Sejarah Batik, Jenis dan Teknik Pembuatan, Warisan Budaya!

  • Whatsapp
Sejarah Batik, Jenis dan Teknik Pembuatan, Warisan Budaya

Sejarah Batik – Merupakan kain khas yang berasal dari Indonesia yang memiliki motif atau gambar pola tertentu, pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam (suatu zat padat yang diproduksi secara alami) pada kain itu

kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu atau teknik khusus yang memiliki ciri khas dan berkarakter.

Read More

1. Batik Warisan Budaya Indonesia

Ragam Motif Batik (img via semarangpos.com)

Salah satu warisan budaya asal Indonesia yang diakui dunia Internasional, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait

oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan TakBenda (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009.

BACA JUGA: 20++ Warisan Budaya Indonesia yang Dikakui Dunia Internasional, Termasuk Batik

Adapun teknik seni kain yang mirip batik yang bisa kita temukan dalam beberapa budaya seperti di

  • Nigeria
  • Tiongkok
  • India
  • Malaysia
  • Sri Lanka dan
  • daerah lain di Indonesia.

Akan tetapi perlu diketahui, karakteristik batik pesisir Indonesia dari pulau Jawa memiliki sejarah akulturasi yang panjang

dengan corak beragam yang dipengaruhi oleh berbagai budaya

serta paling berkembang dalam hal pola, teknik, dan kualitas pengerjaan dibandingkan batik dari daerah lain.

Kini Batik telah menjadi ikon budaya penting di Indonesia, melengkapi hal tersebut “Hari Batik Nasional

dirayakan setiap tahun pada tanggal 2 Oktober. Budaya masyarakat Indonesia hingga hari ini terus mengenakan batik sebagai busana kasual dan formal.

2. Sejarah dan Definisi Batik

Memahami definisi kata BATIK, Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, “batik” didefinisikan sebagai kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan lilin (atau dalam bahasa Jawa: ꦩꦭꦩ꧀, dibaca malam)

pada kain itu, yang kemudian pengolahannya melalui proses tertentu.

Secara etimologi, istilah kata “batik” berasal dari bahasa Jawa: ꦲꦩ꧀ꦧꦛꦶꦏ꧀, dibaca “ambathik

yang dihasilkan dari lakuran kata ꦲꦩ꧀ꦧ (amba) yang berarti “lebar” atau “luas” (merujuk kepada kain), dan ꦤꦶꦛꦶꦏ꧀ (nithik) yang berarti “membuat titik”

dan kemudian berkembang menjadi istilah bahasa Jawa: ꦧꦛꦶꦏ꧀, dibaca. bathik, yang berarti menghubungkan titik-titik menjadi gambar tertentu pada kain yang luas atau lebar.

Kata dalam bahasa Jawa: ꦧꦛꦶꦏꦤ꧀, dibaca bathikan juga dapat bermakna sebagai “menggambar” atau “menulis”.

Istilah bathik kemudian diserap kedalam bahasa Indonesia menjadi “batik” dengan menggantikan bunyi huruf “-th” sebagai “-t” dikarenakan orang non-Jawa tidak bisa melafalkannya dengan mudah.

3. Sejarah Teknik Batik

Teknik batik, canting
Teknik batik, canting

Walaupun kata “batik” berasal dari bahasa Jawa, kehadiran batik di Jawa sendiri tidaklah tercatat. G.P. Rouffaer berpendapat bahwa tehnik batik ini kemungkinan diperkenalkan dari India atau Srilangka pada abad ke-6 atau ke-7.

Di sisi lain, J.L.A. Brandes (arkeolog Belanda) dan F.A. Sutjipto (sejarawan Indonesia) percaya bahwa tradisi batik adalah asli dari daerah seperti Toraja, Flores, Halmahera, dan Papua.

Perlu dicatat bahwa wilayah tersebut bukanlah area yang dipengaruhi oleh Hinduisme tetapi diketahui memiliki tradisi kuno membuat batik.

G.P. Rouffaer juga melaporkan bahwa pola gringsing sudah dikenal sejak abad ke-12 di Kediri, Jawa Timur.

Dia menyimpulkan bahwa pola seperti ini hanya bisa dibentuk dengan menggunakan alat canting, sehingga ia berpendapat bahwa canting ditemukan di Jawa pada masa sekitar itu.

Detail ukiran kain yang menyerupai pola batik dikenakan oleh Prajnaparamita, arca dewi kebijaksanaan buddhis dari Jawa Timur abad ke-13.

Cirikhas pakaian menampilkan pola sulur tumbuhan dan kembang-kembang rumit yang mirip dengan pola batik tradisional Jawa yang dapat ditemukan kini.

Hal ini menunjukkan bahwa membuat pola batik yang rumit yang hanya dapat dibuat dengan canting telah dikenal di Jawa sejak abad ke-13 atau bahkan lebih awal.

Pada perempat terakhir abad ke-13, kain batik dari Jawa telah diekspor ke kepulauan Karimata, Siam, bahkan sampai ke Mosul.

Seiring perkembangan zaman kini batik telah berkembang dan memiliki ragam bentuk, desain dan model nya yang stylish, berikut model batik dari busana harian hingga fesyen modern.

4. Batik Busana Harian

Model Batik Busana Harian Anak
Model Batik Busana Harian Anak

Berbusana batik dalam keseharian sudah populer di Indonesia baik sedang nongkrong atau sekedar berbelanja ke minimarket. Mengenakan batik cocok untuk semua kalangan dan jenis momen.

Misalnya mengenakan batik saat mengantar anak sekolah, pakai baju batik saat ngerumpi dan sekedar menemui paccar di kosan. Tidak heran ragam motif batik pun semakin beragam, mulai dari harga merakyat sampai harga sultan bisa ditemui di Indonesia.

5. Model Batik Kantoran

Batik Kantoran Elegan
Batik Kantoran Wanita Elegan

Selain enak dan nyaman dipakai saat bekerja dikantor, busana batik bisa juga dikenakan misalnya ketika anda sedang mengikuti virtual meeting, mengingat sekarang sudah zaman WFH.

Batik pria untuk kantoran good looking
Batik pria untuk kantoran good looking

6. Ragam Batik Couple

Tampak serasi jenisbatik couple
Tampak serasi jenisbatik couple

Biasanya saat menghadiri kondangan paling pas dan nyaman mengenakan batik, agar lebih elegan tak jarang pasangan memakainya bersamaan. Selain tidak aneh-aneh busana couple batik ini simple dan bisa juga berkesan mewah tergantung kita melihat sisi mana nya.

Kalau dilihat dari seni batik tulis nya maka akan tampak berseni dan mewah, jika dilihat dari ragam jenis makan memang sudah biasa orang berpakaian batik jadi kadang kita ywd bagus gitu aja.

7. Batik Fesyen Modern

Awesome FashionBatik Indonesia
Awesome FashionBatik Indonesia
Fesyen Modern Anggun dan Berwibawa Dress Batik
Fesyen Modern Anggun dan Berwibawa Dress Batik (img via pinterest)

BACA JUGA: 34 Fashion Modern Berbasis Pakaian Adat Indonesia

Akhir Kata terkait Sejarah Batik

Demikian yang dapat diinformasikan terkait sejarah dan perkembangan batik tanah air yang menjadi Kebanggaan Indonesia. Untuk jenis batik ini jika kalian cari di internet akan banyak ragam model yang anggun dan berwibawa berbasis fashion modern.

Sekian semoga bermanfaat sekiranya ada kesalahan tolong dikoreksi dikolom komentar ya gaes, thanks.

Sumber artikel ini merangkum dari: id.wikipedia.org/wiki/Batik

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *