I Love IndonesiaWebsite Culture of Indonesia

10 Makanan Khas Bali Yang Perlu Anda Ketahui Saat Kulineran

Sebagai kota yang menjadi destinasi banyak turis lokal dan manca negara Bali juga banyak memiliki makanan khas bali yang siap menggoyang lidah dan menemani hari libur anda. Ragam kuliner yang bisa anda jumpai seperti sate lilit, nasi campur. lawar dan masih banyak lagi.

1. Nasi Campur Bali

Seperti namanya yakni nasi campur merupakan kuliner yang di campur beragam lauk pauk ada sambal, sayuran, daging ayam juga sate. jika anda sedang mencari nasi campur di bali bisa di coba warung pojok gajah mada yang legendaris sudah sejak 90 an.

Nasi campur bali warung pojok gajah mada
Nasi campur bali warung pojok gajah mada (img via piesusubliman.com)
alamat warung pojok
alamat warung pojok berada di Jalan Gajah Mada – Denpasar

2. Ayam Betutu

Makanan khas daging ayam yang dimasak utuh dan bagian perutnya diisi dengan berbagai macam bumbu dan rempah. Daging ayam yang sudah dibumbui kemudian dibungkus daun pisang atau daun pinang dan dipanggang lalu proses memanggangnya menggunakan panas bara api sekam, bisa memakan waktu pematangan selama sehari semalam. Rasa ayam betutu gurih dan pedas.

Rekomendasi warung ayam betutu yang bisa anda kunjungi seoerti:

Ayam betutu makanan khas bali
Ayam betutu makanan khas bali (img via cookpad.com)

Ayam Betutu milik pak man, warung ini dekat dengan toko Joger di jalan Kubu Anyar Nomor 72X, Kuta, Badung, abis shopping dari Joger cobala mampir memcicipi ayam betutu warung Pak Man.

3. Nasi Jinggo

Makanan khasnasi jinggo Bali yang satu ini rasa nya enak banget gaes… rasa nya lidah orang Indonesia banget lah.

Meni nasi jinggo ini terdiri dari daging ayam, kacang goreng, tempe sambal tahu dan nasi, terkenal akan kuliner hala juga gaes.

Nasi jinggo makanan khas Bali
Nasi jinggo makanan khas Bali (img via kintamani.id)

Oh iya satu lagi penyajian nasi jinggo khas dengan pembungkus nya yakni daaun pisang.

4. Sate Lilit

awalnya mimin kira ini sate di lilit lilit gitu gaes ternyata tidak melainkan bentuknya hampir sama aja seperti sate pada umum nya. Nah yang membedakan ialah cara masak dan bumbu nya.

gambar sate lilit makanan khas dari bali
gambar sate lilit makanan khas dari bali (img via cookpad.com)

Di Bali banyak sekali warung makan yang menyediakan saate lilit, bentuk khas nya ya itu tusuk nya lebihgede dan daging nya tertumpuk di ujung gitu gaes. Untuk rasa tidak usah ragu enak lah pastinya.

5. Bubur Mengguh

Makanan khas bubur tradisional mirip bubur ayam ini sangat pas buat sarapan pagi gaes, bubur mengguh khas Buleleng. Bubur yang satu ini merupakan cita rasa kuliner tradisional yang banyak dijumpai di kawasan Bali Utara.

Bubur mengguh Bali
Bubur mengguh Bali (img via kintamani.id)

6. Makanan khas bali Serombotan

terdiri dari beberapa jenis sayuran merupakan makanan khas Klungkung Bali diracik menggunakan sayur kecambah, kacang panjang, bayam, kangkung, buncis, dan terong bulat. Semua sayuran direbus hingga matang kecuali terong.

Serombotan makanan dari bali
Serombotan makanan dari bali (img via merahputih.com)

7. Bebek Timbungan

Hidangan khas Bali bebek timbungan yang dulunya hanya dihidangkan saat ritual upaca adat Bali.

Kata “timbungan” sendiri merupakan kutipan dari naskah kuno Dharma Caruban tentang salah satu makanan tradisional Bali dalam upacara ritual.

Cara memasak atau mengolah masakan dari daging, unggas, dan ikan yang dimasukkan ke dalam bumbu dan dicampur rempah-rempah disebut timbungan.

kelezatan bebek timbungan bali
kelezatan bebek timbungan bali (img via venuemagz.com)

Untuk bisa menikmati makanan khas bali bebek timbungan anda bisa cari di google map seperti Restoran Bebek Timbungan – Balinese Heritage Cuisine, di Secret Garden Village, Bedugul, Bali.

8. Makanan khas Bali Sate Plecing

Berbeda dengan sate lilit gaes yang satu ini lebih ke cita rasa yang pedas terlihat pada gambar kuah cabe nya khas, pencinta makan pedas sih ini cocok banget.

sate plecing khas bali
sate plecing khas bali (img via kintamani.id)

Keunikan dari sate plecing ini yakni ragam jenis nya bisa di disesuaikan sesuai selera seperti sate plecing yang dibuat dengan bahan utama daging babi dan juga ada pula sate plecing dengan menggunakan daging ayam, daging sapi, serta daging kambing.

9. Lawar salah satu makanan khas bali yang enak

Lawar merupakan jenis kuliner yang terdiri dari berbagai campuran sayur-sayuran dengan bumbu khas juga ada kelapa, terasi dan daging cincang.

Makanan lawar memiliki banyak sebutan nama tergantung jenis daging dan sayur yang digunakan. Salah satu contohnya adalah Lawar babi.

makanan khas lawar bali
makanan khas lawar bali

10. Makanan khas bali yang terakhir ada Tum Ayam

Dalam bahasa bali tum dapat juga di artikan sebagai pepes atau bothok beberapa versi Tum Ayam, ada yang menggunakan kelapa parut ada pula yang dengan santan.

tum ayam bali enak lezat
tum ayam bali enak lezat

Baca Juga: 20 Ragam Warna Budaya Bali, Tradisi dan Adat Istiadat!

Akhir Kata

Demikian yang bisa kami sampaikan kepada anda yang sedang mencari informasi kuliner yakni makanan khas yang banyak ragam nya di kota Denpasar Bali.

Jika ada kesalahan dalam penulisan mohon diingatkan admin pada kolom komentar yag tersedia terimakasih.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *