali tulang belulang jasad leluhur yang telah lama meniggal dan kemudia melalui prosesi upacara adat di pindahkan ke makam yang lebih besar, makam baru ini biasanya seperti tugu desainnya identik juga seperti rumah gorga dan bisa di isi lebih dari satu jasad.

BACA JUGA: 10 Warisan Budaya Papua, Kategori Tak Benda!

3. Adat Pernikahan Dengan Sinamot nya

Dalam adat pernikahan suku Batak tidak lepas dengan namanya Sinamot, prosesi adat akan berjalan apabila Sinamot telah sah diantara kedua belah pihak dari calon pengantin pria dan wanita.

Sinamot ialah Mahar dalam adat batak yang disiapkan pihak keluarga pria untuk menikahi calon istrinya, jangan kaget gaes di suku batak sinamot bisa puluhan juta loh.

Selain sinamot ada juga namanya Dalihan Na Tolu yang menjadi keluarga besar pelaksana kegiatan pernikahan adat.

Dalihan Na Tolu : satu falsafah dalam suku batak yang menggambarkan tiga pihak keluarga yakni Dongan Sabutuha, Hula-hula dan Boru.

4. Kearifan Lokal – Seni pertunjukan khas akan Tortor

tortor warisan budaya suku batak
tortor warisan budaya suku batak (img via kampretnews.com)

Hampir setiap acara suku batak menampilkan tarian tortor seperti upacara pernikahan, pemakaman dan acara festival. Beberapa jenis tortor yang terkenal di suku batak

  • Tortor Souan
  • Pangurason
  • Tortor Tunggal Panaluan
  • Sipitu Cawan
  • Tortor Sigale-gale

5. Kearifan lokal sumatera utara – Silsilah marga yang beragam

Bukan orang batak namanya jika tidak memiliki marga, namun yang menjadi unik ialah setiap marga yang melekat di nama orang batak memiliki silsilah yang panjang gaes.

Sebagai contoh marga Saragih, jika di tarik kedalam silsilah marga maka saragih akan sama dengan sitanggang, simbolon, simarmata dan masih banyak lagi.

Contoh marga suku batak

  • Simbolon
  • Sitanggang
  • Purba
  • Tobing
  • Galingging
  • Sidauruk
  • Simanihuruk
  • Situmeang

6. Makanan khas dalam adat, Babi lomok – lomok

Jika di Bali ada namanya Babi Guling nah di sumatera utara ada namanya Babi Lomok – Lomok merupakan makan khas di adat batak seperti dalam upacara pernikahan, atau syukuran. Jenis babi yang lomok ini lebih kecil ada standar nya untuk keperluan adat jadi gak semua ukuran dan jenis babi dikatakan bai lomok lomok.

7. Kearifan Lokal Sumatera Utara ketujuh: Jiarah kemakam leluhur

Menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru tradisi berjiarah kemakam leluhur sudah menjadi kebiasaan hingga sekarang ini, karena mayoritas masyarakat di tanah batak ialah Kristen jadi bertepatan hari raya.

8. Pemakaman yang megah bentuk Tugu

Ukuran pemakaman yang besar dan megah banyak di temui di tanah batak sumatera utara gaes, jadi kesan angker nya ilang gitu nah ini unik gaes selain untuk menghormati leluhur bisa jadi perhatian tourist juga.

kearifan lokal sumatera utara - pemakaman unik mewah di samosir oleh suku batak
Kearifan lokal sumatera utara – pemakaman unik mewah di samosir oleh suku batak (img via caingram.info)

Wisata berbasis kearifan lokal ini namanya gaes, tradisi nya tetap budayanya juga tidak hilang tapi bisa sebagai destinasi berkunjung sekedar mengetahui sejarah budaya di suku batak. Jika taman-teman bisa perhatikan gambar ini mewah kali ya kan.

Nah yang seperti ini banyak gaes di tanah batak sana tepatnya Pulau Samosir dan Desa yang ada disepanjang pesisir Danau Toba.

9. Nada bicara yang khas EYD (Logat)

Klien pernah dengar orang batak tulen ngomong dengan orang jawa tidak ? serasa suara RX King vs Beat gaess… hehehe becanda

Orang batak kalau ngomong ejaan EYD nya jelas gaes, contoh sudah ku bilang jangan bertempur… bertempur juga, ya matilah kau dimakan cacing…. 😀 ini sudah ciri khas orang batak gaes.

unik emang suku-suku yang ada di Indonesia ini, coba bayangkan suku batak besar di Papua kebayang gak tuh logat nya gimana hahahaha

10. Kearifan Lokal Sumatera Utara yang tak bisa terlupakan ialah minum tuak sambil bernyanyi dan makan daging anjing dengan sayur koll

Bernyanyi salah satu keahlian orang Batak contoh Om Judika, aih suaranya sedap dah…

tapi tahu kah anda untuk jenis suara yang mirip2 bang judika ini bisa anda temui di lapo tuak.

tradisi minum tuak sambil bernyanyi di iringi gitar akustik sudah khas di suku batak gaes, semacam kearifan lokal di sana sudah… namun ada lagi yang bikin lebih unik yaitu tambul.. atau menu makanan campur tuak ialah daging anjing gaess, kadang daging babi juga, ikan bakar, telor dadar ya itulah enak gaes kata temen yang orang batak…

Bagi saudara-saudara muslim tentu saja ini haram itulah perlunya toleransi karena keberagaman suku agama di Indonesia ini.

Akhir Kata dan Kesimpulan

Nah itulah yang bisa kami sampaikan terkait tradisi unik, budaya, adat istiadat dan wisata berbasis kearifan lokal di tanah batak gaes, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan, silahkan koreksinya di kolom komentar ya gaes.

Jangan lupa bagikan keteman dan kerabat agar mereka juga mengetahui informassi kearifan lokal yang ada di Indonesia ini, se bisa kami akan selalu update keunikan-keunikan dari sabang sampai merauke.

thanks.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *