Pengertian WBTb Lengkap Contoh dan Gambar

Warisan Budaya Tak Benda yang sering di singkat dengan WBTb adalah warisan budaya yang dapat berlalu atau hilang dalam waktu, seiring perkembangan zaman seperti konsep dan teknologi . Apa saja contoh wbtb, bagaimana cara mengenali jenis wbtb dalam pengertian wbtb dibahas dibawah ini.

A. Pengertian WBTb dan Jenis nya

Warisan Budaya Takbenda (WBTb) diatur dalam UU No 5 Tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan, beserta objek-objeknya, diantaranya tradisi lisan, manuskrip, adat istiadat, ritus, pengetahuan tradisional, teknologi tradisional, seni, bahasa, permainan rakyat, olahraga tradisional.

Dalam pengertiannya, WBTb merupakan peninggalan atau warisan budaya yang sifatnya tidak dapat dipegang (intagible/abstrak) namun ada disekitar kita, (kemendikbud).

B. Karakteristik WBTb

Seperti apa karakteristik dan bagaimana kita bisa mengenal suatu wbtb?

Berikut kami list 10 poin karakter cirikhas dari warisan budaya tak benda:

  1. Tradisi dan Ekspresi Lisan, termasuk bahasa sebagai wahana warisan budaya takbenda.
  2. Seni pertunjukan (contoh Tortor dari Sumut, Tari Piring dari Sumbar)
  3. Adat istiadat masyarakat adat, ritus, dan perayaan-perayaan (ragam ritual khas daerah)
  4. Pengetahuan dan kebiasaan perilaku mengenai alam semesta.
  5. Kemahiran tradisional (Kemahiran membuat Keris, senjata tradisional, alat musik tradisional dll)
  6. Tradisi dan Ekspresi Lisan misalnya bahasa, naskah ukno, permainan tradisional, pantun, cerita rakyat, mantra, doa, nyanyian rakyat dan lain-lain.
  7. Seni pertunjukan misalnya seni tari, seni suara, seni musik, seni teater, film dan lian-lain.
  8. Adat istiadat masyarakat adat, ritus, dan perayaan-perayaan misalya upacara tradisional (upacara daur hidup), system organisasi sosial, sister ekonomi tradisional dan lain-lain.
  9. Pengetahuan dan kebiasaan perilaku mengenai alam semesta misalnya pengetahuan tradisional, kearifan local, pengebatan tradisional dan lain-lain
  10. Kemahiran dan ketrampilan tradisional misalnya teknologi tradisional, arsitektur tradisional, pakaian tradisional, aksesoris tradisional, kerajinan tradisional, kuliner tradisional, media transportasi tradisional, senjata tradisional dan lai-lain.

1. Contoh Wbtb Rencong Asal Aceh

Merujuk 10 poin diatas karakteristik wbtb,  adapun salah satu contoh WBTb dari Aceh, yakni senjata tradisional Rencong. Lalu mengapa Rencong termasuk WBTb? Padahal bentuk fisik nya bisa dilihat atau dipegang?

Pengertian WBTb Reuncong Meucugek senjata tradisional asal aceh
Pengertian WBTb Reuncong Meucugek senjata tradisional asal aceh

Yang menjadi warisan tak benda nya adalah terdapat kemahiran dalam kerajinan tersebut (konsep) dan hanya ada di dalam senjata tradisional Rencong, oleh sebab itu Rencong terdaftar sebagai WBTb dalam kategori “Kemahiran dan Kerajinan Tradisional“. atau konsep dan teknologi atau teknik pembuatan karya dari kerajinan tersebut lah yang diwariskan dalam kebudayaan Aceh.

Coba kita amati dengan seksama bentuk dan nilai seni yang ada didalam rencong ini misal nya kan hanya ada di dalam senjata tradisional ini, jika kita bandingkan dengan senjata tradisional lainya akan memiliki nilai seni yang berbeda gitu kurang lebih ya gaes.

So kita daftar kan ke Unesco agar mendapat perlindungan dari hukum dan diakui dunia budaya tersebut berasal dari Aceh Indonesia yang diwariskan dari generasi ke generasi.

BACA JUGA: 20++ Warisan Budaya Indonesia yang di Akui Dunia Internasional

2. Tarian Tortor dari Sumatera Utara

Contoh wbtb kedua seperti tarian Tortor asal sumatera utara, sebagaimana kita ketahui kebudayaan asal Sumut ini sudah terkenal dan diwariskan turun temurun hingga kini menjadi salah satu wbtb kebanggaan Indonesia.

tortor simalungun
tortor asal sumatera utara (googleimg)

BACA JUGA: Tradisi & Kebudayaan Sumatera Selatan, Lengkap Gambar, Penjelasan!

pengertian kearifan lokal
Baca Juga: Pengertian kearifan lokal dan contoh

C. Akhir Kata terkait Pengertian WBTB

Demikian penjelasan singkat pengertian wbtb silahkan ditambahkan di kolom komentar yang tersedia jika ada yang perlu di koreksi, terimakasih.

Mari kita jaga dan terus lestarikan budaya yang ada di Indoneisa agar bisa diwariskan dari generasi ke generasi, salah satunya dengan cara membagikan artikel ini kepada kerabat atau teman agar meraka mengenali ragam budaya kita.