Kearifan lokal Indonesia
I Love IndonesiaWebsite Culture of Indonesia

Kearifan Lokal Toraja, Lengkap Gambar dan Penjelasan!

Kearifan Lokal Toraja – Salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan memiliki banyak tradisi unik yang sudah tersohor hingga keluar negeri contoh tradisi M’anene. Tanah Toraja terkenal dengan tradisi unik yang diwariskan oleh leluhur dahulu nya.

Kearifan Lokal, Tradisi Warisan Budaya di Tanah Toraja

Warisan budaya secara turun temurun atau kearifan lokal dari tanah Toraja memang eksotis untuk dibahas mari kita ulas.

Biar tau sama tau kita silahkan baca dulu Pengertian Kearifan Lokal dan contoh nya. Baik mari kita lanjut membahas keunikan dan warisan budaya di tanah toraja.

  1. Tradisi Manene Kearifan Lokal Khas Toraja
  2. Arsitektur Rumah Adat Yang Unik Berbasis Kearifan Lokal
  3. Pemakaman Unik Khas Toraja
  4. Upacara Adat Toraja Berbasis Kearifan Lokal
  5. Seni Pertunjukan di Tanah Toraja yang Unik

1. Tradisi Manene Kearifan Lokal Khas Toraja

Sebelum mimin terjun mendalami ilmu kearifan lokal ini, sempat mimin mengira bahwa di toraja itu ada mayat yang bisa berjalan.

hingga akhirnya mimin menemukan satu tulisan tentang tradisi manene, jadi ada namanya tradisi membersihkan jasad di makam leluhur yang telah lama meniggal.

jasad atau jenazah yang telah lama berada dimakam di bongkar dan dibersihkan kembali dengan mengganti pakaian nya.

Tradisi Manene Kearifan Lokal Khas Toraja
Tradisi Manene Kearifan Lokal Khas Toraja (img via denmasdeni.blogspot.co.uk)

ditanah toraja merias dan membersihkan jasad leluhur sudah sangat terkenal gaes bahkan keluar negeri, Ma’Nene merupakan sebuah ritual adat melalui prosesi upacara adat sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur.

ritual adat ini biasanya dilakukan oleh satu desa atau sekeluarga besar yang diputuskan melalui musyawarah desa dan waktu berlangsung upacara ini lumayan lama gaes.

digelar dalam jangka waktu tiga sampe empat tahun sekali untuk memper erat silaturahmi dan mengenal kembali keluarga yang sebelum nya telah lama di perantauan.

2. Arsitektur Rumah Adat (Tongkongan) Berbasis Kearifan Lokal

Suku Toraja Sulawesi Selatan memiliki arsitektur rumah adat yang khas seperti bentuk atap, interior dan eksterior. Nama rumah adat Toraja ialah Tongkongan.

Arsitektur Rumah Adat (Tongkongan) Berbasis Kearifan Lokal
Arsitektur Rumah Adat Tongkongan (img via infotoraja.com)

Dalam budaya mereka, rumah tongkonan dianggap sebagai ibu, sementara alang sura (lumbung padi) merupakann bapaknya. Sehingga tidak heran apabila anda berkunjung ke Tana Toraja akan menyaksikan deretan rumah adat tongkonan yang saling berhadapan dengan Alang Sura.

Bentuk atap yang runcing seperti perahu yang terbuat dari bambu memiliki makna bahwa leluhur masyarakat Toraja menggunakan perahu untuk sampai di Sulawesi.

2.1 Jenis dan Fungsi Tongkonan

Jenis dan fungsi rumah rumah tongkonan terbagi menjadi tiga jenis, yaitu tongkonan layuk yang merupakan tempat kekuasaan tertinggi umumnya dijadikan sebagai tempat pemerintahan.

Kedua, tongkonan pekamberan yang merupakan rumah milik anggota keluarga yang memiliki wewenang dalam adat serta tradisi lokal.

dan yang ketiga, tongkonan batu yang merupakan rumah adat yang khusus dimiliki oleh orang biasa.
Arsitektur atau ciri dari tumah tongkonan itu sendiri disesuaikan atau mengikuti model desa dimana rumah tersebut dibangun.

3. Pemakaman Unik Khas Toraja

Kearifan Lokal Suku Toraja Dan Tradisi Unik lainnya termasuk ke dalam keunikan yang dimiliki oleh suku ini yaitu budayanya yang begitu kental serta masih bertahan hingga saat ini khususnya dalam hal ritual kematian serta penguburan orang yang telah meninggal dunia.

3.1 Pemakaman Unik Kuburan gantung

Pemakaman Unik Kuburan Gantung
Pemakaman Unik Kuburan Gantung (img via detik travel)

Jenis ini pemakaman ini biasanya bergandengan dengan kuburan goa. Jenis kuburan yang juga menjadi hal terunik di Tana Toraja yaitu kuburan gantung yang merupakan penguburan dengan cara memasukkan jenazah ke dalam erong (peti khas orang Toraja) yang kemudian digantungkan di tebing-tebing batu.

3.2 Pemakaman Unik Kuburan liang

Pemakaman Unik Kuburan liang
Pemakaman Unik Kuburan liang (img via tfamanasek.com)

merupakan kuburan yang memerlukan keahlian khusus dalam membuatnya. Sebuah batu yang sangat besar akan dibuat lubang-lubang untuk menyimpan jenazah para kerabat mereka yang telah meninggal.

3.3 Kuburan pohon (passilliran)

Kuburan pohon atau passilliran
Kuburan pohon atau passilliran (img via kompas travel)

digunakan untuk menguburkan bayi yang telah meninggal ketika umur masih dibawah 6 bulan, yang dimakamkan pada sebuah pohon Tarra. Hal ini dimaksudkan agar bayi tersebut dapat minum getah pohon sebagai ganti ASI.

3.4 Makam Patane

Katogeri makam selanjutnya yaitu kuburan patane yang umum di lingkungan masyarakat ini sehingga dapat ditemukan dimana-mana.

Makam Patane
Makam Patane (img via sulsel.idntimes.com)

Kuburan tersebut mempunyai berbagai bentuk model, mulai dari rumah, bentuk tongkonan, hingga berbentuk seperti peti besar.

3.5 Kuburan goa

Kuburan goa tanah toraja
Kuburan goa tanah toraja (img via pagguci.com)

Pemakaman unik terakhir yang juga unik dari Tana Toraja adalah kuburan goa. Mayat-mayat yang telah mati akan mereka tempatkan di dalam gua dan hingga kini masih tetap dilestarikan.

4. Upacara Adat Khas Tanah Toraja

Tidak hanya kearifan lokal dari segi arsitektur rumah adat saja, melainkan juga dari tradisi dan adat istiadat di Tana Toraja ini menjadi unik sebab tidak ada yang menyamainya. Beberapa upacara tersebut diantaranya yaitu:

4.1 Upacara pengucapan syukur (rambu tuka)

Upacara pengucapan syukur rambu tuka
Upacara pengucapan syukur rambu tuka (img via idntimes)

Merupakan upacara yang berhubungan dengan syukuran acara pernikahan, syukuran panen, serta peresmian rumah adat baru atau yang selesai direnovasi. Kegiatan ini akan menghadirkan semua rumpun keluarga, dan biasanya disertai dengan mengorbankan ayam, babi, kerbau sebagai rasa syukur kepada Maha Pencipta Aaalam Semesta.

4.2 Upacara pemakaman (rambu solo)

Upacara pemakaman rambu solo toraja
Upacara pemakaman rambu solo toraja (img via boombastis)

Warisan Budaya dalam bentuk upacara adat dan terbesar di Tana Toraja yang diadakan oleh keluarga duka. Keluarga tersebut menyerahkan atau mempersembahkan banyak kerbau besar, babi, dan binatang lain ketika upacara, disesuaikan dengan status social dari keluarga duka.

4.3 Mapasilaga tedong

Mapasilaga tedong
Mapasilaga tedong (img via superadventure.co.id)

Tradisi ma’pasilaga tedong merupakan adu kerbau air yang menjadi salah satu hiburan pada upacara adat di tanah toraja Adu kerbau ini hanya dilakukan oleh dua ekor kerbau saja.

4.4 Upacara penggantian baju jenazah (Ma’nene)

Sebagaimana di jelaskan di poin satu, Upacara Ma’nene merupakan salah satu hal yang unik lainnya yang menjadi ciri khas dari suku Tana Toraja, yaitu sebuah ritual atau kebiasaan dalam prosesi merias jasad.

5. Seni Pertunjukan di Tanah Toraja yang Unik

Dalam menjalankan ritual atau upacara adat di tanah toraja maka akan ada pula pertunjukan yangkhas seperti Ma’plasingga Tedong dan Sisemba.

5.1 Ma’pasilaga tedong

sebagai mana di jelaskan diatas bagian dari upacara adat ma’pasilaga tedong merupakan adu kerbau air yang menjadi salah satu hiburan saat berjalannya upacara.

5.2 Sisemba

pertunjukan sisemba
pertunjukan sisemba (img via koran tempo)

Sisemba merupakan acara pertunjukan dari sekelompok laki-laki atau anak laki-laki yang mencoba memukul dan menendang kaki lawaan hanya dengan menggunakan kaki mereka saja. Pertunjukkan ini sama halnya dengan pertunjukkan tinju, namun telah menjadi tradisi di Tana Toraja ini.

Akhir Kata dan Kesimpulan

Dari rangkuman yang kami paparkan diatas, paling unik dan mnarik menurut mimin tradisi membersihkan jasad leluhur itu gaes, bagi yang awam mungkin agak seram yah.

Namun itulah keunikan tradisi yang ada di Indonesia ini dan harus tetap kita jaga dan lestarikan salah satunya dengan cara menjaga informasinya tetap tersampaikan dari generasi ke generasi.

Silahkan share ke teman dan kerabat anda biar mereka tahu tentang kearifan lokal yang unik di Toraja, Sulawesi Selatan, Indonesia.

Sekiranya ada kesalahan dalam penulisan kami mohon maaf ya gaes, mohon koreksi di kolom komentar demi kemajuan situs ini.

terimakasih

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *