Mengenal Tari Yospan Papua, Sejarah, Fungsi dan Makna!

  • Whatsapp
Mengenal Tari Yosapan Papua, Sejarah dan Fungsi dan Makna

Populer dengan wisata Raja Ampat, tanah papua juga khas denganragam kebudayaan seperti  Tari Yospan, adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari daerah Papua. Tarian ini adalah seni tarian pergaulan masyarakat yang bisa ditarikan oleh penari pria maupun penari wanita yang terdapat dalam kebudayaan khas papua.

Salah satu tarian tradisional yang berasal dari tanah Papua bernama tarian Yosapan. Jenis tarian ini tergolong kedalam tarian pergaulan dalam masyarakat yang bisa di peragakan di pertontonkan oleh penari pria dan wanita.

Read More

Tari tradisional Yospan cukup terkenal di Papua, khususnya di daerah pesisir utara Papua.

Seni Tari ini biasanya sering ditampilkan di berbagai acara, baik acara yang bersifat adat, penyambutan, maupun acara budaya.

Sejarah Tari Yospan

Pertunjukan tari tradisional Yosapan khas Papua
Pertunjukan tari tradisional Yosapan khas Papua (img via beritapapua.id)

Mengutip beberapa sumber Sejarah Tari Yospan yakni, penggabungan antara dua tarian rakyat Papua, yaitu Tari Yosim dan Tari Pancar.

Arti dari Tari Yosim sendiri merupakan tarian yang hampir mirip dengan Tari Poloneis (tarian dansaeropa), banyak sumber yang menjelaskan Tari Yosim ini berasal dari daerah pesisir utara Papua.

Kemudian Tari Pancar merupakan jenis tarian yang tumbuh dan berkembang di daerah Biak, Numfor dan Manokwari.

Mulanya Tari Pancar ini disebut dengan nama Tari Pancar Gas, agar lebih mudah disebut kemudian mereka menyingkatnya dengan Tari Pancar.

BACA JUGA: 6 Alat musik tradisional Khas Papua

Konon gerakan dalam Tari Pancar ini terinspirasi dari gerakan akrobatik pesawat pada masa penjajahan Belanda.

Tari Yospan awalnya hanya menggunakan gerakan-gerakan yang ada pada kedua tari Yosim dan Tari Pancar.

Namun seiring dengan berjalannya waktu tarian ini kemudian dikembangkan oleh masyarakat, sehingga gerakannya lebih bervariatif seperti yang sekarang ini.

Asal Usul Tarian Yospan

Mengutip laman wikipedia Tari Yosim berasal dari wilayah teluk Sairei (Serul, Waropen). Pertanyaannya dimana letak teluk seirei?

Dilansir oleh laman situs penghubung.papua.go.id wilayah Adat Saereri adalah wilayah adat suku-suku yang hidup di wilayah utara Provinsi Papua, khususnya di daerah pesisir.

Kabupaten yang termasuk di dalam wilayah ini adalah Kabupaten Biak Numfor, Supiori, Kepulaun Yapen dan Waropen. Pemerintah Provinsi Papua men­jadikan wilayah Saereri ini sebagai pusat pengembangan industri kelautan seperti rumput laut dan perikanan tangkap.

Fungsi dan Makna Tari Yospan

Lomba Trai Yospan
Lomba Trai Yospan (img via rakyatpapua.id)

Tarian yospan ini biasanya lebih difungsikan sebagai tarian yang bersifat hiburan semacam seni pertinjukan.

Sering berjalannya waktu menjadi bagian dari berbagai acara, baik acara adat, penyambutan dan acara budaya.

Bagi masyarakat di papua, tarian ini dimaknai sebagai tarian pergaulan atau tarian persahabatan masyarakat, terutama bagi para pemuda dan pemudi.

Hal tersebut juga terlihat dari gerakan dan ekspresi para penari yang terlihat akrab dan penuh keceriaan.

Pertunjukan Tarian Yospan

Gam bar penari Yospan oleh SMPN 3 Nabire Papua
Gam bar penari Yospan oleh SMPN 3 Nabire Papua

Seni pertunjukan Tari Yospan ini biasanya ditampilkan oleh para penari pria dan wanita di tanah papua.

Pelaku seni Tari Yospan biasanya  berjumlah yang disesuaikan dengan kebutuhan atau anggota kelompok koreo nya, bahkan ada juga yang menampilkannya secara masal atau dalam jumlah banyak seperti tari Saman Aceh. Dengan diiringi oleh iringan music pengiring dan lagu daerah, mereka menari dengan gerakannya yang sangat khas.

Jenis gerakan dalam tarian yospan awalnya masih menggunakan gerakan-gerakan dalam Tarian Yosim dan tarian Pacar. Namun seiring dengan perkembangannya, gerakan dalam Tarian Yospan ini semakin bervariatif.

Jenis gerakan yang sering digunakan dalam Tari Yospan diantaranya seperti gerakan pancar gas, gale-gale, jef, pacul tiga, seka, dan lain-lain.

Gerakan dalam seni tari ini biasanya didominasi oleh gerakan yang enerjik, penuh semangat dan dinamis.

Akhir Kata

Jadi dapat diambil poin pada psotingan ini yaitu, Seni Tari Yosim dan tari Pacar merupakan jenis tarian Kontemporer yang menggambarkan pergaulan atau persahabatan pada kaum muda-mudi wilayah teluk Sairei (Serul, Waropen) Biak Numfor.

Demikian yang dapat disampaikan semoga bermanfaat, baca juga artikel kami tentang 7 Jenis pakaian adat Papua dari koteka hingga fesyen modern. Terimakasih.

Sumber:

  • id.wikipedia.org/wiki/Tari_Yospan
  • sdm.data.kemdikbud.go.id/upload/files/SDM_WBTB.pdf

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *