Visualisasi Tarian Jaran Goyang, Khas Banyuwangi Jawa Timur

  • Whatsapp
Visualisasi Tarian Jaran Goyang, Khas Banyuwangi Jawa Timur
Visualisasi Tarian Jaran Goyang, Khas Banyuwangi Jawa Timur

Tarian Jaran Goyang merupakan salah satu jenis tarian yang khas dari Banyuwangi Jawa Timur semacam visualisasi dari ilmu pengasih, namun di jadikan seni budaya dalam bentuk tarian untuk hiburan bagi wisatawan yang datang. Banyuwangi memeang salah satu kota di pulau jawa yang perkembangan nya dibeberapa tahun terakhir sangat signifikan.

Selain ragam tempat wisata kot banyuwangi juga menawarkan berbagai macam tradisi dan budaya berbasis kearifan lokal salah satunya tarian Jaran Goyang.

Read More

Pengertian Jaran Goyang

Merupakan tarian tradisional khas Banyuwangi oleh suku Osing. Mimin sendiri menyempatkan menikmati pertunjukan tarian ini sekitar akhir tahun 2020 lalu, sekilar tarian ini menyampaikan pesan dimana ada seorang pria yang mencoba merayu sang gadis dengan teknik ilmu pengasih atau jaran goyang.

saat tarian berlangsung terlihat peragaan dimana sigadis selalu menolak rayuan pria itu.

Nah si pria tadi dengan kesaktian dan keahlian nya membuat siwanita ini tiba-tiba klepek-klepek dalam tarian itu terlihat si pria melempar kembang kearah si wanita populer juga dengan sebutan ilmu pengasih namun di visualisasikan dalam bentuk kebudayaan tarian tradisional (bukan ilmu pelet yang sebenarnya).

Okelah demikian kira-kira pesan atau makna dari Tarian Khas Jawa Timur yang bernama Jaran Goyang. Semacam seni pertunjukan yang mengandung makna pengasihan.

Mengutip laman wikipedia juga dijelaskan pengertian Jaran Goyang merupakan salah satu bagian dari sastra lisan yang berupa mantra.
Sejenis Mantra berjenis pengasihan ini berkembang di masyarakat Suku Osing di Banyuwangi, Jawa Timur. Tidak hanya berkembang di Jawa Timur, mantra ini juga terdapat di Jawa Barat.

Nama lain dari jenis mantra ini di antaranya adalah pengasihan dan pelet. Mantra ini erat kaitannya dengan ilmu gaib, metafisik, dan dunia paranormal.

Pertunjukan Seni Tari Jaran Goyang di Taman Gandrung

Pembukaan Tarian Jaran Gyyang
Pembukaan Tarian Jaran Gyyang (img by kearifanlokal.com)
pertunjukan tarian tradisional jaran goyang
pertunjukan tarian tradisional jaran goyang
Patung tari jaran goyang oleh suku Osing
Patung tari jaran goyang oleh suku Osing

Photo-photo diatas merupakan hasil jepretan mimin saat mengunjungi Taman Gandrung Terakota Banyuwangi, disana ada banyak pemandangan hamparan sawan dengan patung penari seperti gambar diatas.

Jadi lebih jelasnya begini gaes, Tari Jaran Goyang ini terinspirasi dari mantra Jaran Goyang atau ilmu pengasihan. Tarian ini muncul karena adanya fenomena mantra jaran goyang yang tumbuh subur di kalangan Suku Osing saat itu. Tarian ini pertama kali dipertunjukkan pada 1966 oleh penari bernama Darji dan Parmi.

Mereka berasal dari Lembaga Kesenian Nasional (LKN) milik Partai Nasional Indonesia yang saat itu ada di wilayah Kecamatan Genteng, Banyuwangi. (Wikipedia).

BACA JUGA: 15 jenis Alat Musik Tradisional Jawa Timur & Cara Memainkannya

Dimana Bisa Menemui Tradisi Jaran Goyang

Untuk bisa menyaksikan seni budaya tarian jaran goyang ini tentunya sobat onlen bisa mengunjungi kota Banyuwangi Jawa Timur.

Pada beberapa bulan lalu saya dan tim kearifanlokal mengunjungi desa namanya Taman Gandrung Terakota

semacam objek wisata yang bisa dikungjungi dan menyasikan kesenian tari Jaran Goyang dan melihat pemandangan udara segar persawahan.

Akhir Kata

Demikian yang dapat kami informasikan, sekiranya ada kesalahan dalam penulisan atau ejaan kata mohon dikoreksi pada kolom komentar yang tersedia demi kemajuan situs ini, terimaksih.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 comments