Kearifan lokal Indonesia
I Love IndonesiaWebsite Culture of Indonesia

20 Ragam Warna Budaya Bali, Tradisi dan Adat Istiadat!

Ragam Warna Budaya Bali, Tradisi dan Adat Istiadat – Kota yang sudah tidak asing bagi wisatawan manca negara ini memiliki banyak tradisi kebudayaan yang unik yang tetap terjaga. Selain destinasi nya yang terkenal seperti Nusa Penida dengan Kelingking Beach nya Bali juga kental dengan kearifan lokal warisan budaya.

Ragam Warna Kearifan Lokal Bali, Tradisi Unik dan Warisan Budaya

Ketika mendengar nama Bali mimin teringat destinasi baru di sana dengan kemegahan dan tinggi nya patung Garuda Wisnu Kencana yang tidak lepas dari kebudayaan dan adat istiadat bali.

Saat memasuki kawasan ini anda akan mematuhi peraturan atau semacam protokol yakni memakai kain sutra yang di ikatkan ke pinggang.

Ada banyak tradisi yang bisa kita eksplore disini selain babi guling nya yang khas ada juga komoditas kopi kintamani.

1. Tradisi Unik Upacara Ngaben di Bali

Ragam warna budaya bali yang perama akan kita bahas yakni kegiatan ngaben yang sudah terkenal di bali ini merupakan upacara yang digelar sebagai kewajiban suci kepada leluhurnya atau orang yang telah meninggal.

Tujuan nya adalah mengembalikan unsur Panca Maha Bhuta dari tubuh kasar manusia ke asalnya dan badan halus (atma) yang telah meninggalkan mendapat penyucian dan kembali kesisi-Nya.

2. Pemakaman Unik di Desa Trunyan

Salah satu tradisi pemakaman unik dengan cara meletakan jasad di atas tanah tanpa di kubur cukup dengan pagar kayu saja.

Tradisi pemakaman unik bisa juga anda jumpai di tanah toraja seperti kuburan liang, gantung, di pohon dan goa

di bali tepatnya di desa trunyam memiliki tradisi khas dalam pemakaman yang disebut dengan mapesah,

3. Pawai Ogoh-ogoh Festival Kebudayaan Bali

Salah satu festival budaya yang bisa di jumpai di bali ialah ogoh-ogoh yang merupakan rangkaian dari kegiatan perayaan Hari Raya Nyepi,

Sebelum menyambut kedatangan tahun baru Isaka yang dirayakan dengan Catur Berata Penyepian ada beberapa rangkaian upacara atau ritual keagamaan yang dilaksanakan oleh umat Hindu, seperti 3-4 hari sebelum Nyepi digelar upacara Melasti di Bali.

Festival Ogoh-Ogoh ini juga salah satu Festival Kebudayaan Indonesia digelar tahunan yang ada di kalender of event Pariwisata Bali

Pawai Ogoh-ogoh Festival Kebudayaan Bali
Pawai Ogoh-ogoh Festival Kebudayaan Bali

Pengertian dari ogoh-ogoh itu sendiri ialah sebuah boneka atau patung yang berbentuk beraneka rupa mewakili bentuk mitologis iblis jahat dan simbolis dari unsur-unsur negatif seperti sifat buruk dan kejahatan yang realitanya mengelilingi kehidupan manusia.

Pawai ogoh-ogoh selain untuk ritual juga sebagai hiburan.

4. Tradisi Unik Mekare-kare

Sebuah Tradisi unik Bali Mekare-kare dikenal juga dengan Mageret Pandan atau Perang Pandan.

Tradisi unik bisa di jumpai di desa Tenganan, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, kawasan pariwisata Bali Timur. Budaya dan tradisi di Karangasem menjadi daya tarik turis dan terkenal dikalangan wisatawan.

5. Ragam Warna Budaya Bali > Omed-omedan

Dari bahasa Bali kata omed omedan artinya tarik menarik, jadi tradisi ini ialah upacara yang di gelar oleh muda mudi Banjar Kaja, Sesetan, Denpasar Selatan.

Biasanya diadakan setelah Hari Raya Nyepi pada hari ngambek geni dalam menyambut tahun baru saka.

Rekomendasi Bacaan: 10 Objek Wisata Danau Toba dan Ragam Kearifan Lokal

6. Tradisi Nyakan Diwang

Tradisi dalam adat istiadat dari Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Prov Bali. Dikenal juga dengan menanak nasi di luar rumah semacam bentuk pembersihan rumah pada rangkaian hari raya Nyepi.

7. Hari Raya Nyepi Umat Hindu Bali

Dipercayai sebagai hari penyucian dewa-dewa yang berada di pusat samudera membawa intisari amerta air hidup. Merupakan hari besar atau hari raya umat agama Hindu yang dirayakan setiap tahun baru Saka.

8. Warisan Budaya > Tradisi Mekotek

Tradisi dari Munggu, Mengwi, Kabupaten Bandung, Bali merupakan upacara mokotek yang dilaksanakan untuk memohon keselamatan.

Mekotek atau tolak bala telah dilakukan secara turun temurun oleh umat hindu hingga saat ini yang diwariskan oleh leluhur dahulu yang kita kenal dengan sebutan warisan udaya berbasis kearifan lokal.

9. Warisan Budaya > Gebug Ende Seraya

Disebut juga sebagai Perang Rotan tradisi Gebug Ende tradisi yang di lakukan memiliki kaitan dengan musim kemarau, jadi semacam ritual permohonan akan turun hujan.

Warisan Budaya Gebug Ende biasanya dilakukan pada sasih kapat dalam kalender hindu atau pada bulan oktober kalender biasa.

10. Ngerebeg di Tegalalang

Tradisi dengan serangkaian piodalan di Pura Duur Bingin, Desa Tegallalang, Bali. Saat pelaksanaan tradisi ini diikuti oleh ratusan anak-anak dari tujuh banjar di Desa Tegallalang, yang sudah menghiasi diri dengan beraneka warna dan pernak penik.

BACA JUGA: 10 Festival Kebudayaan Indonesia lengkap Gambar dan Penjelasan

11. Tradisi Mesbes Bangke

Mencabik mayat salah satu tradisi unik yang bisa di jumpai di Banjar Buruan, Tampak Siring, Gianyar, Bali.

Setiap warga yang telah meniggal dan di aben, saat itu jenazah atau jasad akan di ritualkan dalam upacara Mabes Bangke. Saat jenazah terlihat akan diserbu warga untuk dibesbes(dicabik gaes).

12. Ragam Warna Budaya Bali > Makepung

Sejnis permainan balapan kerbau oleh masyarakat petani Bali, khususnya di wilayah Kabupaten Jembrana. Makepung ini telah berlangsung secara turun-temurun dan menjadi tradisi unik di masyarakat bali.

13. Tradisi Mebuug-buugan di Kedonganan

Dari Desa Kedonganan, Kecamatan Kuta, Badung, Bali kegiatan yang digelar usai perayaan hari Nyepi lewat perang lumpur. Tradisi perang lumpur yang dikenal dengan mebuug-buugan berasal dari kata Buug yang artinya tanah atau lumpur.

14. Perang ketupat di Kapal

Berasal dari Warga Desa Adat Kapal, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, mengikuti tradisi Tabuh Rah Pengangon atau Perang Ketupat, Minggu Krgiatan yang sudah menjadi tradisi dan diadakan setiap tahun ini bertujuan untuk memohon kemakmuran masyarakat khususnya lahan pertanian.

15. Tradisi Megibung di Karangasem

Merupakan tradisi oleh warga Karangasem, di ujung timur Pulau Dewata, Bali. … Tradisi Megibung adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang untuk duduk makan bersama dan saling berdiskusi dan berbagi pendapat.

16. Ragam Warna Budaya Bali > Mesuryak

Budaya atau tradisi dalam ritual yang dilakukan secara turun-temurun oleh warga Desa Bongan, Kabupaten Tabanan, Bali dengan tujuan merayakan Hari Raya Kuningan. Upacara Mesuryak digelar bertepatan pada Hari Raya Kuningan yakni 10 hari setelah Galungan setiap 6 bulan sekali.

17. Ngusaba Bukakak di Sangsit

Tradisi unik Bukakak bertujuan untuk mengucapkan terima kasih kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa dalam manifestasinya sebagai dewi Kesuburan, atas kesuburan tanah dan segala hasil pertanian yang melimpah.

18. Ragam Warna Budaya Bali > Upacara Melasti

Merupakan upacara pensucian diri untuk menyambut hari raya Nyepi oleh seluruh umat Hindu di Bali. Sat digelar kegiatan ini melakukan persembahyangan, upacara Melasti juga seperti pembersihan dan penyucian benda sakral milik pura.

19.Sapi Gerumbungan di Buleleng

Tradisi lomba pacuan sapi yang digelar di lapangan desa Kaliasem, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng atau wilayah Bali Utara.

Lomba Sapi Gerumbungan digelar pada hari Minggu disetiap bulan Agustus, dan bisa menjadi salah satu atraksi wisata menarik di Bali Utara.

Artikel budaya Lainnya: Kearifan Lokal Toraja, Lengkap Gambar dan Penjelasan

20. Ragam Warna budaya Bali > Ngerebong

Dalam bahasa Desa Kesiman, Denpasar, berarti berkumpul, yakni berkumpulnya para dewa. Tradisi ini biasanya dilakukan setiap enam bulan dalam penanggalan kalender Bali yakni pada hari Minggu atau Redite Pon wuku Medangsia.

Tradisi Ngerebong merupakan waraisan budaya yang digelar oleh umat Hindu di Pura Pangrebongan.

Akhir Kata pada Ragam Warna Budaya Bali

Demikian yang dapat di sampaikan pada pembahasan Ragam Budaya Bali yang diwariskan secara turun temurun dari gnerasi ke generasi.

Jika ada kesalahan dalam penulisankami mohon maaf, silahkan koreksi nya di kolom komentar yak.

Keunikan lain dalam tradisi bali akan kami update secara berkala jangan lupa share ke teman dan kerabat agar mereka juga mengetahuin informasi ini.

thanks.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *