Pasar Tradisional Unik di Indonesia, Ada Pasar Bisu Tanpa Suara!

  • Whatsapp

Pasar Tradisional Unik – Kembali pada keberagaman budaya siapa yang belum tahu kalau di sumatera barat ada namanya pasar bisu tanpa suara, jual beli menggunakan bahasa isyarat macam mana pula pasar tanpa suara ini yakan, dalam artikel ini anda akan mendapatkan informasi seputar pasar tradisional yang unik beda dari yang lain.

1. Pasar Tradisional Unik di Sumatera Barat

Harap tenang tanpa suara disini bukan berarti tidak boleh ngobrol semua bebas ngobrol di pasar ini, namun transaksi nya yng menggunakan metode atau mekanisme tanpa suara. Negosiasi tanpa suara terus bagaimana harga deal nya nanti, kalau mau nawar kurang – kurang dikit gimana cara nya :D.

Nah simak penjelasan berikut.

Mekanisme jual beli di pasar bisu ini dilakukan dengan cara berjabat tangan, penjual dan pembeli akan saling berjabat tangan lalu Kedua tangan tersebut ditutup dengan kain. Dalam posisi tertutup kain kedia tangan pembeli dan penjual melakukan tawar menawar harga dengan meraba ruas jari dan jari tertentu untuk menentukan harga.

Pasar tradisional di sumatera barat merosok
Pasar tradisional di sumatera barat merosok (img via merdeka.com)

Harga deal akan terjadi ketika kedua tangan sudah lepas, kesepakatan terjadi lalu proses pembayaran. Tradisi unik ini disebut juga dengan kata merosok, sepengetahuan mimin yang mengerti bahasa minangkabau merosok ini artinya semacam meraba.

Tujuan dari tradisi transaksi model di sumatera barat ini ialah agar harga tetap ter rahasiakan, dan tradisi ini sudah berlangsung lama di sumaera barat, barang dagangan yang di jual biasanya seperti hewan kerbau.

2. Pasar Terapung Muara Kuin di Banjarmasin

Jadi gaes, Pasar tradisional unik yang ada di Banjarmasin, Kalimantan Selatan merupakan Pasar Terapung Muara Sungai Kuin atau Pasar Terapung Sungai Barito.

Pasar terapung muara kuin kalimantan selatan
Pasar terapung muara kuin kalimantan selatan (img via simfoni-malam.blogspot.co.uk)

Suasana pasar terapung ini, terlihat pada gambar kapal kecil terapung diatas air dengan barang dagangan tampak interaksi unik sekaligus keriuhan transaksi jual beli antara pedagang dengan warga lokal di atas permukaan air.

3. Pasar Bolu dari Tanah Toraja

Karena Pasar Bolu yang terletak di Rantepao, Toraja hanya buka sekali dalam waktu enam hari, jadi kalian tidak dapat melihat pasar ini setiap hari.
dipasar ini, merupakan pasar jual beli kerbau dengan harga bermacam – macam mulai dari kisaran 5 juta sampai dengan ratusan juta rupiah.

BACA JUGA:

Pasar unik di toraja
Pasar unik di toraja (img via makassar.tribunnews.com)

Alamat: Tallunglipu Matalo, Tallunglipu, North Toraja Regency, South Sulawesi Selatan

Petunjuk: Letak pasar bolu berada di poros Rantepao-Palopo Bolu Toraja Utara. Untuk menuju pasar Bolu bisa dijangkau dengan kendaraan umum, sekitar 10 menit lah menempuh perjalanan 2 km dari Kota Rantepo.

4. Pasar Tradisional Unik di Wamena

Pasar kaget dari Wamena
Pasar kaget dari Wamena (img via goodnewsfromindonesia.id)

Tradisional dan unik, biasanya pasar kage di kota mimin adanya di teampat dengan fasilitas memadai atau daerah perkotaan lah, yang satu ini pasr kaget dari wamena di adakan di tengah hutan gaes. Selain lokasinya yang tidak biasa, barang dagangannya pun juga tak kalah unik.

Apa saja yang di jual di pasar kaget ini, barang dagangan seperti koteka, kalung, hingga tombak yang merupakan khas Papua, para pedangan terlihat menggunaka busana khas papua yang menjadi warisan budaya papua.

Pasar unik ini ialah pasar tradisional khas suku Dani yang melakukan transaksi jual beli guna memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

BACA JUGA:

5. Akhir kata /Penutup

Itulah beberapa pasar tradisional yang unik di Indonesia yang bisa kami informasikan.

Sekiranya ada masukan sekiaranya ada pasar unik di daerah anda silahkan tambahkan di kolom komentar.

Jika ada kesalahan dalam penulisan kami mohon maaf. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada kerabat anda agar mereka juga mengetahui ragam pasar tradisional di Indonesia, terimakasih.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *