Kebudayaan & Tradisi Riau, Lengkap Gambar Serta Penjelasan!

  • Whatsapp
Rumah Selaso Jatuh Kembar Riau
Rumah Selaso Jatuh Kembar Riau

Kebudayaan & Tradisi Riau – apa saja yang bisa kita pelajari bersama dari Kota Pekanbaru, Provinsi Riau kali ini, kota yang terkenal akan migas ini memiliki banyak warisan budaya yang penting untuk anda ketahui agar tetap bisa terjaga dan terlestarikan. Penduduk asli Riau ialah suku Melayu dan khas akan lagu daerah nya yaitu Lancang Kuning Berlayar Malam lagu ini juga salahsatu ikonik dari kota ini.

 

Read More

1. Ragam Kebudayaan & Tradisi Unik Riau

Oh iya ges sebagai info saja walau tak penting, jadi mimin penulis ini tumbuh besar di kota Pekanbaru dan setelah itu kuliah di DIY dan traveling dari sabang sampai merauke komplit 🙂 oke lanjut ke topik karna mimin besar di kota yang suhu nya panas ini, mari kita bahas kebudayaan dan tradisi unik berbasis kearifan lokal apa saja sih yang bisa kita temui di Pekanbaru.

1.2 Kebudayaan & Tradisi Riau – Debus Indragiri Hulu

Kesenian tradisional atau budaya masyarakat melayu yang tinggal di wilayah Indragiri Hulu memiliki seni Debus Indragiri Hulu yang pertama kali diperkenalkan oleh Syeikh Ali al- Idrus yang berasal dari Hadramaut.

Debus Indragiri hulu riau
Debus Indragiri hulu riau ( img via arsip pencatatan wbtb kemendikbud)

Tradisi warisan Debus Indragiri hulu ini juga sudah terdaftar sebagai wbtb Warisan Budaya Tak Benda asal Provinsi Riau Pekanbaru Indragiri Hulu.

Mengutip laman kemendikbud dijelaskan bahwa tempo dulu kesenian Debus digunakan sebagai sarana penyebaran agama Islam di wilayah Indragiri, dan sekarang kesenian debus sebagai sarana hiburan pada perayaan pernikahan, Sunat Rasul, serta perayaan Islam lainnya.

1.3 Kebudayaan dan Kesenian Joget Sonde

Warisan Budaya Joget Sonde asal Prov Riau
Warisan Budaya Joget Sonde asal Prov Riau (img via wadaya.rey1024.com)

Sebuah tarian koreografi Joget Sonde berasal dari masyarakat suku Akit di desa Sonde, Kecamatan Rangsang Barat, Kepulauan Meranti – Riau. Joget Sonde merupakan tari kegembiraan yang melambangkan persatuan pemuda dan kekeluargaan bisa di temui misalnya pada acara pernikahan.

1.4 Seni Pertunjukan Joget Dangkong

Merupakan seni pertunjukan dengan menggunakan alat musik gong, gendang tambur, gendang bebane dan bjole tempurung, yang kini mengalami perubahan dengan tambahan alat musik Akorden, Biola, Marwas, Gitar elektrik dan organ tunggal.

tradisi unik joget dangkong
tradisi unik joget dangkong ( img via jantungmelayu.com)

Dahulunya joget Dangkong dipertunjukkan di Kerajaan Melayu. Joget Dangkong juga dipertunjukkan di kerajaan apabila raja sedang mengadakan acara menyambut tamu, mengadakan perkawinan di istana, dan menghibur kerabat raja di kerajaan.

1.5 Kebudayaan & Tradisi Riau – Tenun Siak

Kerajinan Kain Tenun Siak
Kerajinan Kain Tenun Siak (img via pesonasiak.id)

Tenun Siak atau songket Siak merupakan kerjaninan tradisional yang berasal dari siak provinsi riau. Dahulunya songket siak digunakan oleh kerajaan siak Sri Indrapura.

2. Rumah Adat Pekanbaru Riau

Ikonik dan khas Provinsi Riau bisa juga di lihat dari bentuk rumah adat nya yang bernama Selaso Jatuh Kembar. Rumah berbentuk panggung berukuran besar ini memiliki beberapa ruangan yang digunakan warga sebagai sebagai tempat berkumpul, bermusyawarah dan pertemuan adat.

Rumah adat selaso jatuh kembar provinsi riau
Rumah adat selaso jatuh kembar provinsi riau (img via budayaadatkita.blogspot.co.uk)

Tiang-tiang rumah, atap, loteng, tangga, dan alasnya semuanya berukir, rumah adat Riau dinamakan Selaso Jatuh Kembar karena memiliki selasar (selaso) yang lebih rendah (turun) dibandingkan dengan ruang tengah. Selain itu riau juga terkenal dengan rumah Lontiak.

BACA JUGA:

3. Pakaian Adat Pekanbaru Riau

Setiap daerah di Indonesia memiliki pakaian adat yang khas dan ikonik sama halnya dengan Pekanbaru Riau yang memiliki pakaian adat pernikahan untuk pria, baju adat resmi yang digunakan ialah baju kurung cekak musang yang disandingkan dengan kopyah dan sarung.

Baju adat pekanbaru riau
Baju adat atau pakaian adat dari pekanbaru riau (img via IG:edyofart)

Sedangkan baju adat untuk wanita, baju adat resmi yang digunakan ialah baju kebaya laboh. Baju ini terbuat dari bahan dasar kain tenun yang dibuat oleh masyarakat di berbagai daerah di Riau seperti Siak dengan kain tenun siak.

4. Bahasa Daerah dan Suku

Jadi gaes saat sekarang ini jika kalian kepekanbaru memang banyak juga kita temui suku minangkabau bahkan bahasa yang sering dihunakan pun bahasa minang seperti saya waktu sekolah bergaul sehari-hari menggunakan bahasa minang, akan tetapi perlu kalian ketahui Bahasa asli Pekanbaru Riau ialah Bahasa Melayu Riau.

Informasi Tambahan: Bahasa Melayu itu dialeknya lebih lembut dan tarikan “O” nya agak panjang iya gk sih karna mimin dlu waktu di riau sering juga bilang mau kemana? bahasa melayunya “kemanooo?”.

Bahasa Melayu Riau merupakan bahasa yang di pertuturkan secara luas oleh masyarakat penduduk asli Riau seperti Rokan Hilir, Bengkalis, Pelalawan, Siak, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir dan sekitar pulau pulau. Penduduk asli Riau seperti ialah suku Melayu Riau.

5. Warisan Budaya Tak Benda (WBTB)

Pembahasan terakhir kita kali ini tentang WBTB atau kepanjangannya Warisan Budaya Tak Benda, baca dulu artikel saya yang ini, “Pengertian WBTB dan Contoh” agar kita tau sama tau pembahasan ini.

Banyak nya tradisi dan warisan budaya harus mendapatkan perlindungan dari hukum maka di daftar kan sebagai wbtb, berikut diantara nya ada 10 wbtb asal Riau, walaupun sebenarnya masih ada wbtb lainnya bisa kalian cek di situsnya kemendikbud.

NO Nama Karya Budaya Tahun di Tetapkan Kategori
1 Tenun Siak 2013 Kemahiran dan Kerajian Tradisional
2 Pacu Jalur 2015 Tradisi dan Ekspresi Lisan
3 Nyanyi Panjang 2016 Tradisi dan Ekspresi Lisan
4 Debus Indragiri Hulu 2016 Seni Pertunjukan
5 Joget Sonde 2016 Seni Pertunjukan
6 Zapin Api 2017 Seni Pertunjukan
7 Zapin Meskom 2017 Seni Pertunjukan
8 Rumah Lontiak 2017 Kemahiran dan Kerajinan Tradisional
9 Selembayung Riau 2017 Kemahiran dan Kerajinan Tradisional
10 Onduo Rokan 2017 Seni Pertunjukan

6. Penutup dan Kesimpulan

Akhir dari tulisan semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mempelajari Kebudayaan Pekanbaru Riau, jangan lupa untuk membagikan ke teman dan sahabat terdekat agar mereka mengetahui ragam Budaya dan tradisi unik berbasis kearifanlokal yang ada di Indonesia dan tetap terlestarikan.

Jika ada kesalahan dalam penulisan kami mohon maaf, silahkan kritik dan saran nya di kolom komentar demi kemajuan situs ini kedepannya, dan terimakasih.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *