10 Tari Adat Tradisional dari Sulawesi Selatan, Berikut Maknanya

  • Whatsapp
10 Tari Adat Tradisional dari Sulawesi Selatan, Berikut Makna

Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi yang memiliki kekayaan budaya seperti tradisi unik berbasis kearifan lokal toraja Perlu diketahui juga Provinsi Sulawesi Selatan terdiri dari masyarakat yang berlatar belakang heterogen, seperti suku bugis, suku makassar dan mandar yang memiliki kebudayaan seperti Tari Adat Tradisional dari Sulawesi Selatan yang sarat akan makna.

Berbicara soal tarian tradisional beberapa yang populer seperti Tari Gandrang Bulo, Tari Pakkarena, Tari Paduppa Bosara dan lainnya. Salah satu kebudayaan Sulsel yang populer bahkan tersohor hingga luar negeri diantaranya, keunikan rumah adat toraja. Lalu seperti apa keunikan, ciri khas dan makna yang terkandung dalam 10 jenis tari dari Sulawesi Selatan dalam pembahasan ini, berikut penjelasannya.

Read More

1. Gandrang Bulo, Tari Adat Tradisional dari Sulawesi Selatan

Pementasan tarian adat sulawesi selatan Tarian Gandrang Bulo
Pementasan tarian adat sulawesi selatan Tarian Gandrang Bulo

Kesenian jenis tari Gandrang Bulo adalah tari tradisional yang berasal dari daerah Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Keunikan seni tari ini yakni menggabungkan tarian, musik dan teater menjadi sebuah pertunjukkan karya tari.

Tarian ini sarat akan pesan dan makna yang mendalam, tarian ini terkenal karena pementasannya yang penuh canda tawa, lucu dan menghibur.

Biasanya ketika pementasan tari terdiri dari beberapa unsur percakapan yang membahas isu sosial politik hingga ragam budaya. Namun agar supaya lebih diterima oleh penonton

dan penikmatnya, pementasan dikemas lagi dalam suasana yang lucu dan menghibur dan tampak bahagia.

Perlu diketahui merujuk pada postingan sebelumnya jenis alat musik tradisional Sulawesi Selatan diantaranya ada Instrumen Muisk Gendrang Bulo. Kata Gandrang memiliki arti tabuhan atau gendang, sedangkan kata Bulo memiliki arti bambu.

Keterkaitan Tari Gandrang Bulo secara mendasar memiliki arti tarian yang diiringi oleh instrumen musik tradisional gendang dan bambu sebagai instrumen utama dalam pementasannya.

2. Tari Kipas Pakarena

Seni Tari Kipas Pakarena Sulsel
Seni Tari Kipas Pakarena Sulsel

Kedua ada jenis Tari Kipas Pakarena, merupakan tarian yang berasal dari kerajaan Gowa Makasar Sulawesi Selatan. Pakarena Berasal dari kata “karena” yang memiliki arti Bermain kemudian “pa” yang berati pelakunya.

Tarian tradisional ini menjadi kekuatan tradisi budaya masyarakat Gowa yang sudah berabad abad lamanya yang terus dilestarikan dalam pengembangan pariwisata Sulsel.

Unik nya tarian ini adalah, terdapat aturan saat pementasan, diantaranya penari tidak diperbolehkan untuk membuka mata terlalu lebar, juga tidak boleh menggerakkan kaki diangkat terlalu tinggi karena tari ini khas dengan kelembuatn dan kesantunan.(wikipedia)

Perlu diketahui juga dalam upaya melestarikan budaya kekuatan keluarga kerajaan dan masyarakat Gowa yang hegemonitas tarian ini terus diwariskan. Karena kecintaan raja Gowa kepada tarian ini, sehingga setiap upacara-upacara adat menjadi tarian wajib yang disuguhkan di lingkungan kerajaan.

3. Tarian Tradisional Pajoge

Pertunjukan seni tari Pajoge
Pertunjukan seni tari Pajoge

Sebagai informasi bahwa Pajoge merupakan jenis tarian tradisional yang berasal dari Sulawesi Selatan oleh suku Bugis maupun Makassar.

Kesenian Tari Pajoge biasanya ditampilkan dalam istana atau kediaman kalangan ningrat oleh gadis yang berasal dari kalangan rakyat biasa. Dimasa lampau tarian ini hanya merupakan hiburan bagi kaum lelaki.

Baca Juga: Ragam Jenis Pakaian Adat Sulawesi Selatan

4. Tari Pakkuru Sumange

Keunikan Tari Pakkuru Sumange dari Sulawesi Selatan
Keunikan Tari Pakkuru Sumange dari Sulawesi Selatan

Sarat dengan makna Kehidupan jenis Tarian Soppeng Pakkuru Sumange bersimbol tentang kehidupan, agar damai dupannya, tenang banyak pula rezekinya serta diberkahi Tuhan yang Maha Kuasa. Sumange samadengan sukma, jadi Pakkuru Sumange artinya memanggil sukma.

Biasanya pementasan Tarian ini digelar sebagai tarian adat dalam rangka menyambut tamu yang mengandung arti salam sejahtera bagi tamu yang datang dan tuan rumah serta mohon doa restu, lambang persahabatan dan keakraban.

5. Tarian Adat Pattennung

Mengenal Tarian Adat Pattennung Khas Sulsel
Mengenal Tarian Adat Pattennung Khas Sulsel

Makna terkandung dalam tarian ini menyampaikan pesan tentang perempuan-perempuan Bugis yang sedang menenun benang menjadi kain. Hal ini sesuai dengan arti kata pattennung yang artinya pembuat sarung sutra di kebudayaan Bugis. Kata pattennung ini juga diambil dari bahasa suku Bugis dan Makassar.

6. Tari Ma’Randing

Biasanya di tarikan oleh kaum pria Tari Ma'Randing
Biasanya di tarikan oleh kaum pria Tari Ma’Randing

Masih dari tanah toraja Tari Ma’randing adalah tarian tradisional Sulawesi Selatan yang dipentaskan pada pemakaman besar, nah biasanya orang dengan kasta tinggi. Para penari menggunakan pakaian perang tradisional dan senjata khas daerah setempat. Tari ini secara mendasar adalah sebuah tari partriotik atau tari perang.

7. Tarian Manimbong

Khas Toraja Tarian Manimbong
Khas Toraja Tarian Manimbong

Saat acara rambu Tuka Tarian Manimbong ditampilkan secara khusus oleh penari-penari pria. Seperti halnya tarian Rambu Tuka’ lainnya, Manimbong juga diselenggarakan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Biar Tau!, Sebutan Rambu Tuka’ memeiliki arti kata dalam Bahasa Toraja yang berarti asap yang naik atau arahnya ke atas, artinya asap persembahan itu naik ke langit sebelum matahari mencapai zenit. Rambu Tuka’ sering juga disebut aluk rampe matallo, ritus-ritus di sebelah timur.

Rambu Tuka menjadi bagian dari perayaan kehidupan khususnya syukuran rumah, hasil panen yang baik dan kegembiraan lainnya. Upacara rambu tuka diyakini telah berkembang sejak jaman purbakala beriringan dengan kedatangan manusia pertama di muka bumi. Hal ini karena rambu tuka adalah bagian yang integral dengan sistem kepercayaan masyarakat Toraja kuno yang disebut aluk todolo.

Jadi saat perayaan Rambu Tuka ada tarian yang ditampilkan salah satunya Manimbong.

8. Tari Ma’Badong

Posisi tarian Ma'badong saat acara berlangsung
Posisi tarian Ma’badong saat acara berlangsung

Tarian unik dan penuh makna Ma’badong merupakan satu tarian dalam upacara adat yang berasal dari Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Pelaksanaan tarian ma’badong ini diadakan pada upacara kematian (Acara Duka) atau pada acara rambu solok yang dilakukan bersama secara berkelompok.

Biasanya Para penari (pa’badong) membentuk lingkaran dan saling berpegangan tangan dengan saling mengaitkan jari kelingking dan umumnya mereka berpakaian hitam-hitam.

Badong juga adalah merupakan warisan aluk todolo yang adalah agama nenek moyang orang toraja.

Saat berlangsung nya tarian ini diiringi oleh Syair yang mengandung harapan atau doa bahwa orang mati tersebut dengan segala kebaikannya akan memberkati orang-orang yang masih hidup.

9. Tarian Ma’Gellu

Tarian pa gellu pada upacara rambu tuka, Tari Adat Tradisional dari Sulawesi Selatan
Tarian pa gellu pada upacara rambu tuka, Tari Adat Tradisional dari Sulawesi Selatan

Berikutnya jenis tarian yang bisa kita temui di Sulawesi Selatan adalah Pa’Gellu biasanya dimeriahkan pada saat dan upacara rambu tuka (upacara kegembiraan), penyambutan tamu, pesta pernikahan, dan ma’bua (upacara peresmian rumah Tongkonan).

10. Tari Madduppa Bosara

Tarian Maduppa Bosara
Tarian Maduppa Bosara

Jenis tarian ini dapat dijumpai pada setiap acara penting untuk menyambut raja dengan suguhan kue-kue sebanyak dua kasera di lengkapi tari Madduppa Bosara. Tarian ini juga sering ditarikan saat menyambut tamu agung, pesta adat dan pesta perkawinan.

Akhir Kata terkait Tari Adat Tradisional dari Sulawesi Selatan

Itulah jenis dan keberagaman tarian tradisional yang unik dan khas dari Provinsi Sulawesi Selatan. Semoga bermanfaat dan berguna bagi anda yang sedang mencari informasi budaya Sulsel. Sekirana ada kekurangan dalam penulisan atau kesalahan tolong dikoreksi pada kolom komentar yang tersedia dibawah, thanks.(Ricks)

Sumber gambar:youtube

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *