Rumah Adat Kajang Leko Jambi, Filosofi Makna dan Gambar!

  • Whatsapp
Kajang Leko Rumah Adat Jambi, Filosofi Makna dan Gambar

Rumah Adat Kajang Leko – Jambi memiliki rumah adat yang dikenal dengan nama kajang leko, salah satu provinsi yang ada di pulau sumatera ini memiliki cirikhasnserta arsitektur rumah adat  yang unik. Dalam artikel ini pembaca akan memahami dan mengenal keunikan rumah adat Provinsi Jambi serta nilai – nilai filosofis nya.

1. Arsitektur Rumah Adat Kajang Leko

bentuk dan arsitektur rumah adat provinsi jambi kajang leko
bentuk dan arsitektur rumah adat provinsi jambi kajang leko

Secara harfiah bentuk rumah adat tradisional ini berbentu rumah panggung, mengutip laman kemendikbud bahwa ide dalam rumah adat kajang leko jambi ini berawal dari penyelenggaraan sayembara.

Memiliki atap bubungan berbentuk seperti perahu dengan ujung atas melengkung, atap bubungan terbuat dari bahan anyaman ijuk. Lengkungan atap unik ini disebut potong jerambah atau lipat kajang.

Tersedia tangga seperti tampak pada gambar, tangga ini memiliki makna dan filosofi sesuai dengan adat dantradisi masyarakat Jambi.

BACA JUGA: 34 jenis rumah adat Indonesia lengkap dari semua Provinsi

2. Bagian Ruangan Rumah Kajang Leko

Untuk Interior dari rumah kajang leko terdiri dari beberapa ruangan yang memiliki fungsi dan makna berbeda – beda, mengutip laman artikel.rumah123.com berikut penjelasan nya:

Additional information: Suku yang mendiami wilayah Jambi mencakup suku Jambi, Anak Dalam/Anak Rimbo, Batin, Kerinci, dan Kubu yang menyebar di seluruh kabupaten/kota.”

2.a Pelamban

Bagian Pelamban merupakan bagian bangunan yang ada di sebelah kiri bangunan utama, lantainya menggunakan material bambu dibelah yang telah di awetkan.
Kemudian bambu di pasang dengan sedikit berjarak dengan tujuan mempermudah air mengalir dibawahnya.

2.b Ruang Gaho

Pada bagian atau ruangan yang terdapat di ujung kiri bangunan yang memiliki perpestif memanjang dan didalah ruangan terdapat dapur, tempat air dan storage penyimpanan.

2.c Masinding

Ialah ruangan serambi depan yang memiliki fungsi atau digunakan untuk menerima tamu, unik nya hanya laki – laki yang boleh berada di ruangan Masinding.

2.d Ruang Tengah

Tepat berada di tengah bangunan ruangan ini tidak memakai dinding, biasanya saat pelaksanaan upacara adat ditempati oleh kaum perempuan.

2.e Balik Menahan

Bilik menahan merupakan ruangan serambi dalam yang terdiri dari beberapa ruangan, ada ruang makan, kamar tidur orang tua dan ruan tidur anak.

2.f Ruang Balik Melintang pada Rumah Adat Kajang Lejo

Posisi ruangan berada di ujung sebelah kanan bangunan menghadap ruang tengah dan ruangan ini tidak boleh ditempati sembarangan orang. Ukuran ruangan 2m x 9m dan lantai ruang memiliki posisi lebih tinggi daripada ruangan lainnya.

2.g Bagian Atas/Penteh Rumah Adat Kajang Leko

Berikut nya ada ruangan yang berada di atas bangunan seperti loteng atau plafon, biasanya di gunakan sebagai penimpanan barang atau storage.

2.h Ruang Bawah/Bauman Kajang Leko

Terakhir pada bagian ruangan rumah kajang leko pada pembahasan ini ada Bauman.

Jenis ruangan yang tidak berlantai dan tidak ada dinding.

Biasanya digunakan untuk menyimpan, atau aktivitas masak memasak ketika ada acara atau pesta.

3. Penutup /Akhir Kata

Demikian penjelasan untuk rumah adat dari Jambi yang bernama Kajang Leko.

Semoga anda memahami dan sudah mengenal kebudayaan Jambi dalam hal ini RUmah Adat warisan leluhur yang harus kita lestarikan dan jaga agar bisa diwariskan dari generasi ke generasi.

Artikel Unik Lainnya: Ragam Tradisi Unik Warisan Budaya Jambi

Sekiranya ada kesalahan dalam penulisan ini moho di koreksi masukan dan saran tersedia pada kolom komentar, terimakasih.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments