Kearifan lokal Indonesia
I Love IndonesiaWebsite Culture of Indonesia

Objek Wisata Likupang, Destinasi Super Prioritas!

Menikmati ke-eksotisan objek wisata Likupang berbasis kearifan lokal tepatnya Sulawesi Utara gaes. Mari kita ulas tradisi unik warisan budaya dan tempat wisata yang ada di sulawesi utara ini yang menjadi daya tarik para wisatawan asing.

10 Wisata Likupang, Manado, Minahasa Utara, Sulut

Selain wisata pantai dan gunung gaes, kali ini kita akan mencari tahu juga objek yang lebih mengarah ke tradisi masyarakat setempat beragam keunikan di Likupang yang menarik untuk di lihat seperti kearifan lokal.

Seperti apa wisata berbasis kearifan lokal ini, contoh nya seperti di tanah Toraja, Sulawesi Selatan ada namanya kuburan gantung. Biasanya wisatawan asing khususnya penasaran dan ingin sekali mengunjungi pemakanam unik tersebut.

Lalau bagaimana dengan Likupang, Sulawesi Utara yang dinobatkan Destinasi Super Prioritas 2020-204 ini, apa saja keunikan dan kebudayaan yang menjadi pusat perhatian wisata manca negara?

A. Wisata Berbasis Kearifan Lokal

Tradisi unik di manado yang menjadi warisan budaya terus dilestarikan, seperti jenis tari kesenian, upacara ritual adat dan seni pertunjukan dalam penyambutan tamu. Keunikan inilah yang menjadi daya tarik pada wisatawan atau peneliti yang datang sengaja atau sedang berlibur di Manado.

Sebelum menuju Likupang mari kita jalan-jalan di Manado dulu ya ges…

Perjalanan dari Manado ke likupang sebentar kok kurang lebih 2 jam’an lah…

1. Seni Tradisional Tari Cakalele/Kabasaran

Merupakan tarian tradisional masyarakat Minahasa, semacam tarian perang yang oleh beberapa orang laki-laki dengan kostum didominasi warna merah kain tenun khas Minahasa.

Tari Cakalele atau Kabasaran Minahasa Manado
Seni Tari Cakalele atau Kabasaran Minahasa Manado (img via indonesiakaya.com)

Menurut adat Minahasa, Peseerta tari kabasaran harus berasal dari keturunan sesepuh penari kabasaran juga, sehingga tidak semua laki-laki Minahasa mempunyai kesempatan untuk menjadi penari kabasaran.

2. Pemanjatan rasa syukur

Kalau ini sih Budaya Indonesia banget gaes selalu bersyukur atas nikmat dan karunia, hal ini juga sering kita panjatkan dalam doa.

Untuk tradisi Pemanjatan rasa syukur di manado ini memiliki keunikan khas suku minahasa jadi ada nilai kearifan lokal nya yang berhubungan erat dengan budaya dan adat daerah tersebut.

Biasanya prosesi ini dilakukan saat hasil panen tiba pemanjatan ucapan syukur biasanya dihubungkan dengan prosesi keagamaan.

3. Kesenian musik Kolintang

Kesenian tradisional bentuk orkes biasanya seni Kolintang telah di pelajari sedini mungkin kala beberapa anak masih duduk di kursi sekolah.

kesenian musik kolintang manado
Alat musik kolintang manado

Alat musik kolintang asli Manado terbuat dari kayu belar yang disebut juga dengan wunut, namun di jaman kekinian sudah ada yang terbuat dari kayu cempaka.

4. Upacara Toki Pintu (Adat Pernikahan)

Tradisi adat yang dapat di temui saat pernikahan suku Minahasa yg sebagian besar memeluk agama Kristen Protestan.

Prosesi dilaksanakan dengan makan malam serta acara kebaktian. Adat ini memiliki arti “Mengetuk Pintu”, nantinya calon mempelai pria dan wanita akan saling mengetuk pintu dengan serangkaian dialog bermakna filosofis yang kental.

Pada akhirnya rangkaian upacara akan diakhiri dengan tawar menawar mahar serta penghitungan jumlah seserahan.

5. Kegiatan Mapalus (Gotong Royong)

Satu tradisi unik gotong royong tradisional khas Minahasa dengan sistem kerjasama yang dilakukan secara bergiliran oleh tiap-tiap unsur masyarakat demi kepentingan bersama.

Awalnya sistem ini dilakukan khusus pada kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan bidang pertanian. Hingga berkembangnya zaman kekinian, mapalus juga dipakai dalam aneka kegiatan yang bersifat sosial-kemasyarakatan.

B. Wisata Pantai dan Bukit di Likupang

Jika kalian berkunjung ke Manado jangan lupa mampir ke Likupang gaes, salah satu destinasi pariwisata super prioritas yang sedang de gadang-gadang pemerintah untuk 2020-2024.

1. Objek Wisata Likupang – Pantai Pulisan

pantai pulisan di likupang
Pemandangan indah pantai pulisan di likupang (img via duasaudara.com)

Pantai Pulisan sendiri terbagi dalam beberapa area wisata, disini ibarat surga dunia gaes dengan air laut yang jernih berpasir putih bisa langsung terjun ke pantainya sendiri.

2. Bukit Pulisan

Masih dikawasan pantai Palisan ada juga tempat menatap samudra yang luas dari Bukit Palisan, tempat ini yang terletak di Kabupaten Minahasa Utara tepatnya di Likupang. Perjalanan dari Kota Manado – Likupang memakan waktu kurang lebih 2 jam.

Perjalanan ke Bukit Pulisan, dengan menaiki perahu kecil atau disebut katingting oleh masyarakat lokal dengan hanya membayar Rp. 20.000/orang.

3. Objek Wisata Likupang – Pantai Paal

Ibarat surga tersembunyi melihat keindahan Pantai Paal ini gaes, terleetak di Desa Marinsow, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

objek wisata likupang pantai paal
objek wisata likupang pantai paal

Pasir putih dan gulungan ombaknya yang menantang serta pemandangan laut lepas yang indah membuat pantai ini disebut Balinya Sulawesi Utara.

Aneka permainan Bananaboat bisa anda sewa di daerah pantai ini gaes yuk cuss kesana liburan…

4. Objek Wisata Likupang – Pulau Lihaga

Menghabiskan waktu berlibur di Likupang Minahasa Utara memang tiada habis nya gaes, destinasi wisata nya banyak seperti Pulau Lihaga ini.

Objek Wisata Likupang - Pulau Lihaga
Objek Wisata Likupang – Pulau Lihaga

Dari Likupang, anda akan menempuh perjalanan kurang lebih 40 menit menggunakan perahu nelayan setempat menuju pulau Lihaga dari pelabuhan Serei dengan harga sewa perahu sekitar 800.000 untuk 20 orang penumpang.

BACA JUGA: Pengertian dan Contoh Kearifan Lokal Indonesia

5. Ekowisata Desa Bahoi

Touris asing pun sudah mengakui ke eksotisan Desa Bahoi, Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara ini.

Ekowisata Desa Bahoi Likupang
Ekowisata Desa Bahoi Likupang (via beritamanado.com)

Ekowisata Bahoi merupakan kegiatan pariwisata dikelola secara partisipatif oleh masyarakat. Desa Bahoi juga miliki Flora dan Fauna di hutan mangrove, kawasan pasir putih dan panorama desa yang asri.

C. Akhir Kata dan Kesimpulan

Kiranya informasi ini bermanfaat bagi nusa dan bangsa dan lebih mencintai kearifan lokal dan bangga akan prosuk lokal.

Jika ada kesalahan dalam penulisan kami mohon maaf, tolong dikoreksi di kolom komentar ya gaes..

Jangan lupa share ke teman-teman sekitar anda agar mereka juga mnegetahui informasi bermanfaat ini,

 

thanks.

kearifanlokal.com

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *