Kearifan lokal Indonesia
I Love IndonesiaWebsite Culture of Indonesia

Nama Pakaian Adat Bali, Jenis Makna dan Gambar!

Mengenal jenis dan nama pakaian adat bali yang sering di gunakan dalam upacara adat atau festival kebudayaan maupun keseharian. Beberapa jenis baju adat bali dapat di bedakan dari peruntukannya seperti pakaian adat pernikahan ada juga baju adat tradisional keseharian untuk pria dan wanita.

1. Nama Pakaian Adat Bali Untuk Pria

Dalam keseharian masyarakat bali sering juga mengenakan baju adat tradisional yang memancarkan Identitas khas warga bali, seperti beberapa tempat wisata dibali GWK atau Garuda Wisu Kencana setiap pengunjung yang masuk wajib menggunakan semacam kain sutra gitu yang diikat di pinggang.

Baju adat untuk pria, yaitu dengan menggunakan penutup kepala atau sering disebut dengan udeng, baju berbentuk jas yang berkerah, kamen, saput, dan yang terakhir selendang berikut bentuk gambar nya.

 1.1 Udeng > Penutup kepala tradisional Pria di Bali

Fungssinya sebagai penutup kepala yang di buat dari kain bentuk khas Udeng, sering di gunakan oleh pria saat acara ritual dan ibadah di candi atau pura.

udeng penutup kepala
udeng penutup kepala

Namu tak jarang kita temui juga pada kegiatan keseharian warga bali menggunakan ikat kepala khas ini.
Jenis Udeng dalam penggunaanya seperti kegiatan upacara keagamaan, biasanya itu berwarna putih polos.

Lain lagi dengan udeng untuk dipakai pada aktivitas keseharian, biasanya bermotif batik atau corak lainnya khas Bali.

1.2 Kamen > Pakaian Tradisional Bawahan Pria

Ikatan simpul pada pemakaian kamen menyimbolkan sebuah pengabdian atau Dharma. Kain tradisional memanjang yang bisa dipakai oleh pria dan wanita Bali.

Terbuat dari kain tipis dengan panjang sekitar 1 sampai 2 meter yang kemudian dipakai dengan cara diikatkan melingkar pada tubuh.

Cara memakai kamen pada pria sangat berbeda dengan kamen untuk wanita yakni dengan cara diikat melingkar di pinggang dari kiri ke kanan lalu dibentuk sedikit lipatan di bagian depannya dengan simpul tertentu.

1.3 Baju Safari Untuk Pria

Dalam upacara adat bali salah satu jenis kain khas nya ialah Baju Safari dan biasanya di lengkapi dengan menggunakan Udeng dan bawahan sarung bermotif khas Bali.

1.4 Saput

Sejenis kain bercorak yang biasa dikenakan di bagian lapisan atas kamen. Jadi pemakaiannya dikenakan setelah kamen terpakai dengan sempurna.

Cara mengenakannya saput dengan mengikatkan di sekitaran pinggang dan diputar dari kanan ke kiri. Kain ini juga seringkali dipakai dalam ragam upacara keagamaan atau pernikahan.

1.5 Saput Poleng

Kain khusus ini disebut saput poleng dalam bahasa daerah dan dianggap agak sakral. sangat berbeda dengan saput jenis yang dipakai dalam keseharian.

1.6 Sabuk Selendang

terdapat juga pelengkap dan aksesoris pendukung yang bisa dikenakan sebagai sabuk dalam memakai baju tradisional Bali. Sabuk tradisional, yakni berupa kain yang diikatkan dengan simpul hidup di pinggang setelah kamen dan saput.

2. Nama Pakaian Adat Bali Untuk Wanita

Untuk wanita daerah provinsi Bali, pakaian adat yang digunakan adalah sanggul, kebaya, kamen dan yang terakhir selendang. Dalam keseharian pakaian tradisional ini kerap di gunakan warga bali.

Pakaian Adat Bali Untuk Wanita
Pakaian Adat Bali Untuk Wanita

Untuk wanita, pakaian adat Bali terdiri dari sanggul dan empat pakaian utama dan sarung yang dikenal sebagai kamen, blus (kebaya) dan dua cummerbands ada juga sabuk serta selendang.

2.1 Payas alit > Baju tradisional Bai untuk Wanita juga Pria

Pakaian adat tradisional yang satu ini menjadi jenis busana yang sering digunakan ketika masyarakat Bali ingin melangsungkan ibadah ke pura seperti contoh gambar diatas.

2.2 Payas madya

Kalau jenis pakaian ini lebih elegant bisa di pakai untuk kondangan dan keseharian terlihat cantik dan ganteng lah maksimal.

Payas madya
Payas madya , img via baliya

Jadi jenis pakaian Payas ini sebenarnya tidak hanya untuk wanita saja akan tetapi pria dan wanita nama nya sama. yang menjadi pembedanya ialah kalau pria misal nya pakai udeng perempuan pakai sanggul lebih ke atribut nya saja yang menjadi keunikan dan pembedanya.

3. Nama Pakaian Adat Bali Untuk Pernikahan

Dalam upacara pernikahan setiap daerah memiliki pakaian adat khas yang dikenakan dan identik juga ikonik di daerah tersebut seperti pakaian adat pernikahan di bali.

Nama Pakaian Adat Bali, Jenis Makna dan Gambar
Nama Pakaian Adat Bali, Jenis Makna dan Gambar

3.1 Payas agung

Payas agung merupakan jenis pakaian yang secara khusus ditujukan untuk acara pernikahan. Dengan perpaduan warna merah, emas, serta putih.memancarkan kemewahan dan penggunaa payas agung ini juga kerap disertai dengan mahkota yang berukuran cukup besar yang dikenakan dikepala mempelai wanita.

BACA JUGA: 20 Ragam Warna Budaya Bali, Tradisi dan Adat Istiadat!

Akhir Kata

Demikian info pakaian adat bali yang dapat kami sampaikan kurang lebih kami mohon maaf, jika ada koreksi seputar tulisan ini sekiranya ada kesalahan dalam penulisan silahkan tinggalkan komentar agar kami bisa memperbaiki demi kemajuan situs ini.

thanks.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *