6 Nama Alat Musik Tradisional Sumatera Utara Lengkap Gambar!

  • Whatsapp

Kekayaan budaya tanah air yang beragam diantaranya ada warisan budaya Rumah Adat, Pakaian Adat, Seni Lisan dan ragam alat musik tradisional khas daerah dll. Postingan ini akan menjelaskan kebudayaan daerah dengan ragam, nama alat musik tradisional yang berasal dari Sumatera Utara.

 

Read More

1. Gondang – Alat Musik Tradisional Khas Batak Sumatera Utara

"satu

Salah satu alat musik khas suku batak dari sumatera utara yaitu gondang batak toba, merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara di pukul.

Cara memainkan gondang menggunakan alat pukul seperti stick drumb.

Dapat dijumpai pada acara adat batak seperti pernikahan, syukuran dan kegiatan kebudayaan resmi yang menggunakan tarian dipadukan musik gondang.

Jumlah set alat musik gondang terdiri dari enam unit gondang (Gendang) memiliki tangga nada berurut.

BACA JUGA : Keunikan alat musik tradisional Papua

Sarat akan makna irama dari jenis Gondang Batak

Alunan nada dan permainan gondang musik memiliki makna-makna tertentu dalam setiap jenis musik yang dimainkan seperti Gondang Napitu.

Saat memainkan Gondang Napitu sarat akan makna memohonkan oleh pemilik acara, biasanya dimainkan secara berurut, dan diawali dengan thema musik gondang mula-mula. Dalam bahasa batak mula-mula artinya (awalan).

  • Gondang mulamula
  • Sombasomba
  • Gondang sampur marmeme
  • Jenis Gondang didangdidang
  • Sampur marorot
  • Gondang simonangmonang
  • dan Gondang sitiotio

Dalam bahasa adat batak akan dimintakan gondang mulamula seperti ini: “amang pargongsi nami baen hamu ma jolo gondang mulamula asa manortor hami (kurang lebih seperti itu mohon dikoreksi)”. dalam bahasa indonesia meminta pemusik gondang memainkan gondang mulamula untuk menari/tortor permulaan. Setiap jenis irama gondang akan diakhiri dengan kata Emma Tutu, Gabe dan Horas.

Gondang napitu biasanya di mainkan pada acara adat suku batak, memiliki makna sakral penuh arti kebudayaan warisan nenek moyang.

2. Sarune Semacam Saksofon Khas Sumatera Utara

alat musik tradisional batak sarune atau sirine
alat musik tradisional batak sarune (googleimg)

Berbeda dengan sulim batak/ seruling, sarune merupakan alat musik tradisional yang digunakan saat margondang, bagian dari set gondang sebagai pengganti melodi.

Diera modern ini masih ada kok ditemui jenis musik group band yang menambahkan alunan nada sarune dala bemain musik, seperti D”bamboo.

Video via channel rising star, Sarune dimainkan dengan cara ditiup seperti saksofon.

3. Sulim Batak /Seruling Bambu Alat Musik Tradisional Sumatera Utara

Gambar sulim batak atau seruling bambu
Gambar sulim batak atau seruling bambu

Dari suku batak juga terkenal musik khas menggunakan alat musik tradisional sulim, seperti seruling pada umum nya alat musik ini terbuat dari bambu dan memiliki beberapa lobang sebagai penentu nada yang dihasilkan.

Cara memainkan sulim yaitu dengan cara di tiup, perspektif sulim miring atau mendatar, berbeda dengan sarune diatas dimainkan lurus kedepan.

Pada penggunaannya bisa juga dipadankan dengan alatmusik set gondang saat acara adat batak, suara sulim ini bisanya mangandung-andung (mendayu-dayu).

4. Alat Musik Tradisonal – Husapi atau Kecapi

Husapi alat musik tradisional Batak Sumatera Utara
Husapi alat musik tradisional Batak Sumatera Utara (img husapi koleksi mimin sendiri)

Dalam musik khas tradisional sumatera utara oleh suku batak, jenis nada yang khas diantaranya, sulim yang mendayu-dayu dan husapi atau semacam kecapi dan keroncong di daerah lain.

Alat musik husapi terbuat dari bahan kayu pilihan, yang di ukir dan memiliki dua senar. Pada bagian neck tidak memiliki freet. Butuh keahlian khusus dan ketekunan belajar agar bisa menguasai alat musik yang satu ini. Gambar diatas adalah husapi yang mimin koleksi pemberian oleh salah satu teman bisnis dari sumatera utara.

Namun dimasa kini sudah jarang generasi penerus suku batak yang mahir memainkan alat musik ini, bahkan sudah jarang penampakan nya.

5. Lat Musik Tradisional – Ogung

Ogung atau Gong
Ogung atau Gong sumatera utara (google img)

Secara umum alat musik ini disebut juga gong, namun di sumatera utara dalam pertunjukan musik tradisional GOndang satu set alatmusik terdapat Ogung sebagai bagian dari set gondang toba.

Dimainkan dengan cara di pukul, menghasilkan nada gong seperti biasa kita dengar , namun ketukan nada nya berbeda sesuai dengan musik tradisional setempat.

6. Alat Musik Tradisional Lagia dari Nias Sumatera Utara

gambar lagia alat musik tradisional nias sumuatera utara
gambar lagia alat musik tradisional nias sumuatera utara

Jenis alat musik ketutuh ada Lagia dibuat menggunakan kayu batang aren dan kayu magai. Dimainkan dengan cara digesek menggunakan rotan atau bambu hampir mirip alat musik Sukong Betawi.

Fungsi Alat musik ini  yakni untuk mengiringi suara penyanyi. Senarnya terbuat dari akar pohon Salak. Sayangnya, lagia tak lagi banyak ditemukan, bahkan di daerah Nias jumlahnya cukup sedikit.

Selain itu masih terdapat beberapa jenis alat musik Nias lainnya yakni Doli-doli, Fondrahi, Gondra dan Rici-Rici.

7. Akhir Kata terkait Alat Musik Tradisional dari Sumut

Demikian yang dapat di sampaikan terkait nama alat musik tradisional yang berasal dari Sumatera Utara, jika masih ada yang kurang dan perlu ditambahkan mohon dikoreksi di kolom komentar yang tersedia demi kemajuan situs ini thanks.

Jangan lupa gaes, bagikaan artikel ini jika menurut kalian bermanfaat 🙂 agar teman kalian juga mengetahui ragam musik tradisional.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments