10 Ragam Alat Musik Tradisional Sumatera Barat, Lengkap Gambar!

  • Whatsapp
10 Ragam Alat Musik Tradisional Sumatera Barat, Lengkap Gambar

Sumatera Barat merupakan salah satu Provinsi di pulau Sumatera yang memiliki Ibu Kota Padang. Kekayaan Budaya sumatera barat yang khas salah satunya arsitektur rumah adat nya, yakni rumah bagonjong. Selain itu Sumatera Barat tak kalah menarik ialah ragam dan jenis alat musik tradisional nya.

 

Read More

Khas dengan lagu daerah yaitu lagu minang dengan bunyi saluang mendayu-dayu, berikut daftar alat musik tradisional dari Sumatera Barat.

1. Alat Musik Tradisional Saluang Sumatera Barat

Bentuk alat musik tradisional Saluang khas Minangkabau Sumatera Barat
Bentuk alat musik tradisional Saluang khas Minangkabau Sumatera Barat (img via minangku.com)

Jenis alat musik tradisional khas Minangkabau, Sumatera Barat Saluang merupakan Alat musik tiup ini terbuat dari bambu tipis atau talang.

Masyarakat Minangkabau percaya bahwa bahan yang sangat bagus untuk dihasilkan saluang berasal dari talang untuk jemuran kain atau talang yang ditemukan hanyut di sungai.

Bahan yang digunakan untuk membuat alat musik saluang adalah bambu tipis tebal 1 mili meter disebut juga Talang, juga dipergunakan untuk memproduksi lemang, yaitu lontong ketan tradisional Minangkabau.

BACA JUGA: Keunikan Alat Musik Tradisional Sasando dari Rote NTT

Bentuk saluang terdiri dari empat lubang kurang lebih seperti suling namun memiliki ciri khas masing-masing. Panjang saluang sekitar 40-60 cm, dengan diameter 3-4 cm dan ketebalan bambu 1 mm.

2. Alat Musik Tradisional Bansi Suling Minang Sumatera Barat

Suling minang Bansi 7 lubang
Suling minang Bansi 7 lubang (img via bukalapak)

Hampir mirip dengan saluang, yang menjadi pembedanya ialah Bansi atau Suling Minang memiliki 7 lubang dan ukuran lebih pendek, bisa dimainkan untuk mengiringi musik tradisional maupun modern karena mempunyai nada standar diatonik.

Ukuran Bansi ini sekitar 33cm – 36cm dengan garis tengah antara 2,5cm – 3cm. Bansi juga terbuat dari talang atau bambu tipis.

3. Pupuik Batang Padi, Alat Musik Tradisional Sumbar

Bentuk pupuik batang padi
Bentuk pupuik batang padi (img via senibudayasia.blogspot.com)

Alat musik tradisional ini dibuat dan dibentuk menggunakan batang padi dan daun kelapa. Menghasilkan bunyi dengan cara di tiup. Bentuk pada ujungnya dibaluti dengan daun kelapa yang menyerupai terompet.

Suara yang di hasilkan tiupan batang padi melewati rongga daun kelapa yang berbentuk kerucut/terompet sehingga menghasilkan suara melengking.

4. Sarunai Minang

Serunai khas minangkabau sumatera barat
Serunai khas minangkabau sumatera barat (google img)

Terdiri dari dua potong bambu yang berukuran besar dan lebih kecil, sepotong yang kecil dapat masuk ke potongan yang lebih besar dan di satukan. Potongan yang lebih kecil menjadi bagian yang di tiup saat memainkan nya.

Serunai mempunyai empat lubang nada, menghasilkan bunyi melodius. Hampir mirip dengan alat musik tradisional dari sumatera utara yang bernama Sarune.

5. Alat Musik Tradisional Pupuik Tanduak

Gambar alat musik Pupuik Tanduak
Gambar alat musik Pupuik Tanduak (img via semuatentangprovinsi.blogspot.com)

Terbuat dari bahan tanduk kerbau, pada bagian ujung tanduk dipotong datar untuk meniup. Biasany a model bentuk alat musik tradisional ini unik dan khas wujudnya mengkilat dan hitam bersih.

Salah satu fungsi alat musi ini dahulunya digunakan untuk penanda pada warga misalnya pemberitahuan masa subuh dan magrib atau telah tersedia pengumuman dari pemuka kampung.

6. Talempong  Minangkabau

Pertunjukan alat musik talempong dimasa kini
Pertunjukan alat musik talempong dimasa kini (img via infopublik.id)

Jenis alat musik tradisional terbuat dari material kuningan, dan ada juga yang terbuat dari kayu dan batu. Cara menggunakannya dengan pukulan kayu agar menghasilkan suara.

Fungsi alat musik yang talempong dipakai untuk mengiringi Tari Piring, di mana penari membunyikan piring dengan cicin, dan saling bersautan. Dimasa modern ini bisa jiga dipadukan dengan alat musik modern juga seperti saat ngeband.

7. Alat Musik Tradisional Rabab Minang

Rabab Minang Yang unik dan berkarakter
Rabab Minang Yang unik dan berkarakter (img via katasumbar.com)

Alat musik tradisional ini sebenar nya banyak juga di temui di beberapa daerah namun tentu saja memiliki keunikan dan khas masing-masing daerah.

Bentuk Rabab Minang sangat unik, selain digesek juga telah tersedia membran suara di bawah bridge, sehingga mempunyai efek pautan semacam suara serak. Body alat musik Rabab ini terbuat dari material batok kelapa.

8. Aguang atau Gong Minang

Alat musik tradisional Aguang atau Gong Minangkabau Sumatera Barat
Alat musik tradisional Aguang atau Gong Minangkabau Sumatera Barat (img via nasabahmedia.com)

Nama gong dalam bahasa Minang disebut aguang, bentuknya sama dengan alat musik gong di Melayu, Sunda, Jawa, dan daerah lainnya.

Nada yang dihasilkan Gong biasanya bersifat pukulan ke satu, ke tiga, atau penutup, sedangkan gong kecil pada pukulan ke dua dan ke empat. Namu tentu saja bisa divariasikan sesuai kecocokan nanda yang dininginkan agar lebih apik.

9. Gendang Minang Sumatera Barat

Instrumen alat musik tradisional gendang sumatera barat
Instrumen alat musik tradisional gendang sumatera barat (googleimg)

Gandang Tasa adalah jenis kesenian tradisional permainan nama gendang yang populer di Kabupaten Padang Pariaman.

10. Alat musik Gesek Biola Minang

Instrumen musik biola miangkabau sumbar
Instrumen musik biola miangkabau sumbar (img via kursiguru.com)

Secara bentuk model biola mianang sama dengan jenis biola pada umum nya, namun pola oemainan dalam mengalunkan nada yang khas dari biola minang ialah nada nya yang bernuansa minangkabau.

Penutup

Jadi sudah faham kan gaes, jenis dan nama-nama alatmusik tradisional yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat, demikian yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat. Jangan lupa bagikan artikel ini keteman terdekat agar mereka juga mengetahui informasi kearifan lokal.. thanks.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *