Mengenal Rumah Adat Boyang Sulawesi Barat, Filosofi dan Ciri Khas √

  • Whatsapp
Mengenal Rumah Adat Boyang Sulawesi Barat, Filosofi dan Ciri Khas
Mengenal Rumah Adat Boyang Sulawesi Barat, Filosofi dan Ciri Khas

Rumah Adat Boyang Sulawesi Barat terdiri dari dua jenis yaitu boyang adaq dan boyang beasa merupakan nama rumah adat yang berasal dari Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat. Arsitektur rumah ini memiliki gaya unik yakni konsep rumah panggung olah suku Mundar menggunakan bahan material kayu dan tiang – tiang penyangga.

 

Read More

1. Bentuk dan Arsitektur Rumah Boyang

bentuk arsitektur rumah boyang sulawesi barat mamuju
Bentuk arsitektur rumah boyang sulawesi barat mamuju

Struktur rumah panggung rumah Boyang menggunakan material kayu yang ditopang oleh beberapa tiang berukuran besar setinggi dua meter.

Tiang tersebut berfungsi untuk menopang atap dan lantai rumah, tiang tidak ditancapkan kedalam tanah seperti pondasi pada umumnya melainkan ditumpangkan disebuah batu datar dengan tujuan agar kayu tidak lapuk.

Rumah ini memiliki dua buah set tangga yang terletak di bagian depan dan belakang bangunan. Uniknya tangga- tangga ini harus terdiri dari 7 hingga 13 anak tangga yang dilengkapi pagar disisi tangganya.

Bagian dinding rumah sendiri biasanya terbuat dari kayu papan yang telah diukir menggunakan motif khas suku Mundar. Agar udara masuk dilengkapi dengan jendela sehingga sirkulasi udara tetap segar.

BACA JUGA: Jenis rumah adat Indonesia dari 34 Provinsi Lengkap

2. Jenis Rumah Adat Boyang Sulawesi Barat

Terdiri dari dua jenis yaitu boyang adaq dan boyang beasa, perbedaan diantara kedua ruma ini ialah:

Boyang adaq merupakan tempat tinggal untuk para bangsawan, sedangkan jenis baesa merupakan tempat tinggal masyarakat biasa.

Rumah tradisional ini memiliki oranmen yang mempunyai makna atau melambangkan identitas tertentu yang mendukung tingkat status sosial penghuni rumah.

Dapat diambil poin dari kedua jenis rumah yakni berbeda berdasarkan penghuni nya yakni untuk bangsawan dan masyarakat.

3. Struktur Bagian Ruangan dari Rumah Boyang Sulawesi Barat

Lotang atau ruangan yang terdapat pada rumah boyang dibagi menjadi beberapa ruang sesuai dengan fungsinya.

Ruangan utama atau lotang utama berjumlah tiga terdirid ari samboyang, tangnga boyang dan bui boyang. ruangan tambahan yakni sebanyak empat lotang ada tapang, paceko, lego-lego, dan naong boyang.

3.a. Ruang Samboyang

Merupakanruangan yang terletak di posisi depan dari bagian bangunan dan memiliki ukuran cukup luas.

Ruangan ini memiliki fungsi sebagai tempat untuk menerima tamu, juga sebagai tempat tidur apabila ada tamu yang menginap. Selain itu area ini juga digunakan untuk pelaksanaan kegiatan seperti hajatan.

Dilihat dari fungsinya sebagaimana dijelaskan diatas paling depan pertamakali masuk rumah maka, area ini selalu dijaga kebersihannya karena menjadi titik perhatian pemilik rumah.

3.b. Tangnga Boyang

Posisi letak ruangan tangnga boyang berada di bagian tengah rumah bersebelahan dengan ruang samboyang.

Memiliki ukuran lebih luas jika dibandingkan ruang samboyang, fungsi ruangan ini sebagai ruang keluarga, berkumpul dan aktivitas quality time keluarga jadi tidak sibuk main hp buka medsos aja iyakan.

3.c. Bui Boyang

Ruang bui boyang terletak di bagian paling belakang, ruangan ini terdiri dari beberapa kamar yang memiliki fungsi sebagai kamar tidur penghuni rumah.

Terdapat kamar untuk kepala rumah tangga, kamar anak bujang, anak gadis, dan kakek nenek.

Setiap kamar memiliki ukuran luas yang berbeda-beda.

3.d. Tapang

Ruang tapang terletak di bagian loteng rumah yang berfungsi sebagai gudang atau storage tempat menyimpan barang-barang. Jaman dahulu ruangan ini memiliki fungsi lain yakni sebagai kamar calon pengantin dalam arti sicalon  pengantin harus benar-benar menjaga kesuciannya.

3.e. Area Paceko

Dapur atau Paceko merupakan ruangan dibangun menyilang dengan bangunan utama, luas nya hampir sama dengan ruangan lain. Diarea paceko terdapat pula ruang pattetemeangang atau kamar mandi.

3.f. Bagian Lego-lego

Pada bagian depan rumah ada namanya lego-lego area tanpa dinding dan luas ruangan ini lebih sempit dibanding ruangan lain, namun ruangan ini tampak lebih indah karena adanya hiasan berbagai ornamen seperti ukiran.

Lego-lego ini berfungsi sebagai teras yang memiliki fungsi tempat bersantai.

3.g. Naong Boyang

Pada bagian kolong rumah, sebagaimana kita ketahui bersama bangunan rumah adat sulawesi barat ini berbentuk rumah panggung, kolong ini disebut Naong Boyang.

Fungsi kolong dahulunya di gunakan sebagai kandang ternak seperti itik, ayam, kuda serta tempat penyimpanan perkakas pertanian.

4. Nilai Filosofis Rumah Adat Boyang Sulawesi Barat

Bagi suku Mandar setiap rumah yang akan dibangun senantiasa diawali dengan suatu pertemuan antara seluruh keluarga atau kerabat.

Mujsyawarah dalam pertemuan ini mengenai berbagai hal yang dipimpin oleh anggota keluarga yang lebih tua dan mengerti nilai-nilai adat istiadat. Agar mendapatkan hasil yang optimal sering juga dihadirkan Pappapia Boyang atau tukang ahli rumah.

Fokus diskusi ini bahasa keren sekarang FGD (focus group discission) membahas status sosial yang akan menempati rumah tersebut hal ini terkait status sosial orang bersangkutan maka akan didapatkan jenis dan bentuk rumah yang akan dibangun.

Makna filosofi yang terkandung dalam adat pembangunan rumah ini terdapat pula seperti, pemilihan waktu hal ini terkait sistem kepercayaan yang disebut putika. Maksud dari putika ialah ada waktu baik ada juga waktu buruk tentunya agar saat pembangunan tepat di hari baik.

Pentingnya pemilihan waktu yang baik dimaksudkan agar cita-cita yang diharapkan oleh penghuni rumah, seperti rezeki yang banyak, kehidupan yang harmonis, dan keselamatan dapat terwujud secara nyata.

Rumah adat lainnya: Keunikan rumah adat tradisional Sulawesi Tengah

5. Penutup terkait Rumah Adat Boyang Sulawesi Barat

Demikian yang dapat disampaikan terkait rumah adat sulawesi barat, ciri khas, filosofi, keunikan dan jenis ruangan. Kiranya dapat difahami dan bermanfaat bagi para pembaca.

addistional information: Sulawesi Barat adalah provinsi ke-33 dalam negara Indonesia yang dibentuk pada tahun 2004 dengan Ibu kota Mamuju.

Jika ada kesalahan dalam penulisan atau kesalahan dalam penyampaian mohon dikoreksi dikolom komentar, jangan lupa untuk membagikan artike ini kepada masyarakat luas biar mereka juga mengenal jenis rumah adat Boyan, terimakasih.

  • referensi: id.wikipedia.org/wiki/Rumah_Adat_Boyang#Pembangunan
  • gambar:googleimg

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *