Mengenal Rumah Adat Sulawesi Utara, Cirikhas, Keunikan dan Gambar

  • Whatsapp
Mengenal Rumah Adat Sulawesi Utara, Jenis, Keunikan dan Gambar
Mengenal Rumah Adat Sulawesi Utara, Jenis, Keunikan dan Gambar

Nama rumah adat dari Sulawesi Utara adalah Walewangko atau rumah Pewaris. Secara umum jenis rumah adat Sulawesi Utara berbentuk rumah panggung berbahan kayu. Memiliki makna yang filosofis dan keunikan serta ciri yang berbeda dengan rumah adat lainnya begitu juga dengan fungsi nya.

 

Read More

1. Sejarah Rumah Adat Sulawesi Utara

Dari segi desain dan bentuk bangunan rumah, Welawengko dan Bolaang Mongondow memiliki perbedaan dan fungsinya masing – masing.

Bentuk arsitektur rumah adat sulawesi utara
Bentuk arsitektur rumah adat sulawesi utara

Dahulunya Sulawesi Utara, Minahasa dikenal dengan nama Tanah Melesung yakni daerah meneanjung tempat persinggahan bangsa portugis dan spanyol.

Oleh karena tanah nya yang subur bangsa spanyol dan portugis tertarik dengan daerah tersebut. Mengutip laman wikipedia raja pertama

Manado adalah keturunan bangsa spanyol yaitu Muntu Utu, dari raja pertama inilah Minahasa mengenal rumah adat dan diwariskan dari generasi ke generasi.

a. Arsitektur Rumah Adat Welawangko

Bentuk dan ciri khas dari rumah adat walewangko ini adalah konsep desain berbentuk rumah panggung.

Memiliki dua anak tangga yang terletak di bagian kiri dan kanan rumah. Filosofi yang terkandung menurut tradisi dan kepercayaan masyarakat setempat dua tangga ini berguna untuk mengusir roh jahat.

Penejlasan nya sepert ini, dimana apabila roh jahat masuk dari tangga yang satu maka akan keluar lagi dari yang satunya.

b. Bagian Ruangan Rumah Adat

Pertama dibagian depan rumah terdapat area tanpa dinding seperti teras atau beranda, ruangan ini berfungsi sebagai tempat ketua adat memberikan maklumat kepada masyarakat.

Bagian area depan yang memiliki dinding setelah pintu masuk berfungsi untuk menerima tamu, bisa juga untuk pelaksanaan kegiatan acara adat dan menjamu tamu yang datang. Area ini pada umunya tersamabgung dengan langsung dengan dapur, tempat tidur dan juga ruang makan.

c. Keunikan dan Ciri Khas Rumah Adat Sulawesi

Struktur bahan kayu yang digunakan dalam bangunan akan keras seperti besi apabila terus kena air.

Terdapat juga ukiran – ukiran pada dinding, ujung atap, pagar, tangga dan interior lainnya.

Warna ukiran didominasi oleh warna kuning, putih dan hitam selain untuk memperindah juga sebagai penolak bala dan dapat memberi tuah.

Jika dicermati keunikan rumah Walewangko atau rumah Pewaris ini terdapat pada arsitektur depan rumah, yakni susunan tangga yang berjumlah dua terletak di bagian kiri dan kanan.

2. Penutup

Demikian yang dapat diinformasikan terkait rumah adat sulawesi utara yang unik, semoga bermanfaat dan berguna bagi anda yang sedang mempelajari kebudayaan Indonesia. Jika ada kesalahan dalam penulisan atau ada yang kurang mohon koreksinya di kolom komentar.

BACA JUGA: Jenis rumah adat indonesia dari 34 Provinsi Lengkap Gambar

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada sanak saudara agar mereka mengerti dan mengenal rumah adat sulawesi Utara, terimaksih.

referensi:
id.wikipedia.org/wiki/Rumah_Pewaris
gambar: google img

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *