Keunikan Rumah Adat Sulawesi Tengah, Gambar dan Penjelasan!

  • Whatsapp
Keunikan Rumah Adat Sulawesi Tengah, Gambar dan Penjelasan
Keunikan Rumah Adat Sulawesi Tengah, Gambar dan Penjelasan

Rumah Tambi dan Rumah Sourja merupakan nama rumah adat asal Provinsi Sulawesi Tengah yang ikonik dan khas dalam kebudayaan suku kaili. Sourja merupakan rumah adat yang khusus digunakan oleh para bangsawan sedangkan Tambi digunakan oleh masyarakat kaili di sulawesi tengah.

 

Read More

1. Ciri Khas Rumah Adat Sulawesi Tengah

Provinsi Sulawesi tengah di huni oleh ragam suku seperti suku kaili, bugis, pamona, suku gorontalo dan lain sebagainya. Dari keberagaman suku ini kebudayaan sulawesi tengah terbentuk dalam hal ini rumah adat sebagai ikon budaya sulteng yang bernama rumah tambi.

Rumah adat yang berasal dari suku kaili ini dijadikan sbebagai ikon provinsi dalam hal ini bisa sebagai ikon pengmbangan pariwisata.

Ciri unik dari rumah tambi ialah:

  • Bentuk atap nya yang unik seperti piramid atau prisma, atap ini juga berfungsi debagai dinding.
  • Pada bagian tangga, pintu dan dinding terdapat ornamen-ornamen berupa pahatan motif khas suku Kaili seperti ukiran pebaula (kepala kerbau) sebagai simbol kekayaan dan ukiran bati (ukiran berbentuk kepala kerbau, ayam dan babi) sebagai simbol kesejahteraan dan kesuburan.
  • Seperti rumah adat pada umumnya, konsep rumah ini berupa model rumah panggung.

2. Fungsi Rumah Tambi yang Unik

Saat sekarang ini rumah penduduk sulteng sudah menggunakan bangunan dan arsitektur modern. Jarang sekali yang tinggal dirumah tambi.

bentuk dan fungsi rumah tambi sulteng
Fungsi rumah tambi sulteng

Rumah adat tambi memiliki fungsi sebagai ikon provinsi dan warisan budaya yang harus dilestarikan dan dirawat.

Di masa lampau rumah tambi memiliki fungsi sebagai rumah tinggal oleh sebagian besar suku kaili. Bagian ruangan rumah tambi unik dan berbeda dari jenis rumah adat lainnya yakni hanya memiliki satu ruangan multi fungsi.

3. Bagian Ruangan Rumah Tambi

Hanya terdapat satu ruang pada rumah adat tambi, dalam ruangan besar ini lah semua aktivitas seperti kegiatan  memasak, menerima tamu, tidur, beristirahat, bercengkrama bersama keluarga, semua dilakukan di ruangan tersebut.

3 jenis rumah tambi
3 jenis rumah tambi

menyadari hanya satu ruangan yang menjadi aktivitas semua kegiatan, masayarak kaili dimasa silam kemudian terinspirasi dan menambah 2 bangunan ekstra. Buho atau Gampiri dan Pointua ditambhkan pelengkap rumah tambi.

Buho rumah khusus yang terdiri dari 2 lantai, lantai pertama digunakan untuk menerima tamu dan lantai dua di gunakan sebagai lumbung padi. Posisi bangunan Buho terletak tidak jauh dari rumah utama.

Sementara rumah Pointua ialah rumah untuk menumpuk padi atau semacam storage.

Berita Unik Lainnya:

4. Rumah Sourja, Rumah Adat Sulawesi Tengah

Jenis rumah adat kedua dari Sulawesi Tengah adalah bernama Sourja, merupakan rumah yang di tempati oleh kaum bangsawan suku kaili.

Lebih modern dibanding rumah tambi, bangunan sourja memiliki beberapa ruangan.
Ruangan depan yang dinamakan lonta karavana digunakan sebagai ruan tamu. Kemudian ruang tengah disebut lonta tatanggana sebagai ruangan keluarga.

Ruangan lainnya pada rumah ini sepertiseperti kamar tidur pengantin, kamar anak gadis dan keluarga. Dilengkapi pula ruang dapur pada bagian belakang.

Konsep rumah panggung pada sourja seluas 368 meter persegi dann konstruksinya terbuat dari kayu. Mengutip laman kompas rumah Souraja disebut juga dengan Banua Oge atau Banua Mbaso dan didirikan oleh Raja Palu Jodjokodi sekitar tahun 1892.

bentuk rumah sourja sulawesi tengah
bentuk rumah sourja sulawesi tengah

Kalau diamati agak mirip dengan rumah adat provinsi sulawesi utara, namun berbeda pada bagian arsitektur atap.

5. Penutup

Demikian yang dapat diinformasikan terkait keunikan dan cirikhas rumah adat asal sulawesi tengah. semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Jika ada kesalahan dalam penulisan atau peymapaian informasi mohon dikoreksi pada kolom komentar dibawah.

Lebih lengkap nya bisa baca “34 jenis rumah adat Indonesia dari semua provinsi

Jangan lupa share dan bagikan informasi ini kepada kerabat kalian biar mereka juga mengerti dan mengenal jenis rumah adat yang ada di Indonesia, terimakasih.

sumber foto:googleimg

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *